Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Mengatasi Jok Motor Matik Yang Macet

Jok Motor via kabaroto.com

Kebanyakan masyarakat indonesia terpesona dengan motor dengan transmisi matik alasannya karena kendaraan matik mudah dikendarai dan nyaman, terutama di kalangan pengguna wanita dan lanjut usia.

Walaupun begitu, di balik berbagai keunggulannya, motor matik ternyata sering terjadi masalah, salah satunya yaitu di bagian jok motor yang sering macet ketika membuka jok

Jika sudah begini, pilihannya cuma dua. Dibawa ke bengkel untuk diperbaiki atau coba untuk memperbaiki sendiri di rumah. Namun apabila  jok motor matik sudah sampai tahap sangat sulit dibuka, sebaiknya diserahkan saja kepada ahlinya alias di bawa ke bengkel terdekat.

Jangan terus mencoba memperbaiki sendiri. Apabila anda tidak bisa menaganinya maka akan berakibat fatal pada kendaraan anda.

Tapi jika karena suatu alasan Anda tetap ingin memperbaiki sendiri, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memberi pelumas di lubang kunci dan area pengunci jok supaya pengunci lebih licin.

Selain itu, jok motor anda bisa macet karena adanya penumpukan kotoran debu yang menempel di area pengunci jok juga bisa jadi penyebab sulit membuka jok. Untuk itu Anda bisa membersihkannya dengan cara menyikatnya dengan sikat.

Apabila sudah bersih akan tetapi masih susah untuk dibuka, maka kemungkinan penyebab berikutnya adalah komponen pengunci joknya bergeser atau tidak dalam posisi normal.

Apabila anda tetap ingin memperbaiki sendiri maka hal yang harus anda lakukan yaitu  dengan cara memutar kunci ke kanan dan ke kiri.

Cara ini dimaksudkan untuk membuat komponen yang bergeser bisa kembali ke posisi semula supaya jok mudah dibuka.

Di kutip dari berbagai sumber.