Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Membersihkan Mesin Motor Yang Berkarat Dengan 6 Cara

Mesin Motor via blogspot.co.id

Membersihkan mesin motor bisa dilakukan dengan beberapa cara,ada cara yang mudah ada juga yang perlu alat khusus. Sebelum kita membersihkan mesin motor kita perlu mengetahui jenis kotoran apa yang menghampiri blok mesin motor kita.

karena dengan mengetahui kotoran atau lapisan yang menempel kita bisa tahu bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk menghilangkan kotoran tersebut biar kinclong seperti baru.

Ini terjadi karena posisi mesin di bagian luar yang langsung berinteraksi dengan udara bebas membuat kotoran dari luar bisa langsung menempel pada permukaan mesin. Apalagi jika ditambah ada rembesan oli dipermukaan mesin maka kotoran akan semakin mudah menempel.

Sementara karat dihasilkan dari akibat antara besi dan air,ini terjadi jika motor anda tidak dirawat atau tidak digunakan dalam waktu lama.

1. Gunakan Air Detergent

Untuk langkah awal,anda perlu membersihkan permukaan mesin dari debu dan kotoran ringan lain. Ini ditujukan supaya anda bisa memilih mana kerak yang keras dan mana yang bisa dibersihkan dengan mudah.

Untuk langkah ini,anda cukup menyediakan air yang sudah ditambah detergent atau cairan pembersih piring. Cairan yang dipakai jika detergent yang bisa mengangkat noda-noda membandel.

Caranya Basahkan kain lap menggunakan air detergent yang sudah kita buat,selanjutnya usapkan kain tersebut ke area permukaan mesin hingga noda-noda berbentuk noda tanah dan noda oli hilang.

2. Pakai Bantuan Bensin/Solar

Bensin atau solar selain mudah terbakar juga memiliki sifat membilas. Artinya bahan bakar ini bisa mengangkat kotoran khususnya kotoran oli disela-sela mesin dengan cepat.

Kita harus menyiapkan bahan bakar tersebut didalam bak penampung dan sebuah koas atau sikat gigi bekas untuk alat pembilas. Caranya,cukup mudah anda harus membersihkan tempat mesin memakai koas atau sikat gigi. Pembersihan ini berbeda dengan yang pertama karena pada pembersihan ini,kotoran akan langsung terbawa pada unsur bahan bakar.

Ketika dibagian bawah mesin sudah kita siapkan bak penampung maka bahan bakar akan langsung berubah warna menjadi kehitaman bertanda kotoran pada sela-sela mesin mulai terangkat.

3. Gunakan Cairan Pembersih Westafel

Cairan pembersih westafel atau WC memang cukup baik untuk menghilangkan noda membandel dipermukaan closet.

Caranya juga sama,cukup siapkan cairan pembersih kloset didalam suatu wadah dan siapkan sikat kasar. Sikat ini bisa berupa sikat gigi atau sikat kawat jika bisa yang memiliki bulu yang kasar.

Caranya,celupkan sikat didalam cairan pembersih kemudian gosokan sikat ini kepermukaan mesin yang berkerak. Gosokan sikat ini sampai kotoran terangkat. Anda juga bisa memakai detergent untuk membersihkan tempat permukaan mesin yang sudah dibersihkan dengan cairan pembersih westafel.

4.Gunakan Larutan Asam Cuka

Larutan asam cuka memang banyak dipakai untuk menghilangkan karat dari permukaan besi. Zat asam pada cuka akan meruntuhkan karat sebagai hasil oksidasi besi dengan oksigen. Golongan mesin juga terbuat dari bagian logam untuk itu anda bisa memanfaatkan asam cuka ini untuk membersihkan tempat bagian mesin yang berkarat.

Caranya,sama seperti nomor tiga. Anda perlu membasahi tempat bidang mesin yang berkarat memakai cuka ini dan gosokan menggunakan bantuan sikat. Tapi,larutan asam cuka memiliki efek merusak cat pada body motor. Untuk itu saat anda melakukan langkah ini pastikan tidak ada tetesan asam cuka ke body motor.

5. Amplas Bagian Yang Berkarat

Langkah ini bisa anda ambil jika kondisi mesin dalam kondisi berkarat parah. Sebenarnya karat yang terbentuk ini akibat reaksi air yang ada pada golongan mesin yang berbentuk besi,jadi karat ini timbul dari permukaan golongan mesin sehingga bisa kita amplas untuk menghilangkannya.

Anda bisa memakai amplas halus jika permukaan karat masih tergolong ringan,dan anda juga bisa memakai jenis amplas lebih kasar jika ketebalan karat terlalu besar.

6. Cat Ulang Mesin Motor Anda

Langkah pengecatan dilakukan apabila kondisi mesin benar-benar parah. Dimana karat menempel dihampir seluruh bagian mesin baik yang terlihat ataupun yang sulit dijangkau.

Untuk itu sebelum anda mengecat ulang golongan mesin anda,disarankan untuk melakukan pembersihan dari mulai pencucian sampai pengamplasan supaya hasil nantinya lebih halus sehingga akan terlihat.

Jika anda ingin menghindari karat untuk menimpa di golongan mesin motor anda,mungkin anda perlu menyemprotkan cairan khusus anti karat yang bisa menghindari terjadinya pengaratan ketika ada sisa air dipermukaan blok mesin.

Tapi,hal paling utama yang membuat motor anda berkarat yaitu karena tidak pernah digunakan dengan kata lain motor hanya di diamkan menganggur. Jika ditempatkan ditempat yang tertutup mungkin karat akan lebih ringan tapi jika tempatnya lembab itu bisa membuat karat yang parah,pada mesin dan bagian lain yang terbuat dari besi misalnya tanki atau knalpot.

Motor yang selalu digunakan meski tidak pernah dibersihkan akan lebih tahan terhadap karat meski tidak menjamin bahwa noda dari debu akan menempel,setidaknya kita bisa lebih mudah membersihkannya. Karena membersihkan kerak itu lebih mudah dibandingkan membersihkan karat.

Dari berbagai sumber..