Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Benar Perbaiki Setir Motor Kaku dan Berat

Perbaiki Setir Motor Via maticmotor.com

Banyak orang yang beralih menggunakan motor untuk menghindari kemacetan di jalan dan dijadikan alternatif untuk datang tidak terlambat ke tempat kerja atau suatu acara karena faktor kemacetan tersebut. Namun memiliki motor tentu Anda juga harus mengetahui segala komponen yang ada di dalam motor, hal ini dilakukan agar bisa menghindari kerusakan yang terjadi pada motor.

Salah satu komponen penting dan nampak secara fisik oleh mata adalah stang. Dengan stang tersebut kita bisa melakukan kendali pada motor kemana arah kita akan menjalankan motor tersebut. Namun pada praktiknya, sering kali atau beberapa dari kita menemui permasalahan yang terjadi pada stang motor.

Permasalahan yang pada umumnya terjadi pada bagian komponen sepeda motor yang satu ini, biasanya stang terasa berat dan kaku ketika digunakan untuk berbelok. Tentu saja jika mengalami permasalahan yang seperti itu maka terasa tidak nyaman, apalagi ketika digunakan saat berkendara hal ini pastilah sangat mengganggu.

Dalam hal ini,  jangan berpikir untuk langsung membawanya ke bengkel, karena siapa tahu Anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah sehingga tidak perlu merogoh kocek untuk biaya bengkel.

Langsung saja anda caranya simak Berikut ini :

  1. Ketahui Penyebab Dan Cara Memperbaiki

Hal pertama dalam menghadapi masalah seperti ini adalah kenali terlebih dahulu apa permasalahannya, setelah itu anda kenali juga penyebab pemicu masalah tersebut bisa terjadi, setelah mengenali hal-hal tersebut barulah anda bisa mencari cara bagaimana untuk memperbaikinya.

Komstir bisa anda kenali terlebih dahulu, apabila keadaan stir terasa berat dan kaku apalagi saat anda membelokkan, maka coba saja anda periksa terlebih dahulu bagian komstir motor. Pastikan komstir motor anda masih dalam keadaan baik dan tidak terjadi masalah.

Biasanya komstir yang mengalami masalah seperti keausan atau mungkin sudah usang karena faktor usia yang terlalu lama digunakan pada motor anda bisa menjadi salah satu penyebab mengapa motor sering kaku stirnya ketika dibelokkan. Anda bisa melakukan pemasangan pada komstir, ikuti langkah berikut untuk memasang komstir.

Oleslah dulu stemplet atau biasa disebut dengan gemuk yang ada pada bagian dudukan poler komstir. Kemudian tata ulang pelor komstir motor anda yang ada pada dudukan, lakukan sampai full.

  1. Metik atau Bbek

Jika sepeda motor anda baik itu bebek,matic ataupun sport mengalami kendala stang terasa berat dan kaku. Untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa dilakukan seperti, Kendurkan stang yang terdapat pada leher stang sepeda motor.

Coba perhatikan gerakan stang dengan membelokannya ke kanan ataupun ke kiri, karena biasanya ada beberapa kabel atau selang yang menghalangi sistem kerja stang.

Bongkar stang dan lihat pada bagian pelor komstirnya. Biasanya pelor komstir sudah usang, mungkin perlu diberi pelumas lagi atau mungkin juga sudah waktunya untuk diganti. Namun, tetaplah berhati-hati pada saat proses pelepasan stang, karena dikhawatirkan pelor-pekor komstir jatuh dan hilang.

  • Cara Memperbaiki Stang Berat Dan Kaku

Jika sudah melakukan analisa seperti di sebutkan diatas namun stang masih belum juga stabil, berarti komstrik sepeda motor Anda sudah rusak dan harus segera diganti dengan komstir baru yang ori tentunya (jangan menggunakan komstir yang KW karena ini sangat memengaruhi kinerja stang).

Adapun langkah-langkah mengganti komstirnya berikut :

Lepas stang dari dudukan.

Keluarkan mangkuk pelor komstir atas bawah dari dudukan dengan memukulnya keluar secara perlahan-lahan .

Lepaskan mangkuk pelor komstir dari as atau poros stang dengan cara memukulnya keluar secara perlahan-lahan (hati-hati pada saat melepaskannya agar tidak merusak seal serta permukaan poros stang). Lalu bersihkan semua dudukan mangkuk pelor komstir dari kotoran, kemudian berilah pada pelumas.

Pasanglah komstir yang baru dengan urutan kebalikan dari proses pelepasan.

Jika sudah terpasang, lakukankah penyetelan pada stang agar mendapatkan kinerja stang yang optimal. Stang yang kaku dan berat saat digunakan untuk berbelok memang tidak nyaman saat digunakan. Karena risiko terbesarnya adalah bisa menyebabkan kecelakaan, baik kecelakaan tunggal atau menabrak pengendara yang ada di depan.

Dari Berbagai Sumber.