Tlp SekarangWA Sekarang
Faktor dan Trik Efektif Mengatasi Lamu Motor Yang Mudah Redup

Lampu Motor via google.co.id

Komponen lampu adalah bagian terpenting dari sebuah kendaraan, sebab jika motor anda tidak mempunyai lampu penerang tentunya tidak bisa di kendarai pada malam hari.

Apalagi saat ini pengendara wajib menyalakan lampu pada siang hari, maka dari itu jika tidak di nyalakan akan beresiko dan yang pasti akan di tilang pak polisi.

Namun hal ini yang menyebabkan lampu cepat mati, tapi jika lampu mati karena usia mungkin itu hal yang wajar namun jika lampu baru diganti sudah mati tentunya ini ada komponen yang tidak berpungsi pada sektor lampu. apabila hal ini sering terjadi pastinya sangat menjengkelkan apalagi jika matinya pas lagi mengendarai di malam hari, hal ini tentu sangat beresiko.

Gejala mati lampu pada kendaraan bermotor biasanya terjadi pas RPM di putaran atas atau pas motor digeber. Faktor gejala yang terjadi biasanya banyak komponen yang udah lemah sehingga arus yang masuk ke lampu tidak stabil.

Faktor  dan trik efektif mengatasi lamu motor yang mudah redup, diantaranya yaitu :

  • Kiprok yang sudah rusak. Saat kiprok rusak, maka hal ini mengakibatkan arus listrik yang menuju ke lampu menjadi berlebihan. Hal ini menyebabkan lampu menjadi panas dan putus. Untuk mengatasinya, segera ganti dengan kiprok baru.

    Dan perlu juga untuk diketahui bahwa fungsi kiprok adalah sebagai penyearah tegangan dari sepul dan membatasi besarnya tegangan yang akan menuju ke aki motor dan sistem kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang sering mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu sangat besar karena disebabkan kiprok sudah tidak bisa lagi membatasi tegangan yang keluar ke kiprok.

    Selain itu juga kalau menemui bohlam lampu utama motor yang sering mati saat motor digas full hal tersebut wajib waspadai kemungkinan besar kiprok sudah rusak.

  • Spull penerangan sudah error. Spull penerangan dalam hal ini sudah tidak bekerja normal. Sehingga hal ini mengakibatkan arus yang masuk menuju kiprok tidak sesuai standar. Untuk mengatasinya, silahkan gulung ulang spull atau jika tidak mau bisa ganti dengan yang baru.

  • Rumah lampu atau dudukan lampu sudah jelek, hal ini juga sangat mempengaruhi kesehatan lampu motor. Untuk itu, jika mengalami hal itu sebaiknya anda wajib mengganti dudukanya supaya lampu tidak sering mati.

  • Selain kiprok yang rusak, opsi yang biasanya sering di temui di bengkel adalah kurangnya massa pada lampu atau kiprok, cek kabel warna hitam yang menuju ke lampu (cek rangkaian lampu) atau cek massa dari kiprok (cek baut pengikat kiprok, periksa dari korosi dan lain sebagainya.). Selain bisa menyebabkan lampu sering putus, kejadian dilapangan juga memperlihatkan nyala lampu yang kurang terang (redup) karena kurangnya massa.

Pada sistem penerangan khusunya lampu kepala, kiprok atau di sebut Regtifier Regulator  selain berfungsi sebagai pengubah arus AC dari spoel menjadi arus DC untuk pengisian battery, kiprok juga berfungsi sebagai pembatas tegangan yang menuju ke lampu utama, jika tegangan yang dikeluarkan oleh coil (spoel) terlalu besar, maka tugas kiprok adalah membatasi tegangan yang akan menuju ke lampu supaya tegangan tidak melebihi kapasitas dari lampu itu sendiri.

Di kutip dari berbagai sumber.