Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet Dan Optimal

 Perawatan Motor Via caracicak.wordpress.com

Perawatan motor matic sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat motor bebek. seperti halnya motor Bebek, Motor matic memang butuh perawatan khusus dari pemilikinya. Terlebih lagi kini motor matic sudah banyak menggunakan teknologi mesin injeksi yang dimana anda diharuskan memberikan perawatan yang ekstra.
Apabila anda pengguna motor matic pastinya tips yang kami bahas akan sangat membantu anda dan bisa anda praktikan dirumah agar motor kesayangan anda tetap awet. Dengan melakukan perawatan pastinya akan meminimalisir kerusakan pada motor anda.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  1. Memanaskan Motor

 Memanaskan motor meruapakan cara yang biasa kita lakukan pada pagi hari sebelum menggunakan motor.  hal ini dilakukan agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin bisa lebih maksimal. Panaskan motor kurang lebih 6 menit sampai 10 menit, sebaiknya menggunakan kick stater. jika sudah merasa cukup jangan lupa tarik ulur gas.
  1. Stabilkan Kecepatan Gas

Ketika kecepatan motor dalam kondisi cepat jangan secara tiba-tiba menurunkan gas begitupun sebaliknya saat motor berada dalam kecepatan rendah langsung kita gas tanpa sadari hal ini akan merusak masa umur mesin motor anda. dengan kecepatan yang tidak stabil bukan hanya akan merusak mesin, namun sampai juga pada Fan Belt motor. Bagi anda yang belum tahu apa itu Van Belt, van Belt sendiri seperti halnya rantai pada motor bebek atau sport hanya saja terbuat dari karet, usahakan ganti 3 tahun sekali untuk meminimalisir fant belt putus dijalan.
  1. Jangan Kehabisan Bensin

Kebanyakan dari kita pasti mengisi bahan bakar pada saat bahan bakar akan habis, namun parahnya banyak pengguna motor matic yang sampai kehabisan bahan bakar, entah apapun alasannya hal seperti ini sangat tidak dianjurkan karena akan berdampak buruk pada mesin.
  1. Rutin Ganti Oli

Perawatan ini merupakan perawatan wajib Untuk jadwal pergantian oli biasanya dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM. jika anda sulit menghitung dengan speedometer maka bisa melakukan perawatan rutin ini setiap 2 atau 3 bulan sekali.
  1. Perawatan AKI

Memang sangat sulit untuk mengetahui kondisi aki yang ada pada  motor matic, pastinya pengguna motor matic pernah mengalami Mati AKI. dengan matinya aki motor anda akan kehilangan power dari motor selain itu cahaya lampu akan berkurang, Dan yang pastinya saat anda ingin menghidupakan motor haruslah menggunakan kick starter.
  1. Periksa Vantbel Dan Roler

Van Belt sendiri seperti rantai pada motor bebek atau sport hanya saja terbuat dari karet. akan sangat tidak menyenangkan jika anda mengalami putusnya vant belt di jalan, karena otomatis motor tidak akan bisa melaju sama sekal.  karena pentingnya vant belt, sangat kami anjurkan agar anda melakukan penggantian berkala untuk menghidari hal tersebut.
  1. Servis Berkala

Biasanya pada servis berkala motor matic yaitu penggantian oli, dan membersihkan karburator dan menset motor. kami anjurkan anda agar menanyakan menggenai Aki apakaha masih layak, Vantbel dan roler apakah memerlukan penggantian.
Dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik apabila anda menggunakan suku cadang yang original ketimbang menggunakan yang murah namun kualitasnya dipertanyakan. Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali hal ini bertujuan untuk menjaga performa motor matic anda.
Dari Berbagai Sumber