Tlp SekarangWA Sekarang
Mengenal Suku Cadang Motor dan Fungsinya

Suku Cadang Motor Via camargus.com

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang bisa anda gunakan disegala medan baik di jalanan yang terjal, sempit bahkan mendaki. Tidak heran jika motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Bagi anda yang memiliki motor tentunya harus memahami bagian motor atau spare part yang memaksimalkan kinerja motor kesayangan anda. Memahami suku cadang beserta fungsi dari motor bisa menolong anda ketika motor mengalami mogok atau hal yang tak diinginkan.

Beberapa sparepart ini mungkin telah anda ketahui namun tidak anda pahami apa fungsi dari beda tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai suku cadang motor dan fungsinya.

Langsung saja simak berikut ini :

  • Aki Motor dan Fungsinya

Suku cadang yang pertama yang perlu kita ketahui ialah aki motor yang fungsinya sebagai penyalur daya motor agar motor anda bisa menyala. Bisa dibilang aki sama dengan jantung pada manusia sehingga Jika tidak ada suku cadang tersebut maka motor anda tidak bisa hidup dan bekerja sebagaimana mestinya.
Aki juga menjadi penyedia tenaga cadangan untuk mesin motor dan aliran listrik bagi kendaraan roda dua tersebut. Pentingnya aki motor ini mengharuskan anda untuk melakukan pengecekan secara berkala. Aki motor pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis yakni aki kering dan aki basah yang tergantung pada model motor yang anda pakai.
Aki motor kering misalnya digunakan untuk motor matic. Perbedaan antara kedua aki tersebut tentu dilihat dari volumenya yakni aki kering lebih kecil dibanding dengan aki basah. Aki kering tidak memerlukan perawatan khusus, namun kebanyakan aki jenis ini mudah sekali rusak.
Untuk aki basah walaupun harus selalu diisi air ketika habis, namun waktu penggunaanya lebih lama dibandingkan dengan aki kering. Hal ini karena aki basah memerlukan perawatan yang lebih intensif ketimbang aki kering. Jika anda sedang servis motor pastikan tidak lupa untuk mengecek aki motor anda.
  • Busi Dan Fungsinya 

Bagi yang tidak mengetahui busi, Busi juga tak kalah penting dengan aki motor. Busi motor berfungsi sebagai penyala api yang nantinya digunakan untuk membakar bahan bakar. Ada beberapa jenis busi yang ada di pasaran diantaranya busi standar, resistor, elektroda, iridium dan lain sebagainya.
Busi standar memiliki ciri ujung elektroda tengah yang keluar dari diameter treaded section dan ujung insulator tidak menonjol. Busi jenis inilah yang biasa dipakai motor dengan standar pabrikan.
Untuk motor yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar maka akan digunakan busi resistor yang terdapat huruf R pada bagian pangkal dan terdapat ceramic resistor. Bagi anda yang memiliki motor balap biasanya menggunakan busi jenis iridium yang tahan akan keausan dengan ukuran lebih kecil dan ringan ketimbang busi biasa.
  • Karburator Dan Fungsinya

Karburator ditemukan pada tahun 1885 dan dipatenkan di tahun 1886 oleh Karl Benz. Karburator hampir digunakan oleh semua sepeda motor yang menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Fungsi karburator sendiri yaitu untuk mencampur bahan bakar dengan udara.
Jika disimulasikan maka karburator akan mencampur 1 gram bensin dengan 15 gram udara. Komponen karburator juga beragam dan memiliki tugas berbeda pada setiap bagiannya. Bagian karburator tersebut terdiri dari mangkok karburator yang berguna untuk menyimpan bensin saat tidak digunakan.
Pelampung yang berfungsi untuk mengatur agar bahan bakar tetap ditempatnya. Katup cuk yang berguna untuk menutup udara luar masuk begitu saja ke kaburator. Ada pula katup gas, klep, baut udara dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Lampu dan Fungsinya

