Tlp SekarangWA Sekarang
Keunggulan dan Kekurangan Menggunakan Kendaraan Sepeda Motor Matic

Motor Nmax melalui seputarhargaku.blogspot.co.id

Sepeda Motor Matic adalah Jenis Sepeda Motor Otomatis yang tidak memakai Operan Gigi Manual dan digunakan cukup dengan satu Akselerasi, Ukuran Bodi Motor Matic ini biasanya lebih ringan jika dibandingkan dengan Tipe Sepeda Motor Bebek dan Sepeda Motor Matic mempunyai Ruang Kosong di tengah – tengah antara Kemudi dan Jok Duduk yang berfungsi untuk memudahkan Kaki Penggunanya atau bisa di jadikan tempat menaruh Barang Bawaan diantara kaki tersebut.

Perlu anda ketahui kendaraan motor matic ini memiliki kelunggulan dan pastinya memiliki kekurangan juga, diantaranya yaitu :

Keunggulan Kendaraan Sepeda Motor Matic

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh sepeda motor matic adalah tidak adanya transmisi manual. Transmisi manual yang pada umumnya berada di antara 1 sampai 4 tingkatan gigi bagi kendaraan motor bebek, dan ada pula tingaktan 5 gigi bagi kendaraan sepeda motor kopling.

Setipa tingkatan gigi memiliki batas kecepatan masing-masing. Penggunaannya juga berbeda untuk setiap kondisi perjalanan. Sedangkan transmisi otomatis tidak memiliki tingkatan gigi seperti manual. Yang paling penting saat mengendarai kendaraan dengan transimisi otomatis adalah bagaimana si pengendara dapat mengatur laju dan kecepatan motor yang sedang dikendarai.

Kekurangan

Dengan adanya transmisi manual membuat para pengemudi lebih mudah mengatur laju kecepatan kendaraannya. Tetapi ada kekurangan yang dimiliki oleh transmisi otomatis ini. Karena pengaturan gas dan kecepatan yang terletak di kendali si pengendara, terkadang ada ketidak seimbangan yang terjadi. Panel gas yang ditarik terlalu dalam membuat si pengemudi melonjak saat mengendarai motor matic. Hal ini bisa melukai pengemudi dan orang lain. 

Performa Bahan Bakar

Motor matic diharapkan sebagai motor yang hemat bbm. Namun pada kenyataannya motor matic cenderung lebih boros jika dibandingkan dengan motor bebek. Sekalipun motor matic sudah diberi fitur injeksi, motor bebek masih lebih unggul dalam hal ini. Sekalipun dibandingkan dengan sesama injeksi, motor matic masih kalah jauh dengan motor bebek. Dalam kendaraan sepeda motor matik ini memiliki keunggulan dan kekurangan dalam kapasitas pengangkut barang yaitu akan di jelas kan di bawah ini :

Keunggulan

Pernah mengangkut banyak barang dengan motor bebek? Coba bandingkan dengan jumlah barang yang bisa diangkut oleh motor matic. Pasti jauh berbeda bukan? Desain motor matic yang memiliki sedikit ruang untuk kaki menjadi salah satu tempat yang sering digunakan untuk meletakkan barang. contoh barang yang di maksud adalah seperti tas, helm dan beberapa barang lainnya yang tidak dapat di simpan di tempat yang sama pada motor manual

Kekurangan

Memang dalam hal space, motor matic dapat mengangkut banyak barang, tetapi ada baiknya tidak dilakukan terlalu sering karena dapat membebani mesin dan juga leher motor. Motor bebek biasanya memiliki body yang lebih kuat daripada motor matic. Sehingga tidak disarankan menggunakan motor matic untuk mengangkut barang yang banyak secara berkelanjutan. Penggunaan monoshock breaker pada motor matic merupakan salah satu alasannya.

Di kutip dari berbagai sumber.