Tlp SekarangWA Sekarang

 

Mengenal Komponen Dan Fungsi Mesin Motor

Mesin Motor Via indonesiautosblog.com

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai komponen yang ada pada sepeda motor. Sangat penting bagi anda semua untuk mengetahui setiap komponen yang ada pada motor. Komponen pada motor haruslah dipahami karena akan sangat membantu dalam proses memperbaiki kerusakan yang ada pada motor anda nantinya.

Pada umumnya komponen sepeda motor terdiri dari 3 bagian besar, yaitu bagian rangka, kelistrikan dan mesin. Komponen besar sepeda motor tersebut sangat membantu anda dalam mempelajari setiap seluk beluk motor yang  anda miliki.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  • Bagian Rangka

Motor memiliki rangka yang sesuai dengan kebutuhan motor tersebut. Bagian rangka berfungsi sebagai wadah penempatan mesin, sistem kelistrikan dan penyangga penumpang. Bagian dari beberapa komponen untuk menunjang agar sepeda motor dapat berjalan dan berbelok.
Komponen pada bagian rangka terdiri dari, rangka, kelompok kemudi, kelompok suspensi, kelompok roda, kelompok rem, tangki bahan bakar, tempat duduk, dan fender.
  • Bagian Kelistrikan 

Bagian kelistrikan pada sepeda motor memiliki jalur yang berbeda walaupun kelistrikan yang dihasilkan sama yaitu berasal dari pembakaran mesin. Mekanisme kelistrikan dipakai untuk menghasilkan daya pembakaran untuk proses kerja mesin dan sinyal agar menunjang keamanan berkendara.
Semua komponen tersebut yang berhubungan langsung dengan energi listrik dikelompokkan menjadi bagian kelistrikan. Bagian kelistrikan terdiri dari komponen pengapian, pengisian dan kelompok beban. Sistem Kelistrikan harus tetap dijaga kestabilannya agar performa yang dihasilkan juga akan tetap optimal dan tahan lama.
  • Bagian Mesin

Bagian mesin merupakan bagian terpenting didalam sebuah sepeda motor, karena mesin pada motor merupakan komponen penggerak. Bagian mesin adalah seluruh komponen yang mengkonsumsi energi listrik selain sistem pengapian, terdiri atas sistem tenaga mesin.
Sebagai sumber tenaga penggerak untuk berkendaraan, terdiri dari, mesin atau engine, sistem bahan bakar, sistem pelumasan, sistem pembuangan, dan sistem pendinginan. Bagian komponen besar, dari ketiga bagian tersebut memiliki peran dan fungsinya masing-masing.
Salah satunya yaitu pada bagian mesin yang merupakan sumber tenaga dan penggerak dari sepeda motor, sehingga dari sumber tenaga tersebut dapat dihubungkan ke bagian lainnya. Jangan sampai salah mengenal dalam bagian mesin tersebut, karena jika anda salah penamaan bagian dalam mesin maka dipastikan anda juga akan salah pada saat memperbaikinya.
Dari Berbagai Sumber