Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Agar Motor Irit dan Kencang

Motor Irit Kencang Via tribunnews.com

GADAIBPKBMOBIL.COM – Begini tips agar motor irit dan kencang saat berkendara. Untuk pengendara yang sering berkendara memakai sepeda motor, pasti pernah merasakan adanya beberapa kekurangan pada sepeda motor, terutama masalah dari segi performa motor.

Bagi para riders yang sangat menyukai serta cinta akan kecepatan, pasti merasa kurang puas dengan kecepatan sepeda motor yang telah dimiliki. Selain tentang kecepatan, masalah konsumsi bahan bakar motor juga turut menjadi perhatian para pemilik kendaraan roda dua ini.

Meskipun untuk motor saat ini mungkin dirasa sudah irit, tetapi pengendara akan merasa jika motornya masih kurang irit. Motor irit dan kencang merupakan keinginan banyak pengendara, karena dalam menilai kualitas sepeda motor banyak orang akan lebih memperhatikan performa mesin motor tersebut.

Bagi para pengendara motor yang senantiasa bepergian jauh, tentunya akan merasakan keunggulan dan kekurangan dari motor yang dikendarainya. Pentingnya irit dan kecepatan merupakan perhatian utama yang perlu diperhatikan.

Meskipun pihak produsen sendiri sudah menetapkan batas maksimal performa kendaraan motor yang dibutuhkan oleh konsumen, namun bukan menjadi hal yang tidak mungkin jika motor tersebut mampu berlari lebih kencang, namun tetap irit.

Cara agar motor menjadi lebih irit dan kencang akan berguna untuk para riders yang kurang puas dengan kecepatan motornya. Untuk memiliki motor irit dan kencang membutuhkan beberapa perubahan serta perawatan rutin agar performa mesin tetap stabil.

Lantas, bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini :

  • Porting Polish

Pertama yang dapat dilakukan agar membuat motor irit dan mampu berlari kencang adalah porting polish. Porting Polish diterapkan pada bagian head dari kendaraan, yang bertujuan untuk memperlancar proses hisap dan buang ketika mesin tengah melakukann proses pembakaran.

Dalam hal ini, Porting Polish diklaim mampu menambah nafas dan tenaga dari motor, serta membuat proses hisap dan proses pembuangan menjadi lebih optimal dan efisien.

  • Perbesar Klep

Klep biasanya digunakan untuk melakukan pengaturan pada proses penghisapan dan pembuangan pada motor 4 tak baik in maupun ex. Dengan menerapkan hal tersebut, maka kendaraan bermotor akan memiliki nafas dan tenaga yang lebih panjang.

Selain itu, proses pembakaran dalam mesin pun menjadi lebih efisien. Cara yang bisa  anda lakukan yaitu sebagai berikut :

  1. Menggunakan noken as yang berkualitas, Membuat head dengan total klep yang lebih banyak, bisa 4 klep atau lebih
  2. Mengganti head dengan sistem DOHC. Hal ini diperuntukan bagi kendaraan bermotor yang masih menggunakan SOHC Dual Valve.
  • Majukan Timing Pengapian

Untuk mempercepat proses pembakaran dalam mesin dan mengefisiensikan bahan bakar yang lebih optimal, cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memajukan timing pengapian. Untuk memperoleh hasil yang optimal, disarankan untuk mengganti komponen-komponen yang dijelaskan berikut berikut :

  • Koil, berfungsi untuk memperbesar api yang digunakan untuk melakukan pembakaran AFR pada ruang pembakaran.
  • CDI, Untuk mengefisiensikan bahan bakar, aturlah timing pengapian dengan menggunakan CDI.

Bahan bakar, Jika Anda telah memajukan timing pengapian, hindari untuk menggunakan bahan bakar premium atau beroktan 88. Pasalnya, hal ini akan membuat proses pembakaran menjadi kurang sempurna.

  • Hindari Ban Berukuran Lebih Besar

Jangan gunakan ban berukuran lebih besar untuk membuat motor irit dan kencang. Pada kendaraan bermotor, ban standart dari produsen merupakan ukuran ban terbaik yang dipasang. Jika anda ingin menggantinya, Anda dapat memilih 2 ukuran di atas maupun di bawahnya.

  • Rajin Melakukan Servis

Service adalah cara terbaik untuk menjaga performa dari kendaraan bermotor, baik servis mesin ataupun servis karburator. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda melakukan servis motor.

  • Bersihkan karburator secara optimal
  • Bersihkan kerak yang terdapat pada bagian klep, head dan piston
  • Bersihkan busi. Perhatikanlah jika busi mulai menghitam atau basah, maka sebaiknya busi segera diganti.

Tips diatas bisa diterapkan pada motor matic maupun injeksi, hanya saja ada sedikit perubahan yang harus dilakukan menyesuaikan dengan motor tersebut.

(Diedit oleh Timothy Fathi; dikutip dari berbagai sumber. Gambar: tribunnews.com)

marketing officer

0823 1212 7755 (Call Center)

Butuh Dana? Punya BPKB? Ketik pesan SMS seperti format dibawah ini atau hubungi via telepon, FAST RESPONSE. Dalam 5-10 menit kami akan segera menghitung detail simulasi pinjaman, angsuran, masa tenor dan lain-lain. Apabila data lengkap, akan kami jemput sekaligus SURVEY (No Tipping!). Proses maks 1 HARI (data lengkap). Melayani seluruh Indonesia. NO BI CHECKING.

Ketik: Nama/No. HP Anda/MEREK MOBIL-TIPE-MT-AT/Tahun Kendaraan/Domisili

Contoh: Krisna/082312494977/Toyota Innova G 2.0 AT Bensin 2012/Surabaya  KIRIM ke: 0823 1212 7755