Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Menentukan Oli Motor yang Baik

Oli Motor via liputan6.com

 

Memiliki kendaraan bermotor tentunya tidak terlepas dari perawatan kendaraan. Dapat menjaga kendaraan agar selalu dalam kondisi terbaik tentu memberikan kepuasan dan kebanggaan sendiri untuk pemilik kendaraan. Tidak hanya kendaraan beroda empat, pemilik sepeda motor juga menjaga kendaraannya. Mulai dari membersihkan setiap hari, menggantikan komponen-komponen yang sudah rusak dengan spare parts baru, sampai memodifikasi motor agar tampak lebih bagus dan performa lebih sempurna. Salah satu kegiatan perawatan yang sering dilakukan oleh pengendara motor adalah mengganti oli atau pelumas, baik oli motor matic maupun oli motor gigi.

Dalam memilih oli, para pemilik motor tidak boleh sembarangan. Karena, kualitas oli yang baik akan berpengaruh pada performa motor, dan membuat mesin motor semakin tahan lama. Agar tidak salah dalam memilih oli motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Pastikan oli motor matic yang dipilih sudah bersertifikasi agar kualitasnya terbukti. Ada dua sertifikasi yang dimiliki oli berkualitas baik, yaitu API dan JASO.

  1. Sertifikasi API (American Petroleum Institute) berarti oli tersebut sudah melalui tes kualitas oli.

  2. Sertifikasi JASO (Japanese Automotive Standard Association) menandakan bahwa oli itu sudah terbukti kualitasnya untuk motor pabrikan Jepang yang paling banyak digunakan di Indonesia. JASO juga memiliki beberapa tipe yang cocok untuk tipe-tipe motor yang berbeda. Untuk motor berkopling basah menggunakan JASO MA atau MA2, sementara motor kopling kering sebaiknya memakai JASO MB.

Oli mobil juga sebaiknya tidak digunakan untuk melumas motor, karena zat yang ada di dalam oli mobil biasanya tidak cocok untuk digunakan dengan mesin motor.

Ketika mengisi oli, teliti dengan batas ukur, tidak lebih dan tidak kurang. Kelebihan oli akan memberatkan kerja putaran mesin dan mengakibatkan slip kopling, sementara kekurangan oli akan merusak mesin dan membuat pemilihan oli yang tepat, menjadi nyaman untuk dikendarai dalam berbagai kondisi perjalanan. Pemilik kendaraan akan merasa lebih tenang, karena motor miliknya tidak akan mengalami masalah apapun yang berkaitan atau disebabkan oleh oli.

 

 

Dari berbagai sumber…