Tlp SekarangWA Sekarang
Dengan Mempraktikan 9 Cara Ini Helm Kesayangan Tidak Akan Gampang Rusak dan Bau Apek Lagi

Merawat Helm Motor via automotive.idntimes.com

 

Bagi pengendara sepeda motor, helm menjadi barang yang paling berharga untuk dijaga. Karena dengan menggunakan helm, kepala dan keamanan saat berkendara menjadi lebih terjaga. Namun, tidak sedikit dari kita yang terkadang lupa untuk merawatnya. Padahal, merawat helm itu mudah dan gampang,tidak harus mencucinya setiap minggu di tempat pencucian helm.

Hanya dengan mempraktikan 9 cara ini, helm kesayangan bisa tetap terawat dan seperti baru lagi. Berikut penjelasannya :

  1. Agar tetap awet dan tidak lecet, jepitlah helm kesayangan di jok motor belakang. Jangan menyimpan di spion

Cara merawat helm sebenarnya mudah kok, salah satunya meletakkan helm dengan tepat. Mungkin selama ini sering menggantungkan helm pada kaca spion. Padahal, cara ini membuat helm rentan jatuh dan basah kena air hujan. Sebagai antisipasinya, letakkan helm kesayangan di jok motor sebelah belakang. Jepit dengan erat pada bagian pegangan jok. Dengan begitu, helm tidak lagi mudah jatuh karena kesenggol motor lainnya saat berada di tempat parkir.
  1. Gunakan helm saat kondisi kepala kering, agar busa di bagian dalam helm tidak mudah jamuran dan bau apek

Mungkin yang biasa menggunakan pomade, minyak rambut, atau conditioner. Jika  terburu-buru mengenakan helm, hal ini membuat rambut menjadi lembab. Padahal, rambut lembab dan basah seringkali membuat helm kesayangan mudah jamuran dan bau apek. Jika ingin helm tahan lama, tetap bersih dan tidak jamuran, gunakanlah helm dalam kondisi kering. Jika bisa menunggu conditioner rambut agak mengering atau menggunakannya jauh-jauh sebelum berangkat. Dengan begitu, helm akan terhindar dari jamuran.
  1. Jika terpaksa, bisa menggunakan penutup kepala saat rambut masih basah atau berpomade

Jadwal seringkali membuatnya harus buru-buru berangkat meskipun rambut masih dalam keadaam basah dan lembab. Tenang saja, sekarang dapat mengatasinya dengan menggunakan balaclava atau penutup kepala. Pilihlah jenis kain yang adem dan tidak panas. Kain penutup kepala ini bisa menghindari kontak langsung antara rambut dan busa helm. Dengan begitu, busa juga tidak mudah jamuran dan membuat helm jadi tetap awet / tahan lama.
  1. Keasaman air hujan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Sebaiknya jangan malas membersihkan kaca helm dengan lap atau kanebo

Kondisi jalanan memang tidak bisa ditebak, misalnya saat hujan. Air hujan yang mempunyai kadar asam tinggi seringkali membuat helm mudah jamuran. Tetapi tenang, cara mengatasinya mudah saja, cukup dengan mengeringkan sisa air hujan di kaca dengan lap atau tissu kering, resiko jamuran bisa segera menyingkir. Jadi, tidak perlu khawatir.
  1. Membersihkan helm juga ada strateginya. Semprotkan cairan pembersih lalu lap dengan kain agar helm kembali bersih

Jka ingin helm awet dan tahan lama? Jangan asal saat membersihkan ya. Pastikan melakukan perawatan dengan cara yang benar. Saat kaca helm kotor, semprotkan cairan pembersih lalu lap dengan dengan kain. Cara ini bisa menghindari adanya goresan, karena kotoran yang kasar atau besar bisa terlebih dulu larut dengan air, jadi saat di hilangkan tidak akan meninggalkan goresan. Selain itu, pastikan mengelapnya dengan arah ke bawah.
  1. Layaknya baju, busa helm juga harus dicuci. Rendam saja dalam air hangat dan detergen setidaknya 2 minggu sekali

Layaknya baju yang dipakai sehari-hari, helm juga harus dicuci. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, helm bisa kembali wangi dengan mencucinya sendiri. Caranya mudah saja, pertama-tama lepaskan busa helm menggunakan obeng. Lalu rendam dalam air hangat yang sudah dicampuri deterjen. Setelah itu diangin-anginkan. Sebaiknya jangan dikucek dan diperas agar tidak merusak bentuk busanya. Mencuci helm ini bisa dilakukan minimal 2 minggu sekali. Dengan begitu, helm kesayangan akan selalu wangi dan bersih.
  1. Ingin helm tetap nyaman digunakan dalam waktu lama? Pastikan simpan dalam keadaan terbalik supaya sisa keringat cepat menguap

Cara mencuci harus menyimpan helm dengan cara yang benar agar lebih awet. Seharusnya meletakkannya begitu saja di lantai, juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Pilihlah tempat yang tidak terpapar matahari secara langsung namun tidak lembab. Lalu letakkan helm secara terbalik agar sisa keringat cepat menguap. Selain itu jangan lupa buka kaca helmnya. Jadi helm bisa terhindari dari bau tak sedap dan jamuran.
  1. Agar tetap nyaman dikenakan, tidak ada salahnya semprotkan parfum rendah alkohol sesekali saja

Helm sering bau apek karena rambut yang lembab. Hal ini membuat helm tidak nyaman saat digunakan. Untuk mengatasinya, semprotkan saja parfum rendah alkohol sesekali kali pada busa. Setelah itu angin-anginkan di ruang terbuka. Jika rajin melakukannya, tidak menutup kemungkinan helm menjadi tetap wangi kapan saja.
  1. Helm itu layaknya celana dalam, alangkah baiknya jika digunakan secara pribadi atau tidak saling pinjam

Jika ingin helm awet dan tidak bau apek? Alangkah baiknya gunakan helm secara pribadi dan tidak saling pinjam pada banyak orang. Semakin banyak kepala, semakin banyak jenis kuman yang bersarang di dalamnya. Selain itu, keringat bekas kepala orang lain juga membuat helm bisa menjadi bau apek.

Merawat helm itu sebenarnya mudah saja. Jika tertur melakukan 9 tips praktis ini, helm kesayangan pasti bisa lebih awet dan wangi sepanjang hari. Tidak heran juga jadi lebih nyaman saat menggunakannya.

Selamat mempraktekkannya.

 

 

Dari berbagai sumber