Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Menggunakan Brake Cleaner, Membesihkan Kotoran Pada Rem

Brake Cleaner via motorexpertz.com

Pada musim hujan tentunya kendaraan kita akan lebih kotor karena genangan becek oleh air hujan pastinya kita perlu dibersihkan. Akan tetapi ada komponen yang cukup sulit untuk di bersihkan yaitu rem, karena komponen ini cukup sulit di jangkau. Apalagi jika sudah lama tidak di bersihkan akan ada debu yang menempel dan membuat kinerja rem anda tidak maksimal.

Padalah rem sendiri adalah komponen yang vital dan harus selalu prima pada semua kendaraan, karena jika rem tidak bekerja dengan baik itu bisa membahayakan diri anda ataupun orang lain, maka dari itu anda juga harus rajin membersihkan rem, baik rem tromol ataupun rem cakram sama saja harus tetap dijaga kebersihannya.

Tahukah kalian apa si brake cleaner itu ?, brake cleaner sendiri ialah cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada rem. Sehingga kinerja rem bisa maksimal lagi tanpa adanya gangguan debu dan kotoran yang menempel.

Cara Menggunakan Brake Cleaner

Langkah pertama, anda bisa membongkar rem anda dan melepas piston di rem cakram anda, jika menggunakan rem tromol anda bisa mengendorkan as rodanya agar semprotan brake cleaner bisa masuk kedalam rem tromol anda.

Kemudian anda bisa mulai menyemprotkan brake cleaner ke rem cakram anda dan pistonnya secara merata dan pastikan juga untuk menyemprotkan kampas remnya, jika menggunakan rem tromol pastikan kalau semprotan brake cleaner ini tidak mengenai cat pada velg karena bisa menimbulkan bercak pada cat.

Setelah anda selesai menyemprotkan brake cleaner anda harus menunggunya sampai kering sebelum dipasangkan kembali. Anda juga bisa mengelapnya menggunakan lap kering jika dirasa lama cairan brake cleaner ini kering sendiri.

Setelah selesai dalam proses pengeringan pastikan dulu sudah tidak ada kotoran di rem yang terlewat tersemprot brake cleaner ini. Jika sudah di pastikan kondisi rem telah kering maka anda bisa memasang rem kembali ke posisi semula.

Dan cara diatas pastinya cukup sulit jika dilakukan sendiri apalagi tanpa adanya keahlian dalam melepas dan memasang rem kembali, jika anda tidak bisa melepaskan rem anda bisa menyemprotkan brake cleaner ke sisi-sisi yang mudah terjangkau saja, jika menggunakan rem cakram akan cukup mudah karena anda hanya perlu menyemprotkan piringan cakram dan kampas yang terbuka, namun jika anda masih ragu dengan cara ini anda bisa membawa ke bengkel atau ke tukang yang terbiasa melepas rem dan menyuruhnya untuk menyemprotkan brake cleaner ini