Tlp SekarangWA Sekarang
Teknik Memperbaiki Shockbreaker  Bocor Pada Kendaraan Motor

                                                   Shockbreaker Motor via otosite.net

Shockbreaker Keras pastinya tidak nyaman jika shockbreaker motor depan dan belakang mengalami bocor, oleh karena itu sangat penting untuk anda tahu cara memperbaiki shockbreaker motor yang bocor supaya kendaraan tersebut dapat  bekerja sesuai dengan fungsi utamanya, yaitu : memperkecil kejutan saat kendaraan melambat ataupun saat melewati jalan bergelombang serta berbatu.

Bagi masyarakat kota shockbreaker sepeda motor jelas sangat diperlukan. walaupun jalannya rata namun adakala lubang atau polisi tidur yang jumblahnya lumayan banyak ketika sedang memasuki daerah perumahan.

Shockbreaker bisa dikatakan sebagai pelindung  dari berbagai macam komponen di atasnya hal ini bertujuan untuk meredam getaran dan hentakan. Jika sepeda motor sering terkena benturan dan hentakan maka bisa cepat rusak.

Sebelum anda memperbaiki sockbreaker yang bocor pada kendaraan anda, persiapkan terlebih dahulu peralatannya, diantaranya yaitu : obeng plus dan min, kunci L6 mm, kunci pas, ring, dan sockbreaker dengan ukuran 8, 14, 17 milimeter, 5 kunci bintang ukuran T 40, kain bersih, dan oli seal berukuran 23 x 37 x 10.

Di bawah ini ada beberapa teknik memperbaiki sockbreaker bocor pada kendaraan motor yaitu :

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melepaskan roda dengan rumah piston rem serta spakbor dengan tujuan untuk mempermudah perbaikan, lepas baut 14 mm supaya shockbreaker belakang sepeda motor dua sisi dapat dilepaskan.
Sedangkan untuk membongkar shockbreaker hanya dengan menekan bagian atas pada penutup shockbreaker dan cungkil ring pengunci.

2. Selanjutnya lepas per di tabung kemudian segera tuang oli keluar pada tabung shockbreaker.

3. Lepaskan tabung shockbreker pada bagian dalam, dengan memamkai kunci L6 milimeter, kemudian lepas baut L pada bawah tabung shock bagian luar.

4. Ketika tabung shock bagian dalam terlepas maka ambil rebound spring serta damper rodnya. Lalu lakukan pengecekan untuk menentukan apakah masih bagus atau tidak.

5. Lanjutkan memeriksa apabila seal oli shockbreaker bocor, lalu seal shockbreaker harus diganti, cirinya seal oli shockbreaker mengalami kebocoran yaitu terlihat pada bagian pipa mengkilap karena terkena oli. ketika akan memasang seal shockbreaker yang baru, harus dikerjakan dengan teliti dan jaga kondisi harus tetap rata.

6. Selanjutnya saat memasang seal oli menggunakan bearing roda bekas dan ketok dengan palu plastik supaya seal shockbreaker bisa masuk dengan rata. Setelah itu
Pasanglah kembali ring pengunci serta karet tutup shockbreaker, lalu pasang tabung shockbreaker dalam, serta rebound spring dan dampernya, kemudian putar baut pengikat L6 milimeter usahakan tertutup dengan rapat.

7. Selanjutnya isi oli shockbreaker pada tabung, usahakan ukurannya sama kira-kira 64 mililiter.

8. Kemudian Pasang per dengan menggunakan teknik posisi ulir renggang pada bagian bawah serta ulir rapat bagian atas.

9. Kemudian memperbaiki shockbreaker belakang bocor pada kendaraan motor dengan memasang tutup shockbreaker atas dan ring pengunci, supaya pengerjaan lebih cepat dan mudah sebaiknya dipasang terlebih dahulu kedua shockbreaker motor dan kencangkan baut pengunci.

10. lanjutkan dengan menutup shockbreaker sambil menekan menggunakan obeng sekaligus dipasang pengunci hingga terdengar bunyi clik.

11. Kemudian jika sudah selesai diperbaiki pasang kembali spakbor atau bagian sepeda motor yang sudah dilepas, serta bersihkan dengan lap atau kain.

Di kutip dari berbagai sumber.