Tlp SekarangWA Sekarang

Suhu udara adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kendaraan kita. Mengapa demikian ? Karena suhu merupakan salah satu faktor yang peka terhadap mesin dan ban sepeda motor kita. Sering kita tidak menyadari mengapa ban sepeda motor kita sering sekali kempes , padahal baru beberapa hari kebelakang di pompa. Nah itu dikarenakan oleh suhu udara , terutama pada saat malam sampai pagi hari . Karena pada saat itu suhu udara sedang rendah-rendahnya sehingga mengakibatkan ban motor kita kedinginan dan ditambah oleh faktor ubin rumah kita yang sama-sama dingin, apalagi sepeda motor yang menggunakan ban berukuran kecil ( ala thailand style ). Penggunaan ban kecil sangat berpengaruh sekali dalam kualitas kepadatan ban sepeda motor karena daya lekat ke ubin rumah lebih sempit sehingga udara disekitar ban tersebut dengan mudah bisa mempengaruhi tekanan ban.

ban motor sering kempes

Ban motor kempes via inspirasidihati.blogspot.com

Selain itu, ban juga bisa kempes disebabkan karena terjadinya pengkerutan. Menurut salah satu referensi yang saya gunakan, karet pada ban dapat mengalami pengkerutan jika berada pada suhu dingin. Akibatnya adalah akan terbentuknya ruang kosong di antara ban dan velg, sehingga udara di dalam ban dapat keluar.

Cara Pertama

Pertama siapkan kain dengan ukuran 1×1 meter 2 buah, setelah itu ditilep secara persegi sampai berukuran kurang lebih 20×25 cm. Ketebalan kain sangat berpengaruh , semakin tenal semakin bagus. Selain menggunkan kain bisa juga menggunakan papan dari kayu dengan tebal kurang lebih 1 cm dan luas 20×25 cm.

Kedua, letakkan kedua kain atau papan yang sudah disiapkan tadi di bawah ban depan dan belakang sepeda motor kita. Langkah tersebut dimaksudkan untuk mengurangi tekanan udara dingin yang masuk kedalam ban sepeda motor melalui ubin pada malam hari khususnya lewat tengah malam sampai pagi.

Cara Kedua

Pertama siapkan ban dalam bekas, kemudian sobek secara menjulur sehingga ban menjadi lebar. Kemudian selipkan ban bekas yang sudah terpotong tadi kedalam ban botor anda. Cara ini merupakan langkah untuk meminimalisir pengerutan ban dalam pada kendaraan anda

Cara Ketiga

Cobalah cek bagian ban kendaraan anda, mungkin ada sesuatu yang menancap kedalam ban kendaraan anda. Bila ada bawalah kendaraan anda ke tukang tambal ban terdekat.