Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Kendaraan Motor Tidak Bisa Di Starter

Starter Motor via otonity.com

Jika menggunakan starter anda tinggal pencet saja, motor akan langsung hidup dan siap untuk menarik gas sesuka anda, akan tetapi  starter kadang bermasalah jika kurang perawatan atau usia kendaraan sudah cukup tua.

Percuma saja kalau motor anda ada starter tetapi tidak bisa berfungsi dengan baik, Motor tidak bisa distarter sama sekali tidak bisa di prediksi dan merupakan salah satu hal yang  sangat menyebalkan. Kita tidak bisa beraktivitas seperti biasa lagi akibat motor tidak bisa distarter. Tahukah anda apa penyebab kendaraan tersebut tidak dapat di starter?

1. Busi mati

Busi mati bisa jadi Penyebab motor tidak bisa distarter  karena faktor busi yang mati dan juga busi yang basah. busi basah disini bukan basah kaena air atau water hammer, melainkan bash karena terlalu banyak bahan bakar yang menempel atau busi basah karena oli yang bocor sampai ke ruang bakar, sehingga menyebabkan busi tidak mampu mengalirkan api.

2. Water Hammer

Penyebab pertama dari motor yang tidak bisa distarter yaitu adanya water hammer pada kendaraan motor anda. Tahukah anda apa itu watter hammer?  Water hammer yaitu merupakan sebuah kondisi dimana adanya air yang secara tidak senagaja masuk ke dalam mesin motor anda, sehingga terjadi menghambat proses pemabakaran.

Sama saja api tidak akan menyala apabila ada air. Maka dari itu, water hammer ini akan menyebabkan api tidak akan muncul dan tidak akan membuat mesin motor anda menyala.

3. Sistem pengapian mengalami kerusakan

Selain dari busi, penyebab motor tidak bisa distarter selanjutnya yaitu karena faktor pengapian. Pengapian merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam proses starter motor. Apabila pengapian motor mengalami masalah, maka motor tidak akan bisa distarter.

4. Kerusakan pada dynamo starter dan juga bendik starter

Biasanya, dynamo starter dan juga bendik starter bisa mengalmai kerusakan karena faktor usia, dan kualitas produk yang kurang baik. Jadi sebaiknya lakukan mengganti komponen tersebut dengan komponen original, sehingga lebih tahan lama dan bisa digunakan lebih baik dan juga optimal.

5. Masalah Pada Kabel kunci kontak

Masalah yang cukup sering terjadi, tetapi banyak orang dan juga mekanik yang tidak sadar akan masalah kunci kontak. Masalah pada kunci kontak dan juga kabel pada kunci kontak juga merupakan salah satu penyebab motor tidak bisa distarter.

Biasanya, hal ini terjadi karena kabel terkelupas, atau bagian kunci kontak yang mengalami karat, sehingga tidak mampu menyambung aliran listrik lagi.

Untuk mengatasinya, anda hanya perlu mengganti kunci kontak motor anda saja dengan yang original.

Di kutip dari berbagai sumber.