Tlp SekarangWA Sekarang
Fungsi Lubang Pada Piringan Rem Cakram

Rem Cakram via indonesiautosblog.com

Rem cakram, pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Rem yang memiliki kinerja dengan menjepit cakram yang biasanya di pasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram memakai caliper.

Digerakan oleh piston untuk mendorong brake pads ke cakram. Pernahkah kalian berpikir kenapa di setiap rem cakram motor memiliki lubang ? apasi fungsi lubang tersebut ? dan pasti setiap motor memiliki lubang yang berbeda – beda.

Banyak orang yang menganggap lubang itu hanyalah sebatas lubang dan tidak memiliki peran. Tentu saja peran lubang yang terdapat pada rem cakram sangat penting untuk pengereman. Berikut penjelasannya walaupun tidak lengkap ya gan :

Fungsi Lubang Pada Piringan Rem Cakram

Fungsi yang pertama ialah untuk membuang debu atau kotoran yang kemungkinan akan menempel pada piringan rem cakram ini, karena kondisi dan medan yang dihadapi juga tak menentu pastinya kotoran juga bisa menempel di piringan, akan tetapi jika ada lubang pada piringan cakram nantinya debu atau kotoran yang menempel akan masuk kedalam lubang itu dan membuat pengereman anda tidak selip karena adanya kotoran yang mengganggu

Dan kedua adalah melepaskan panas dari gesekan kampas rem, jika anda melakukan pengereman secara terus-menerus atau membawa motor anda keluar kota dengan jarak yang jauh, bukan hanya knalpot dan mesin yang panas namun rem juga akan memanas karena adanya pergesekan secara terus menerus, dan fungsi dari lubang ini untuk melepaskan panas yang ada di piringan rem cakram agar kondisinya bisa stabil

jadi sudah jelas bukan fungsi dari lubang ini, kalau untuk model lubang memang tiap produsen memberikan pembeda mungkin untuk identitas motornya, namun untuk motor-motor sport memang memiliki lubang dengan posisi miring, karena memang pengereman yang dilakukan perlu tenaga lebih jadi pembuangan dan pelepasan panas di piringan juga harus lebih sempurna

Rem cakram pun terbagi menjadi 2 :

1. Rem cakram biasa

Yaitu rem yang menggunakan disc brake yang bentuknya menyerupai piring dan cara kerjanya dengan menjepit piringan rem agar kendaraan berhenti.

2. Rem cakram berventilasi

Sama persis dengan rem cakram biasa, namun piringannya lebih tebal seperti bertumpuk, dan ditengahnya ada rongga udara kosong di kisi-kisinya sehingga dinamakan cakram berventilasi.

Nah itu saja penjelasan seputar rem cakram ya gan, semoga bermanfaat. Jagalah kendaraan anda agar mengendarai jadi aman dan nyaman. Sekian terima kasih.