Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Mudah Mencuci Helm Bagi Yang Busanya Tidak Bisa Di Lepas

Mencuci Helm via youtube.com


Helm merupakan aksesoris terpenting bagi pengendara motor yang berguna untuk melindungi kepala dan wajah apabila terjatuh dari kendaraan roda dua. Selain itu, helm juga melindungi kepala kita dari sinar matahari yang terik, melindungi kesehatan mata, dan pastinya melindungi pengendara motor ketika razia polisi lalu lintas.

Dilihat dari banyaknya manfaat yang dapat diambil apabila pengendara motor memakai helm, maka tidak heran jika helm selalu digunakan setiap saat ingin berpergian, baik itu dari jarak perjalanan dekat atau jauh. Namun, helm yang digunakan secara terus-menerus akan menyebabkan helm menjadi kotor, berdebu dan aroma tidak sedap karena banyaknya keringat yang menumpuk.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana caranya membersihkan atau mencuci helm sendiri supaya kondisi helm kesayangan Anda tetap terjaga dengan baik, dan mempertahankan tampilan supaya selalu seperti baru. Dengan merawat helm, Anda juga aka mencegah aroma kurang sedap atau apek yang kerap terjadi pada helm.

Tetapi mungkin Anda bingung karena kebanyakan informasi tersebut hanya untuk helm-helm yang bagian busanya bisa dicopot atau dilepas. Bagaimana dengan helm full race atau helm lainnya yang bagian padding dan comfort liners tidak dapat dilepaskan? Yang pasti jawabnnya bisa di cuci dan bisa juga di cuci di rumah, dia bawah ini ada beberapa caranya yaitu :

1. Proses Pencucian Bagian Dalam Helm

Periksa seluruh bagian dan kondisi helm secara menyeluruh. Karena tidak ada bagian yang bisa dilepas, maka Anda dapat langsung ke proses mencuci helm. Langkah awal yaitu basahi seluruh busa di bagian dalam helm secara merata, lalu oleskan sabun atau shampoo yang lembut ke seluruh bagian busa helm dan setelah itu Sikat secara perlahan dengan sikat gigi dengan gerakan satu arah, selanjutnya bilas seluruhnya dengan air bersih secara merata sampai tidak ada busa sabun dan kotoran yang tersisa.

2. Proses Pencucian Bagian Luar Helm

Basahi seluruh bagian luar batok helm secara merata dan jangan ada bagian yang terlewatkan, kemudian oleskan shampoo atau sabun ke seluruh permukaan luar helm lalu gosok-gosok seluruh permukaan helm dengan menggunakan sponge lembut, dan bilas seluruhnya menggunakan air bersih secara merata sampai tidak ada busa yang tersisa. Terakhir tiriskan air dengan cara menaruh helm ke arah bawah.

3. Proses Pengeringan

Sedot air dengan alat vacuum wet & dry pada seluruh bagian dalam helm. Lalu keringkan kembali seluruh bagian luar helm dengan kain kanebo dan bagian dalam helm dengan menekannya supaya sisa air meresap ke dalam kain kanebo.

Setelah itu semburkan cairan softener secara merata ke bagian dalam helm secukupnya dari jarak kurang lebih 25 cm dan jangan sampai terlalu basah, dan keringkan dengan hair dryer secara manual. Lakukan proses ini sampai benar-benar kering dan tidak terasa lembab pada bagian dalam helm. Jika sudah, keringkan helm di bawah sinar matahari terik.

Di kutip dari berbagai sumber.