Tlp SekarangWA Sekarang
Tahukah Anda Kenapa Alasannya Harus Mengganti Oli Setiap Bulan ?

Ganti Oli via news.okezone.com

GADAIBPKBMOBIL.COM, Bercerita tentang komponen kendaraan sepeda motor, kebutuhan mengganti oli setiap bulan tentunya tidak dapat dihindari.

Cairan pelumas ini sangat dibutuhkan untuk membantu kelancaran mesin maupun komponen lainnya pada kendaraan sepeda motor. Cara menjaga kualitas oli motor terdapat berupa banyak hal, tergantung dari bagaimana anda merawat motor anda sendiri.

Hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan motor secara wajar, melakukan servis motor secara rutin, hingga mengganti oli secara teratur.

Peran Oli Pada Motor

Dengan peranan utamanya yaitu sebagai bahan pelumas dan perapat antar komponen supaya mesin berjalan dengan baik dan bebas gangguan. Selain itu oli mesin juga memiliki beberapa manfaat tambahan, yaitu:

  • Mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Supaya gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
  • Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
  • Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi ataupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
  • Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
  • Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotoran tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
  • Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Pentingnya Mengganti Oli Secara Rutin

Oli memiliki beberapa peranan penting untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor anda. Dengan kata lain, semakin bagus kualitas oli yang melekat pada mesin motor anda, maka semakin bagus pula performa mesin yang akan dihasilkan.

Tapi ingat, anda tidak dapat menggunakan asal pilih jenis oli pada motor anda, jadi sebaiknya sesuaikan atau konsultasikan dulu dengan beberapa teknisi ahli mengenai penggunaan oli yang cocok dengan tipe motor Anda.

Sebenarnya sangat dianjurkan untuk tidak berganti-ganti merk dan jenis oli supaya tidak merusak mesin motor anda. Pastikan anda mengganti oli dengan merk yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli?

Kualitas oli lebih bergantung pada lamanya penggunaan dan jarak yang ditempuh oleh motor Anda. Biasanya, proses penggantian oli pada motor Honda berkisar pada 4.000 kilometer. Tetapi untuk motor baru, pergantian oli jangka waktunya lebih cepat.

Demi menjaga performa mesin motor anda supaya tetap stabil, sebaiknya anda harus mengganti oli motor secara rutin setiap 2 bulan sekali atau 2.000 kilometer (tergantung dari intensitas pemakaian motor anda dan kondisi jalan yang anda lalui setiap hari).

Apabila aktivitas anda sehari-hari membutuhkan perjalanan yang jauh maka usia pemakaian dan kualitas oli motor anda akan cepat berkurang dan perlu diganti dengan oli yang baru.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti oli

Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengganti oli motor, seperti :

  • Jangan menyemprot lubang oli dengan udara bertekanan karena hal tersebut akan mengakibatkan kotoran yang terdapat di filter oli tersebar ke area mesin.
  • Jangan membuka baut pembuangan oli pada saat mesin dalam kondisi panas, karena hal tersebut akan cepat merusak ulir baut.
  • Gantilah ring oli setiap anda membuka baut pembuangan oli untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan baut oli.
  • Bersihkan filter oli setiap 12.000 kilometer untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin.

(Diedit oleh Timothy Fathi; dikutip dari berbagai sumber. Gambar: news.okezone.com)

marketing officer

0823 1212 7755 (Call Center)

Butuh Dana? Punya BPKB? Ketik pesan SMS seperti format dibawah ini atau hubungi via telepon, FAST RESPONSE. Dalam 5-10 menit kami akan segera menghitung detail simulasi pinjaman, angsuran, masa tenor dan lain-lain. Apabila data lengkap, akan kami jemput sekaligus SURVEY (No Tipping!). Proses maks 1 HARI (data lengkap). Melayani seluruh Indonesia. NO BI CHECKING.

Ketik: Nama/No. HP Anda/MEREK MOBIL-TIPE-MT-AT/Tahun Kendaraan/Domisili

Contoh: Krisna/082312494977/Toyota Innova G 2.0 AT Bensin 2012/Surabaya  KIRIM ke: 0823 1212 7755