Tlp SekarangWA Sekarang
Rantai Motor Kamu Harus Cepat Di Ganti Kalo Udah Kaya Gini !

rantai motor via http://pagiracingsport.blogspot.co.id

  1. Sela – Sela di gigi Git motor mulai melebar

Ciri yang pertama adalah sela-sela gir motor mulai melebar. Hal ini wajar karena sela-sela gir mulai aus di karenakan oleh penggunaan motor sehari-hari. Sela-sela biasa melebar dan sudah tidak rata seperti pada awalnya.

  1. Gir dan rantai motor tidak menempel sempurna

Ciri yang kedua adalah gir dan rantai motor tidak menempel satu sama lain dengan sempurna. Gir dan rantai memiliki sedikit celah atau sela-sela karena rantai atau gir yang telah aus. Ada jeda sebelum motor melaju. Rantai yang sudah harus diganti ketika motor hendak dijalankan akan ada sedikit jeda sebelum motor melaju. Hal ini dikarenakan longgarnya gir dan rantai motor.

  1. Tarikan motor jadi lemah

Setelah motor terasa ada sedikit jeda sebelum, ketika gas mulai dibuka tarikan motor akan terasa tersendat atau lemas. Dan rantai akan berbunyi ketika motor mulai berjalan. Hal ii berarti keadaan rantai yang sudak cukup parah dan harus segera di ganti.

  1. Suara rantai makin berisik

Rantai yang sudah aus juga memiliki ciri-ciri suararantai yang makin berisik walaupun rantai dalam keadaan basah terkena oli. Dan sebaiknya sih ga memakai oli yah.

 

Akibat buruk yang di akibatkan oleh rantai yang sudah aus :

  1. Rantai akan sering lepas

Hal terburuk yang dapat terjadi ketika rantai dalam keadaan aus adalah rantai motor yang dapat lepas dengan tiba-tiba. Walaupun rantai dalam keadaan kencang, namun tidak menutup kemungkinan rantai juga dapat terlepas loh. Wah ngeri ya apalagi di gas sekencang-kencangnya jadi segeralah mengganti rantai kamu.

  1. Bahan bakar jadi boros

Iya, karena motor tidak dapat melaju dengan sempurna yang di sebabkan jeda di awal, maka kemungkinan motor juga akan lebih bekerja keras terutama di bagian pembakaran dan akibatnya mengalami boros bahan bakar walaupun tidak terlalu banyak.

  1. Rantai cepat putus

Kalo tidak segera di ganti maka resikonya rantai menjadi putus, dan ini sangat membahayakan bagi pengguna motor.

Jika sudah ada tanda-tanda di atas maka segeralah ganti sob, jika di tunda-tunda akan sangat membahayakan, setiap pengguna kendaraan pasti ingin nyaman dan aman dalam memakainya.