Tlp SekarangWA Sekarang
Proses Membersihkan Helm

Helm Motor via trafoz.com

 

Dengan jenis helm yang bermacam-macam bentuk dan fungsinya mengikuti kebutuhan para pengendara sepeda motor, kini helm bukan saja sebuah pelindung kepala, namun juga suatu bagian dari lifestyle. Sebenarnya helm ini bukan hanya digunakan bagi pengendara sepeda motor saja, tetapi juga digunakan oleh para pembalap mobil supercar maupun off-road. Karena pada kegiatan sehari-hari seperti yang diketahui pengemudi mobil tidak menggunakan helm, maka akan dibahas sebuah helm para pengendara sepeda motor saja.

Intensitas yang cukup tinggi dalam penggunaan helm membuat helm menjadi kotor, kaca buram, dan bahkan menimbulkan aroma tidak sedap. Akibatnya, kepala kita memang terlindung dari luar namun tidak untuk bagian dalam. Helm yang tidak terawat bisa membuat rambut menjadi bau, kulit kepala gatal atau bahkan telinga yang dimasuki benda asing yang bersarang dalam helm.

Untuk mencuci dan menjaga helm kesayangan tetap bersih kini sudah banyak yang menyediakan jasa laundry helm. Tetapi bukan tidak mungkin anda bisa mencucinya sendiri, dan ternyata sangat mudah. Berikut prosesnya :

Alat-Alat

Pertama-tama siapkan segala keperluan untuk membersihkan helm seperti :

  1. Shampo bayi, lebih baik untuk mencegah penggunaan detergen ketika membersihkan bagian dalam helm.
  2. Air hangat, sediakan sebuah ember dan tidak air dingin biasa agar setidaknya dapat membunuh kuman atau bakteri di bagian dalam helm.
  3. Plas chamois, tidak tahu? Mudahnya, kanebo.
  4. Kain lap mikrofiber, digunakan untuk
  5. Sikat gigi, untuk membersihkan celah-celah kecil atau kotoran yang tidak cukup hanya dilap saja.
  6. Pewangi semprot, untuk menambah aroma yang menyegarkan.

Proses Membersihkan

  1. Buka Bagian-Bagian Helm

Beda macam helm maka akan berbeda juga bagian-bagian yang ada. Sehingga cara melepaskan bagian-bagian ini mempunyai cara-cara tersendiri. Beberapa bagian yang dapat dilepaskan misalnya, kaca (visor) dan busa dalam. Hati-hati untuk melepas bagian-bagian helm karena sensitive yaitu mudah patah atau rusak.
  1. Rendam Busa di Dalam Air Sabun

Siapkan ember dan air hangat yang sudah diberi shampo bayi sebagai pembersihnya. Rendam busa dalam helm dan biarkan beberapa menit agar shampo bayi tersebut bekerja. Kira-kira kurang lebih 10 menit, segera dibersihkan dengan tangan dan bersihkan dengan air bersih. Diamkan atau bisa langsung dijemur agar cepat kering.
  1. Membersihkan Permukaan Helm

Masih menggunakan air hangat dengan shamponya, gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan permukaan helm. Cuci kain mikrofiber yang telah diberi shampo ke permukaan helm. Perhatikan setiap kotoran yang ada di permukaan helm tersebut. Jangan khawatir dengan air sabun yang kotor akibat proses pembersihan.
  1. Membersihkan Bagian Sempit

Ketika menemukan kotoran yang agak sulit untuk dihilangkan ketika dicuci, gunakan sikat gigi yang telah disediakan. Penggunaan sikat gigi ini bisa juga untuk bagian-bagian yang sempit seperti pada karet pembatas di depan dan bagian bawah helm.
  1. Poles Dengan Wax

Setelah dilakukan pembersihan basuh permukaan helm atau bagian yang telah dibersihkan menggunakan kaneb, lap permukaan yang basah dengan kanebo hingga kering. Jika masih meninggalkan basah dapat menimbulkan kerak. Setelah kering bisa memoles dengan wax khusus untuk helm. Wax ini dilakukan agar helm tampak lebih mengkilap seperti kondisi baru.
  1. Membersihkan Kaca (Visor)

Kaca depan menjadi bagian yang penting dari helm. Banyak bagi para hobbist helm sangat memperhatikan kaca (visor). Proses membersihkannya tidak jauh berbeda dengan bagian yang lain. Namun hindari untuk mengeringkannya dengan menggunakan mikrofiber, karena bisa meninggalkan goresan. Tetapi tidak perlu khawatir, kondisi tersebut untuk visor tertentu.
  1. Memasang Kembali Bagian-Bagian Helm

Setelah semua telah selesai dibersihkan dan dikeringkan, pasang kembali bagian-bagian helm tersebut ke tempat semula. Pastikan semua terpasang dengan tepat dan tetap berhati-hati.
  1. Menyemprotkan Pewangi

Penggunaan shampo hanya sebagai pembersih. Bagi penyuka wewangian, bisa disemprotkan pewangi secukupnya. Pewangi ini bisa yang memiliki campuran disinfektan agar bakteri dan kuman mati. Ada cara lain untuk merawat helm anda tetap wangi, yaitu dengan menggunakan pewangi mobil. Tidak percaya? Gunakan pewangi mobil yang ukurannya tipis dan bisa diselipkan pada bagian busa helmnya. Jika tidak bisa masukan saja ketika helm tidak digunakan, hal ini akan membuat helm tetap wangi.
Demikian proses membersihkan dan merawat helm agar tampak seperti baru lagi. Tidak harus selalu menggunakan jasa laundry helm, Anda juga bisa membersihkannya sendiri dengan alat-alat yang mudah didapatkan. Selamat mencoba dan tetap selalu lindungi kepala Anda dengan helm SNI.

 

 

 

Dari berbagai sumber