Tlp SekarangWA Sekarang

 

Tips Aman Memilih Shockbreaker Motor

Memilih Shockbreaker Via pelengkapotomotif.com

Kini dunia otomotif penuh dengan inovasi dan siapa saja bisa melakukannya. Bisa Anda lihat mulai dari yang muda hingga tua berhasil menciptakan kreativitas untuk bisa mengubah tampilan sepeda motornya agar terlihat lebih baik dibanding sebelumnya.

Kesalahan yang biasa dialakukan dan paling fatal terjadi pada bagian suspensi, yang mana kebanyakan sering lakukan potong peer atau malah tidak menggunakan peer dalam shockbreaker yang ada pada bagian motor. Biasanya pengguna yang menginginkan motornya terlihat ceper.Namun konsekuensinya yaitu dapat menghilangkan rasa nyaman saat berkendara.

Padahal motor diciptakan, selain untuk transportasi, performanya, dan kenyamanannya. Sedangkan jika kenyamanan tidak ada pada sebuah motor, tentu performa yang ada tidak dapat berjalan maksimal. Bahkan untuk mencapai kecepatan maksimalpun akan terasa sulit jika suspensi yang digunakan tidak mendukung kenyamanan dan keamanan. Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa  Tips Aman Memilih Shockbreaker Motor untuk anda.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  1. Telitilah Pada Cat Shockbreaker

Tips pertama adalah anda haruslah perhatikan bagian paling luar dari sebuah suspensi atau shockbreaker. sebab dari luar pasti sudah bisa terlihat mana shock yang baru dan mana shock yang bekas atau reparasi. Terutama pada bagian cat, bagian ini bisa dibilang sangat mudah bagi sesorang untuk membuat tampilan shockbreakernya terkesan baru, padahal shock yang ia jual atau tawarkan adalah bekas.
Anda perhatikan warna dari cat yang anda pilih, jika perlu goreslah cat yang ada di shock hingga mengelupas, jika terkelupas akan memperlihatkan jenis material logam yang digunakan, bukan tumpukan cat lain. dipastikan, jika terdapat tumpukan cat, shock tersebut merupakan barang sudah terpakai atau reparasi.
  1. Lihat Kode Pada Shockreaker

Kode adalah nomor atau kombinasi angka dan huruf, yang menunjukan serial dari produk tertentu. Untuk memilih shockbreaker Anda bisa langsung cek pada bagian tertentu pada sebuah shock, Untuk membedakan yang baru dan bekas sangatlah mudah, karena kode asli biasanya tercantum pada sebuah shock itu di buat dengan cara unik serta didukung teknologi tinggi.
Seperti laser misalnya, dan bagian kode shockbreaker yang baru terlihat begitu halus. Namun jika anda menjumpai ketidak rataan dari bagian kode atau tertumpuk oleh cat berbeda, itu berarti shock yang anda dapatkan merupakan barang bekas, karena biasanya yang baru itu serba mulus.
  1. Cek Batang Shock

Sebaiknya Anda cek batang shock, yang mana bagian ini merupakan bagian yang sangat mudah untuk dilihat dari tampak luar. Kalau seandainya ada goresan, atau bisa jadi ada bekas las dibagian batang Shockbreaker,bisa dipastikan itu adalah barang bekas atau rekondisi.
Dikarenakan barang baru khususnya Shockbreaker, bagian batang akan selalu terlihat mengkilap saat belum digunakan, alhasil jika ada goresan, Sebaiknya anda cari saja Shockbreaker lain yang tidak menunjukan tanda-tanda tersebut.
  1. Cek Lubang Baut

Sebagai konsumen Anda haru secerdik mungkin untuk cek barang bekas maupun baru, dimana untuk yang ke empat ini anda bisa lihat lubang baut yang ada di bagian bawah (anting) maupun atas, Yang namanya baru itu semua terlihat mengkilap, dan bila saat Anda mengecek bagian ini menemukan cat yang terkelupas.
Parahnya sampai ada dempul serta lapisan cat lain yang terlihat tebal, dan terlihat tidak bundar, sampai dengan lonjong, itu bisa dipastikan anda mendapatkan barang bekas, karena yang asli atau Shockbreaker baru memperlihatkan lubang baut yang bundar, dan mengkilap.
  1. Cek Kinerja SHOCK

Ada dua jenis shock yang paling mendasar, terdiri atas Shock Single Action dan Shock  Double Action. Mengujinya cukup mudah, Anda hanya perlu tarik Shockbreaker dari posisi awal yang terlihat pendek, dan ditarik menjadi lebih panjang.Dan coba anda perhatikan, apakah pada saat Shockbreaker kembali pada posisi pertama berjalan melambat secara mulus.
Jika iya itu artinya suspensi double action, tetapi jika bergerak cepat, bisa dipastikan shock yang Anda pegang adalah jenis single action. Sebenarya single ataupun double, itu sama saja, cuma kalau yang double action dalam penggunaannya terasa lebih nyaman dan nyaman saat berkendara. Tapi Anda juga perlu perhatikan. jika pada bagian ini merasa tersendat, atau jalannya tidak mulus seperti ada ganjalan.
  1. Harga Shockbreaker Yang Dipilih

Tips terakhir, Yaitu Anda tidak mudah tergiur dengan harga shock murah atau dibawah pasaran terlalu jauh, hal itu dikarenakan, distributor biasanya hanya mendapatkan beberapa persen saja dari penjualan yang dilakuakan.
Dari Berbagai Sumber