Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Ampuh Merawat Mesin Motor Agar Awet

Merawat Mesin Motor Via jgmotor.co.id

Kendaraan roda dua atau populer dengan nama sepeda motor kini disebut raja jalanan karena lebih banyak mendominasi jalan raya. Selain karena motor  harganya yang relatif lebih murah, motor juga merupakan kendaraan yang sangat  praktis dan lebih fleksibel untuk dibawa kemana-mana.

Dengan hadirnya teknologi dari mesin motor yang semakin lama semakin berkembang, kini motor juga cukup bisa diandalkan untuk perjalanan jauh seperti lintas provinsi. Coba saja Anda lihat kini sudah banyak motor yang bervolume silinder lebih besar dan juga menggunakan sistem pendingin seperti water cooler.

Namun tidak jarang seseorang kurang perduli dan tidak memperhatikan motornya karena faktor kesibukan. Padahal penting meluangkan waktu untuk memberi perawatan. Jika ingin mesin motor Anda lebih awet sehingga nantinya tidak mengeluarkan biaya banyak untuk berbagai perawatan, berikut Tips ampuh merawat mesin motor agar awet dan tetap prima untuk anda.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  • Gunakan Onderdill Asli

Penggunaan Onderdill atau Spare part asli, untuk bagian mesin kendaraan sangat disarankan karena kualitas, keamanan dan pastinya daya tahan onderdill asli jelas lebih baik dibanding imitasi hal ini menjadi salah satu faktor mesin kendaraan anda awet dan tahan lama.
  • Penggunaan Oli

Oli merupakan minyak pelumas mesin Oli juga sangat berperan penting dalam mengawetkan usia pakai mesin. Sebaiknya lakukan penggantian oli kendaraan anda secara  teratur dan hindari pergantian Oli dengan berbeda-beda  jenis.
  • Servis

Servis motor biasanya dilakukan secara berkala seperti halnya Oli yang harus diganti. Saat  dilakukan perawatan berkala, komponen yang rusak dan bermasalah dapat segera diganti dan dibersihkan. Dengan begitu, mesin dan performa kendaraan andal secara keseluruhan dapat lebih terjaga.
  • Pengunakan Bahan Bakar Berkualitas

Kualitas bensin pada mesin kendaraan sangat berpengaruh pada acceleration yang efektif.  Saya sarankan sebaiknya anda menggunakan bahan bakar yang beroktan rendah dan ditempat pengisian yang dikelola oleh pemerintah.
  • Pemanasan Mesin

Oli akan mengental dalam cuaca yang dingin atau jika mesin tidak dijalankan dalam waktu yang lama. Pemanasan mesin dipagi hari sangat disarankan  sebelum anda menggunakan kendaraan anda,hal ini akan membuat oli dalam mesin mengencer dan melumasi disetiap bagian dalam mesin motor anda.
Namun tak perlu terlalu lama dalam memanaskan kendaraan ada cukup 1 sapai 3 menit saja, karena tingkat kekentalan oli sekarang 10/30, jadi tidak perlu khawatir akan mengentalnya oli jika mesin tidak hidup.
Dari Berbagai Sumber