Tlp SekarangWA Sekarang
 Manfaat Dan Kelemahan Memakai Ban Tubeless

Ban Tubeles via news.okezone.com

Pada awalnya ban tubeless hanya digunakan pada kendaraan roda empat. Tapi saat ini sudah banyak sepeda motor  yang mulai menggunakan ban tubeless. Namun tidak semua kendaraan sepeda motor bisa menggunakan ban tubeless, khusus yang menggunakan velg racing.

Ban tubeless merupakan ban yang di desain sebagai ban anti bocor. Sehingga banyak pemilik sepeda motor yang beralih menggunakan ban tubeless karena dipandang sangat menguntungkan. Tapi sebelum anda memutuskan untuk menggunakan ban tubeless sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu mengenai ban tubeless.

Perbandingan Antara Ban Biasa Dan Ban Tubeless

Ada 2 jenis bagian ban utama dari pabrikan ban yang seringkali membuat pemilik motor jadi bingung, yaitu ban biasa menggunakan ban dalam dan ban tubeless tanpa menggunakan ban dalam. Secara sepintas, antara ban tubeless dan biasa yaitu hampir sama, namun bedanya ban tubeless harus menggunakan velg recing. Dan perlu anda ketahui menggunkan ban tubeless memiliki manfaat dan selain itu ban tubeless juga memiliki kelemahan, diantaranya yaitu :

1. Tidak Tepat Digunakan Pada Medan Berat

Ban tubeless memiliki struktur karet yang tebal dan padat maka ban jenis ini tidak cocok jika digunakan pada medan berat. Ketika hal ini dipaksakan maka kendaraan akan mudah sekali tergelincir. Ban tubeless lebih cocok digunakan pada jalan yang rata seperti di perkotaan.

2. Ban Tubeless Hanya Digunakan Untuk Velg Recing

Selama ini baru pelek racing saja yang kompatibel untuk diterapkan ban tubeless.

3. Ban Tuless Beban Ban Lebih Berat

Bagaimanapun juga kecepatan melaju kendaraan sangat dipengaruhi oleh beban kendaraan. Ban merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang ikut membebani laju kendaraan. Ban tubeless memiliki berat lebih tinggi dari pada ban biasa sehingga ban tubeless lebih cocok jika digunakan pada kendaraan ber cc menengah ke atas.

4. Harga Beli Relatif Lebih Mahal

Harga beli ban tubeless lebih mahal dari pada ban biasa. Sekarang ini harga dapat terpaut lebih dari 50%.

Manfaat memakai ban tubeless

 1. Ban Tubles Tidak Mudah Kempes Ketika Ban Mengalami Kebocoran

Ketika ban mengalami kebocoran akibat tertusuk paku atau benda tajam yang lain, ban tubeless tidak akan kempes secara tiba-tiba tidak seperti ban biasa. Sehingga anda tidak perlu mendorongnya sampai menemukan tukang tambal ban. Angin yang ada di dalam ban tubeless dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Namun tetap saja jangan menyepelekan karena kalau didiamkan saja akan merusak ke bagian lainnya.

2. Waktu Penambalan Lebih Cepat

Karena tidak menggunakan ban dalam, jika mengalami kebocoran dan harus dilakukan penambalan dengan cepat jadi anda tidak perlu membutuhkan waktu yang cukup lama. Cara penambalan ban tubeless lebih mudah dan praktis. Beda dengan ban biasa yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses penambalan.

3. Menambal Ban Tubles Bisa Dilakukan Sendiri

Cairan anti bocor ini biasanya dimasukkan ke dalam ban sewaktu memasang ban pertama kali. Dengan adanya cairan anti bocor tersebut maka anda tidak perlu lagi mencari tukang tambal ban, karena hal ini bisa di tangani sendiri apabila mengalami kebocoran. Anda tinggal mengambil paku yang menancap di ban, setelah itu secara otomatis cairan anti bocor akan menutup dengan sendirinya permukaan ban yang bocor.

4. Peluang Terjadi Kebocoran Sangat Kecil

karena ban tubeless tidak menggunakan ban dalam, maka semua penyebab kebocoran pada ban biasa tidak akan dialami oleh ban tubeless.

5. Stabil pada Kecepatan Tinggi

Ban tubeless dengan permukaan ban yang cenderung lebih tebal dan keras menyebabkan mampu dipergunakan untuk gerakan pada kecepatan tinggi. Hal ini tidak dapat dicapai oleh ban biasa.

6. Perawatan Lebih Mudah dan Sederhana

Ban tubles membutuhkan perawatan yang lebih mudah dari pada ban biasa. Ban tubles hanya perlu pengecekan kebersihan pada bagian ban dan pelek supaya tidak terjadi kelonggaran.

7. Cocok Digunakan pada Musim hujan

Faktor pendukung utama supaya sebuah kendaraan memiliki kemampuan melintasi jalan basah dengan mudah adalah motif ban. Semakin banyak jumlah motif ban maka ban tersebut semakin mampu dipergunakan pada jalan berair karena air akan dikeluarkan melalui motif ban tersebut.

Sebenarnya banyaknya motif ban tubeless dan ban biasa tidak ada perbedaan hanya saja pada ban tubeless memiliki motif yang lebih dalam. Dengan motif yang lebih dalam ini juga dapat mempermudah pengeluaran air sehingga  daya cengkeram ban dengan jalan semakin kuat.

8. Perawatan Lebih Mudah dan Sederhana

Ban tubles membutuhkan perawatan yang lebih mudah dari pada ban biasa. Ban tubles hanya perlu pengecekan kebersihan pada bagian ban dan pelek supaya tidak terjadi kelonggaran.

 

 Di kutip dari berbagai sumber.