Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Kendaraan Mogok Ketika Melintasi Banjir

Banjir via otomotif.metrotvnews.com

Sebagian orang, pada saat mengendarai ketika musim hujan terkadang ada rasa khawatir jika harus melintasi jalan yang terkena banjir. Hal ini terjadi mogok pada kendaraan anda biasanya bagian yang memproses bahan bakar menjadi tenaga. Sehingga bagian yang paling utama yaitu ruang bakar atau pembakaran.

Bagian-bagian yang mendukung sistem pembakaran adalah bagian sisi masuknya bahan bakar dan udara selain itu bagian sisi pembuangan gas emisi kendaraan bermotor. supaya sistem pembakaran dapat berlangsung dengan baik tentunya harus didukung dengan sistem pengapian yang normal.

Di bawah ini ada beberapa komponen kendaraan yang menyebabkan kendaraan anda mogok ketika melintasi banjir, di antaranya yaitu :

1. Busi

Fungsi busi dalam simtem pembakaran bahan bakar di ruang bakar yaitu sebagai tujuan bunga api listrik untuk membakar bahan bakar. Jika busi ini tidak bisa memancarkan api tentunya bahan bakar tidak dapat terbakar.

Air yang melekat di permukaan elektroda busi dapat menyebabkan hubungan singkat dengan body yang bermuatan negatif sehingga busi tidak dapat menghasilkan api listrik. Usahakan busi dan lingkungan di  sekitar busi dalam kondisi kering.

2. Delco

Delco atau distributor berfungsi untuk membagi arus listrik untuk disuplai ke busi. Dapat dikatakan bahwa api di busi bersumber dari bagian delco. Pada mobil keluaran baru, delco ini sudah tidak ada. Sebagai penggantinya adalah sensor CKP.

3. Sistem Pengapian

Salah satu syarat mobil dan motor dapat berjalan normal adalah memiliki sistem pengapian yang baik. Yang termasuk dalam sistem pengapian diantaranya yaitu mulai dari Baterai (Accu), Koil, Distributor dan Busi. Semua komponen itu perlu Anda kondisikan supaya jauh dari air. Tidak hanya itu, semua kabel terutama pada bagian knop dan sambungan juga harus terhindar dari cipratan air banjir.

4. Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyerap dan menyaring udara luar untuk dimasukkan ke dalam ruang bakar. Jika yang diserap adalah lingkungan udara yang berair maka kemungkinan banyak air akan masuk ke dalam ruang bakar sehingga dapat mengganggu sistem pembakaran. Biasanya kalau sudah begini, mesin akan ngebrebet dan akan mogok jika air yang masuk terlalu banyak.

 5. Knalpot

Sebenarnya knalpot memiliki peranan yang kecil untuk dapat menyebebkan mobil atau motor anda mengalami kemacetan. Meskipun knalpot terendam di dalam air, kemungkinan air masuk ke ruang bakar sangat sedikit karena tekanan gas di knalpot cukup kuat untuk menahan air banjir. Hal ini dapat dibenarkan jika kondisi mesin normal.

Jika kondisi mesin tidak normal, agak ngeberebet, sebaiknya usahakan untuk tidak melintasi jalan yang banjir karena kemungkinan masuknya air ke dalam ruang bakar melalui kenalpot sangat tinggi.

Di kutip dari berbagai sumber.