Tlp SekarangWA Sekarang

  Cara Ampuh Menangani Lampu Sein Tidak Mau Berkedip

Terkadang kita yang mempunyai kendaraan bermotor ada beberapa permasalahan yang sering kita jumpai di kendaraan kita. Seperti motor mati mendadak, aki yang tekor, klakson yang tidak berbunyi, dan masih banyak lagi masalahnya

Untuk sekarang materi yang kita bahas di website ini adalah lampu sen yang nyala tapi tidak berkedip. Ada beberapa faktor penyebab masalah lampu sen yang tidak berkedip itu diantaranya :

  • Salah satu bohlam putus
  • Memeriksa Flasher
  • Masalah pada Perkabelan

Salah satu bohlam putus

Bohlam via nmax155.wordpress.com

Salah satu bohlam pada sein ada yang putus adalah (mati) merupakan gejala paling mudah diketahui apabila sein tiba tiba tidak berfungsi dengan normal alias tidak berkedip.

Hal ini juga akan di tandai oleh panel indicator sein yang ada di dashboard tidak berkedip seperti biasanya.

Memeriksa flasher

Konector flasher via nofgipiston.wordpress.com

Jika sudah dipastikan semua lampu sein (ke empatnya) dapat menyala terang, namun tetap saja belum menunjukkan bisa berkedip maka ada kemungkinan persoalan timbul dari perangkat flasher.

Pertama periksa soket soket yang menancap jangan sampai ada yang terlepas ataupun koneksinya terhambat akibat kerak dan kotoran.

Jika masih dalam kondisi normal, flasher ini akan mengeluarkan suara ketika switch sein posisi on.

Apabila sudah tidak ada tanda tanda suara dari platina flasher (switch elektromagnetik) maka dapat dipastikan komponen ini rusak. Jika kebetulan ada motor yang sejenis milik sodara atau teman, bisa dicoba dulu untuk memastikan bagaimana reaksinya.

Masalah Pengkabelan

Konektor flasher

Pengkabelan via yohedlover.blogspot.com

    Sistem rangkaian elektronika juga sering jadi masalah yang menyebabkan salah satu komponen motor anda tidak mendapatkan supply listrik. Lampu sein yang tidak berkedip (mati) dapat disebabkan oleh kabel yang terputus atau rangkaian yang salah. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memeriksa rangkaian yang ada satu persatu dengan testpen sehingga menemukan rangkaian yang salah atau terputus. Jika telah ketemu anda harus memperbaikinya dengan melakukan penyambungan, penyolderan atau dengan mengganti komponen yang bermasalah tersebut.