Tlp SekarangWA Sekarang

Helm adalah bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik.

Merawat helm via jawapos.com

Helm biasanya digunakan sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran (militer), atau aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, atau berkendara. Helm dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagian dari kepala (bergantung pada strukturnya) dari benda jatuh atau berkecepatan tinggi.

Jika Anda adalah orang yang berpergian dengan sepeda motor setiap hari, tentu helm tersebut akan dipakai setiap hari pula. Bacaterus punya rahasia cara merawat helm agar tidak bau dan lebih awet hingga bertahun-tahun.

Dibawah merupakan cara merawat helm dengan benar

  1. Letakkan Helm di Bagian Belakang Jok

Sebagian besar orang melakukan kesalahan saat meletakkan helm di sepeda motornya. Kebanyakan orang meletakkan helm di spion sepeda motor. Cara ini dapat merusak bagian dalam busa helm.

Di samping itu, helm yang diletakkan begitu saja di spion motor berisiko lebih besar untuk jatuh saat tersenggol motor atau orang lain. Saat hujan, helm yang berada di spion motor juga akan basah kuyup. Tempat terbaik untuk meletakkan helm adalah di bagian belakang jok. Kaitkan helm di gagang jok bagian belakang. Dijamin cara ini akan mencegah helm jatuh atau kehujanan.

  1. Pastikan Kepala Kering Saat Memakai Helm

Setelah mencuci rambut, apakah Anda langsung pergi dan mengenakan helm? Jika ya, Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Rambut yang basah akan membuat bagian dalam helm lebih cepat berbau apek. Belum lagi jika Anda menggunakan gell / pomade, bagian dalam helm menjadi sangat lengket dan jika dibiarkan dalam waktu lama, bau helm menjadi tidak sedap.

Apabila Anda ingin menjaga agar keharuman helm tetap terjaga, gunakan shower cap tipis saat Anda sedang memakai pomade atau baru keramas. Shower cap akan mencegah rambut yang masih basah atau menggunakan pomade bersentuhan langsung dengan helm.

  1. Segera Keringkan Helm yang Basah

Kita tak pernah mengetahui kapan hujan turun. Apabila hujan turun saat kita sedang mengemudikan sepeda motor, menepilah sejenak untuk menggunakan jas hujan. Jika jas hujan bisa melindungi tubuh agar tidak basah kuyup, helm akan melindungi bagian kepala.

Cara merawat helm agar tidak bau setelah basah karena terkena air hujan adalah segera mengeringkan dengan lap kering. Air hujan mengandung kadar asam yang tinggi sehingga bisa menyebabkan helm jadi jamuran.

Namun, jika bagian dalam helm juga basah, sebaiknya cuci helm sampai bersih dengan menggunakan deterjen atau sabun pencuci piring, lalu jemur helm tersebut sampai kering baru Anda bisa menggunakannya kembali.

  1. Simpan Helm dengan Benar

Cara merawat helm dimulai dengan cara menyimpannya. Sebagian orang menyimpan helm dengan cara menutup kacanya dan memasukkan helm ke dalam kantong kain. Jika Anda tidak rutin memakai helm tersebut sebenarnya tidak masalah Anda menyimpan dengan cara seperti itu.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan helm setiap hari maka sebaiknya Anda jangan menyimpan dengan cara seperti itu. Letakkan helm secara terbalik (bagian dalam helm menghadap ke atas) dan buka kacanya. Cara ini dilakukan agar bagian dalam helm memperoleh sirkulasi udara yang baik agar tidak bau.

  1. Semprot Parfum Rendah Alkohol

Helm bau tapi Anda belum sempat mencucinya karena Anda harus memakai helm tersebut setiap hari? Tak masalah karena Anda bisa menyemprot helm dengan parfum rendah alkohol. Parfum dengan kadar alkohol yang tinggi dapat merusak busa helm.

Sebaiknya cari parfum rendah alkohol dan semprotkan pada waktu beberapa jam sebelum Anda memakai helm tersebut. Jangan menyemprotkan parfum terlalu banyak, secukupnya saja asalkan bau apek pada helm sedikit tersamarkan.

  1. Cuci Helm Minimal 2 Minggu Sekali

Helm yang dipakai setiap hari sangat rentan berbau tak sedap. Oleh karena itu, tak ada salahnya kita mencuci helm setiap 2 minggu sekali. Tidak perlu membawa ke tempat pencucian helm karena Anda bisa mencuci helm sendiri di rumah hanya dengan bermodalkan deterjen cair atau sabun cair pencuci piring.

Setelah dicuci, jemur helm di bawah sinar matahari dengan posisi helm terbalik (bagian dalam helm menghadap ke atas). Hanya dalam waktu 1×24 jam helm sudah kering jika cuacanya sangat cerah.

  1. Jangan Ragu Menggunaan Balaclava

Rahasia cara merawat helm agar terhindar dari bau tak sedap sehingga kita pun tidak harus sering-sering mencuci helm adalah menggunakan balaclava. Ini merupakan kain penutup kepala hingga wajah yang membuat kita nampak seperti ninja.

Pilih balaclava yang kainnya tipis sehingga tidak terasa panas ketika dipakai di siang hari. Jangan lupa juga untuk turut memilih balaclava yang kainnya lentur sehingga tidak terasa ketat di wajah. Balaclava dipakai sebelum Anda menggunakan helm. Tujuannya adalah untuk mencegah helm terkena paparan keringat dan minyak pada wajah maupun rambut.

  1. Utamakan Kebersihan Kaca Helm

Dari semua bagian helm, kaca merupakan bagian yang terpenting. Jika kaca kotor dipenuhi debu dan noda air, maka pandangan Anda pun akan terganggu. Dari pada membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain, sebaiknya selalu utamakan kebersihan kaca helm Anda.

Setiap hari bersihkan kaca helm dengan cairan pembersih kaca dan kain halus. Setelah hujan, jika tak sempat membersihkan helm secara menyeluruh, bersihkan saja bagian kacanya untuk menghilangkan noda air yang akan mengganggu pandangan Anda.

  1. Berikan Pewangi Setelah Mencuci

Untuk yang satu ini adalah cara merawat helm yang mudah berbau. Setelah mencuci helm secara menyeluruh, rendam helm di dalam larutan air dan pewangi pakaian. Pewangi akan menghilangkan sisa-sisa bau pada helm yang tak kunjung hilang meskipun sudah dicuci. Selain itu, aroma pewangi yang sangat kuat akan membuat keharuman helm jadi lebih awet.

Namun, jangan memberikan pewangi sebelum helm dicuci sampai bersih. Jika bau helm tidak teratasi dan Anda tak sempat mencucinya, semprotkan saja parfum rendah alkohol seperti penjelasan pada poin ke-5.

  1. Hindari Kebiasaan Meminjamkan Helm

Tahukah Anda bahwa helm itu seperti pakaian dalam? Ya, helm seharusnya tidak dipinjamkan ke orang lain. Hal tersebut bisa membuat helm lebih cepat bau. Di samping itu, bagian dalam helm pasti sangat lengket karena terpapar keringat dari orang lain pula