Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Bensin Boros Pada Kendaraan Motor

Bensin via palembang.tribunnews.com

Apa penyebab motor menjadi boros bensin dan mesin kurang bertenaga. Sementara dampak atau efek mesin yang boros bensin justru akan menghasilkan tenaga kurang maksimal sehingga pengguna harus segera mengatasi dengan cara mengiritkan bensin tetapi masalah ini juga tidak menjamin akan berhasil dan efektif.

Tahukah anda apa saja yang menyebabkan kendaraan anda boros bensin, yaitu :

1. Pengaturan Karbu Yang Tidak Tepat

Pada karburator motor, ada dua buah sekrup yaitu sekrup pengatur angin dan pengatur idle RPM. Perlu anda ketahui bahwa didalam karburator ini udara dan bensin akan tercampur. Kapasitas angin yang melewati venturi karburator akan berpengaruh terhadap jumlah bensin yang keluar dari pilot jet.

bagi anda yang telah mengetahui alasanya maka anda bisa mengatasi setelan karbu yang tidak pas, yaitu dengan cara memutar sekrup pengatur angin pada level maximal dan idle RPM pada level minimal. Perbandingan setelan ini akan membawa peforma mesin yang irit namun juga tidak ngebrebet.

2. Selang Yang Mengalami Kebocoran

Selang bensin pada motor terbilang pendek, karena hanya menghubungkan tanki yang posisinya lebih tinggi dari pada karburator. Namun hal ini tidak memastikan berpotensi kebocoran. Ada beberrapa terjadi kebocoran bensin, yaitu selang salah jalur, selang retak, klem selang lemah.

3. Filter Udara Kotor

Fungsi filter udara sebenarnya sebagai penyaring udara dari debu dan kotoran. Filter bekerja dengan memblok aliran udara yang akan masuk ke dalam intake, sehingga kotoran berpartikel besar akan menumpuk dibagian permukaan filter.

Tahukah anda kotoran yang menumpuk akan menjadi penghambat sistem aliran udara ? karena kotoran ini akan memenuhi seluruh permukaan filter, sementara di permukaan udara masuk. Sehingga udara terhalang oleh kotoran yang menumpuk.

Disisi lain, kekuatan hisapan piston tetap. Dampaknya ada sedikit kevakuman pada ruang setelah piston. Ini akan berpengaruh pada bensin yang keluar pada venturi. Bensin ini bagaikan terhisap oleh kevakuman pada ruang setelah piston. Akibatnya bensin jadi lebih boros.

4. Tutup Tanki Tidak Rapat

Kita tahu bahwa bensin itu cairan yang sangat mudah menguap, bensin bisa menguap pada suhu kamar sekalipun kecuali berada pada tempat yang tertutup rapat. Jika mekanisme katup tersebut rusak maka anda harus segera menggantinya.

5. Setelan Rem Yang Terlalu Seret

Rem cakram yang terletak roda belakang motor juga bisa menjadi faktor pemborosan bensin. Rem terlalu seret akan menahan putaran roda, sehingga perlu kinerja mesin yang lebih keras agar motor bisa lari. Mengakibtkan bensin akan sangat boros, jadi sebaiknya lakukan penyetelan ulang rem belakang motor anda untuk mengatasi hal tersebut.

Di kutip dari berbagai sumber.