Lampu merupakan suku cadang yang bisa anda lihat secara langsung atau nampak pada motor tanpa harus membongkarnya. Motor memiliki beragam lampu mulai dari lampu sein hingga lampu depan dan belakangnya. Lampu sein sendiri memiliki fungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lainnya bahwa anda hendak berbelok.
Lampu belakang berguna untuk memberi tahu pengendara yang ada di belakang bahwa ada kendaraan di depannya sedangkan lampu depan berguna menerangi jalan yang akan anda lewati. Lampu sebenarnya memiliki hubungan yang erat dengan aki motor.
Apabila aki bekerja dengan baik maka lampu akan menyala dengan terang. Apabila lampu tidak menyala maka ada masalah pada aki motor anda.
  • Ban dan Fungsinya

Ban menjadi sparepart yang penting bagi motor karena tanpa ban motor tidak dapat berjalan. Ban sendiri terdiri dari dua jenis yakni ban biasa yang membutuhkan ban dalam dan ban tubeless. Masa pemakaian ban sendiri hanya sekitar 1 hingga 2 tahun apapun merk ban tersebut.
Harga ban juga bervariasi dan memiliki ukuran yang berbeda serta disesuaikan dengan model motor yang dimiliki. Ban yang permukaannya licin tentu sangat berbahaya bagi anda yang sedang mengendarai motor di kala hujan tiba ataupun setelah hujannya.
Bila anda sering mendapati ban motor bocor maka sudah saatnya anda untuk menggantinya dengan ban baru. anda bisa mengecek secara berkala kondisi ban dan selalu ingat untuk melihat kondisi angin ban motor anda sebelum memakainya.
  • Rem dan Fungsinya

Rem adalah suku cadang yang wajib mendapatkan perhatian. Saat jalanan menurun dan berbelok-belok maka rem merupakan bagian yang paling banyak difungsikan. Rem mampu mengontrol laju kendaraan anda. Jika rem tidak bekerja sebagaimana mestinya, Hal ini akan  membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya.
Kinerja rem ini dipengaruhi oleh kampas rem dan tali rem. Apabila kampas rem sudah mulai menipis maka rem motor tidak akan berfungsi dengan baik atau kehilangan cakramnya. Terkadang ketika anda mengerem akan terdengar decitan yang tidak enak didengar telinga.
Saat melakukan perawatan atau service motor ada baiknya anda memeriksakan keadaan rem dan mengganti kampas rem dan tali rem jika memang keadaannya memang harus diganti.
  • Tali Gas dan Fungsinya

Pada motor juga terdapat tali gas yang digunakan sebagai pengendali mesin motor. Apabila tali gas ini terputus maka putaran mesin menjadi tak terkendali dan sangat berbahaya bagi pengendara. Untuk mengetahui tali gas anda bermasalah atau tidak, anda bisa melihatnya dengan cara menarik gas apakah macet atau lancar.
Jika memang tali gas macet maka ada baiknya agar anda mengganti dengan tali gas baru agar transmisi bahan bakar menjadi lebih lancar. Sebelum anda menggunakan motor ada baiknya untuk memanaskan motor terlebih dahulu.
  • Rantai dan Fungsinya

Rantai sangat penting bagi sepeda motor karena rantai motor membuat motor anda bisa berjalan. Rantai ini menjadi penerus energi gerak dari mesin motor dengan memutar gear dibagian depan ke gear bagian belakang. Apabila rantai putus tentu motor anda tidak bisa bergerak sebelum anda mengganti rantainya.
Untuk menjaga rantai agar bekerja dengan baik, Anda bisa menggunakan oli maupun cairan khusus lainnya. Oli atau cairan khusus ini berfungsi agar rantai motor tidak kotor. Selain suku cadang di atas, oli juga memiliki peranan penting sebagai pelumas mesin motor. Mesin akan mengalami aus sehingga perlu menggunakan oli sebagai bahan pelumasnya.
Terlebih lagi jika anda berkendara dalam jarak yang cukup jauh maka dipastikan mesinpun akan cepat panas. Oleh karena itu ada baiknya untuk mengganti oli minimal sebulan sekali. Nah, Berikut adalah beberapa informasi Mengenal Suku Cadang Motor dan Fungsinya, Semoga Bermanfaat.
Dari Berbagai Sumber