Tlp SekarangWA Sekarang

Nama RX King disebut sudah pasti bayangan kita membayangkan dengan sosok motor legendaris yang memiliki suara knalpot yang sangat memekikkan telinga. Selain itu, dalam benak kita pastilah pikiran negatif yang justru keluar. Hal ini dikarenakan oleh motor Yamaha RX King ini yang sangat identik dengan motor penjambret. Motor 2 tak buatan Yamaha ini sangat laris di tahun 1980 hingga 1990-an. Di jamannya, RX King ini memiliki spesifikasi yang sangatlah mumpuni.

Bayangkan saja di tahun 1980-an Yamaha memiliki motor jalanan yang ber-CC kecil namun memiliki kecepatan dan akselerasi yang luar biasa. Akselerasinya sanggup memberikan sensasi jambakan tersendiri sehingga banyak orang sampai sekarang masih mencari sensasi jambakan ini menggunakan motor RX King. Sampai sekarang motor ini belum ada yang sanggup menandingi akselerasi motor ini di kelasnya. Dari pabrikan lain, sebenarnya sudah memiliki tandingan tersendiri, yakni Kawasaki.

Ada sedikit teknik buat maksimalin tenaga Rx king standar, Tapi tips ini cuma memaksimalkan performa Rx king standar saja tanpa melakukan satu perubahan yang besar pada mesin, mayan dah buat ngacir dikit tapi duit juga keluar dikit dan tetep ekonomis pada konsumsi bahan bakar

RX king via pionnewpost.blogspot

Trik Agar RX King Lari Dengan Sempurna

  • Menghaluskan kulit jeruk pada blok standar RX King

bagian lokasi mesin yang terdapat guratan kulit jeruk:
1. pada ruang membran/ katup buluh/ reed valve.
2. pada saluran bilas ada 2 lubang di sisi kiri dan kanan blok
3. pada saluran buang yg nyambung ke leher knalpot.

Pada bagian2 tersebut itulah yg permukaannya tidak rata jika diraba persis seperti kulit jeruk, dialusinnya bisa pake bor tuner biar lebih cepet dan gampang, atau pake amplas yg kasar digosok-gosok terus sampe ngos-ngosan.

Ngalusin kulit jeruk ruang bakar pada umumnya juga disebut porting.
Tujuannya adalah agar jalannya bahan bakar dan udara jadi lebih lancar dengan menurunkan sudut menjadi landai. Namun demikian untuk pemula jika mau porting khususnya untuk korek harian cukup pengalusan kulit jeruk di ruang pasokan

Kalau untuk ajang balap perlu ilmu dan pengukuran presisi yg tinggi.
Sebagian mekanik juga mewanti2 bahwa kalau terlalu licin dengan pengukuran yg seadanya justru akan mengakibatkan pengembunan di porting dalamnya.
Disitulah setiap mekanik memiliki “sentuhan” berbeda selayaknya pahatan seniman.

  • Modifikasi Knalpot standar Raja

Banyak berbagai macam caranya modif mau beli knalpot standar racing ato dibikin/dibelek chamber, toet ato trang-tang ato apaan kek namanya gue gak hapal yang jelas modifikasi knalpot bisa membantu meringankan tarikan Raja standar, cuma emang kalo modif knalpotnya asal2an ato ngga pas ya kurang mantaf lah tarikan Raja

  • Maksimalkan Setingan Karbu Raja Standar

Di Karbu ini pasokan bahan bakar yang akan dikirim ke silinder diatur. Seting lah karbu anda sesuai kebutuhan baik itu ada penggantian pilot ato spuyer dll, Arti maksimal ini sih ngga cenderung lebih ke kebutuhan untuk kecepatan tinggi soalnya bagi anak anak yang suka narik Gas pol Raja ya pasti setingan cepat yg diklaim setingan maksimalkan.

  • Kompresi Mesin

Kompresi tinggi dapat menjadikan ledakan yg sangat keras disilinder sehingga membuat piston terdorong untuk bergerak lebih cepat sehingga galak deh tarikan motor, Macam-macam yang pada intinya membuat piston lebih maju mendekati head sehingga bensin+udara+olisamping yang udah dikambutkan oleh karbu dapat lebih dipadetkan/ditekan guna memicu ledakan yang lebih hebat.

  • Pemakaian gas

Pemakaian gas spontan kayaknya sih terlihat sepele, tapi kalo diperhatikan benar benar itu lumayan ngebantu dalam pembukaan gas yg radikal apalagi kalo udah ketemu lawan dijalan. Pasti tidak nanggung nanggung bejek tuh gas. Memang perbedaannya gas spontan dan yg biasa ya cuma kalo gas spontan dapat memangkas gerak putar gas grip menjadi lebih sedikit dan padat, sehingga tarikan dapat secara reflek otomatis menjadi lebih responsif.

Dipasaran sendiri gas spontan udah banyak dari harga yang mahal sekali sampe yg harganya dibawah seratus ribu.. cuma kita musti pinter milih model yang bagus dan kuat agar bisa awet.

  • Tingkatkan Respon Kopling Rx King

Untuk meningkatkan system kopling kegunaannya banyak sekali, contoh salah satu nya untuk perpindahan gigi dan akselerasi yang stabil. untuk memaksimalkan kinerja kopling anda bisa dengan mengganti per kopling standar dengan per kopling yang keras,per kopling keras ada macem macam jenisnya ada yang keras banget contoh per kodok atau per kompetisi

  • Atur Kombinasi Gir Depan & Belakang

Untuk Rx-King tahun muda kombinasi gir standar pabrikannya adalah 15 gir depan & 37 gir belakang (15-37). Untuk urutan kombinasi gir dari yg ringan ke berat bisa didapat dengan kombinasi gir belakang dibagi gir depan hasilnya dapat diurutkan dari berat ke yang ringan.

Kombinasi urutan gir tsb diatas kurang begitu lengkap karena saya cuma memasukan kombinasi yg umum dipakai raja sehari2 yaitu gir 14&15 depan serta gir 30-3.

  • Pengurangan Beban Pada RX King

Seperti pergantian velk alumunium dst. Tapi gak perlu sampe dibikin buntung dan rangka dilubangi seperti motor dragbike.

  • Terakhir Cek dan Benahi Semua Faktor Pendukung Kendaraan

Cek bagian part baik yang vital maupun kelengkapanya secara berkala agar kondisi RX King tetap 100%  seperti contoh Rem, oli samping & oli mesin, kabel2,baik kabel body maupun kabel instrumen pastikan tidak ada  yang terkelupas, aki ,busi, dan lain lain