Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Ampuh Bersihkan Karat Pada Velg Motor

Velg Motor Via otozones.blogspot.co.id

Velg motor beserta jari-jari rujinya sangat rentan terkena debu dan kotoran mengingat perannya sebagai kerangka roda motor. Motor baru biasanya memiliki velg dan jari-jari ruji berbahan stainless yang mengkilap, namun jika anda jarang merawat dan memperhatikan kebersihan velg motor, tentunya lama-kelamaan velg motor atau bagian jari-jari rujinya akan berkarat. Jika hal itu terjadi tentu penampilan motor menjadi kurang menarik karena velg terlihat berkarat dan kuram.

Nah, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa tips membersihkan karat pada velg motor. Sebelum membahasnya, ada baiknya anda lihat dulu hal-hal apa saja yang bisa membuat velg sepeda motor menjadi berkarat. Velg atau yang dikenal dengan istilah “pelek” seringkali berubah menjadi berkarat sebab anda tidak pernah membersihkan. Debu dan kotoran yang terus dibiarkan dalam waktu lama akan akan mengakibatkan timbulnya kerak dan akhirnya menjadi karat.

Selain debu dan kotoran, kebiasaan buruk seperti sering membiarkan velg kering dengan sendirinya setelah terkena air hujan atau genangan air juga dapat mengakibatkan velg menjadi cepat berkarat. Baiklah, setelah anda mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan ruji jari-jari motor dan velg atau “pelek” motor menjadi berkarat,

Langsung simak saja Tips menghilangkan karat pada velg dan ruji motor berikut ini :

  1. Menggunakan Air Soda

Caranya ambil lap chamois, lalu tuangkan air soda secukupnya. Kemudian gosok-gosokan pada velg, khususnya di daerah yang mulai berkarat ataupun yang sudah berkarat. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih dan keringkan hingga benar-benar kering. Pastikan anda menggunakan air soda yang murni hanya air soda saja tanpa atau non pemanis.

  1. Menggunakan Batu Ijo

Batu ijo sering dikenal dengan nama lain “watu ijo”. Tips kedua  menghilangkan karat pada velg sepeda motor yaitu dengan watu ijo. Caranya iris-iris watu ijo seperti anda mengiris gula jawa. Lalu campurkan irisan tersebut dengan minyak kayu putih dan air soda. Lalu buat campuran tidak terlalu kental, namun juga tidak terlalu encer. Gosok larutan tersebut secara merata pada seluruh velg dan ruji roda menggunakan kertas, boleh juga menggunakan kertas koran. Jika sudah bersih, bilas dengan air, lalu keringkan dengan lap kering atau kanebo.

  1. Menggunakan Tanah

Tanah? Ya, benar sekali. Tanah liat dapat digunakan untuk membersihkan karat pada velg. Gunakan tanah pasir yang basah untuk menggosok karat pada velg roda sepeda motor Anda. Anda juga bisa menggunakan kain lap basah, lalu tempelkan pada tanah pasir basah, dan gosokan pada velg Anda hingga velg dan ruji menjadi bersih.

 

Tips menghilangkan karat pada velg sepeda motor yang kami sebutkan diatas dapat digunakan hanya untuk lapisan stainless steel dan bukan pada lapisan berjenis plastik seperti body motor, tebeng motor, maupun bagian sepatbor (selebor motor). Demikianlah Tips menghilangkan karat pada velg sepeda motor ini dibuat. Semoga dengan membaca tips ini anda bisa langsung mempraktekannya pada motor kesayangan anda dan semua karat pada velg motor Anda segera dapat dibersihkan.

Dari Berbagai Sumber