Tlp SekarangWA Sekarang

Busi atau dalam bahasa Inggris disebut spark plug merupakan salah satu komponen didalam sistem pengapian pada mobil khususnya untuk motor bensin. Karena seperti yang kita ketahui bahwa pada mesin diesel campuran udara dan bahan bakar terbakar karena adanya panas yang disebapkan oleh langkah kompresi. Sedangkan pada mesin bensin campuran udara dan bahan bakar dibakar oleh percikan bunga api pada busi.

Dalam sistem pengapian busi berfungsi untuk memercikkan bunga api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresi, sehingga terjadi langkah usah. Busi memilki 2 elektroda, yakni elektroda tengah dan elektroda negatif (masa).

Busi erorr

Busi  erorr via aris-ristiadi.blogspot.co.id

Setelah arus listrik dibangkitkan oleh ignition coil (koil pengapian) menjadi arus listrik tegangan tinggi, kemudian arus tersebut mengalir menuju distributor, kabel tegangan tinggi dan ke busi, pada busi arus melompat dari elektroda tengah ke elektroda negatif (massa) sehingga menimbulkan loncatan bunga api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.

Busi yang rusak, maka akan menyebabkan performa kendaraan tidak sempurna. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda melakukan perawatan pada busi kendaraan secara berkala agar performa mesin bisa lebih optimal.

Busi sering sekali kotor dan harus dilakukan pembersihan secara berkala. Busi yang kotor juga akan menurunkan fungsinya sebagai penyempurna pengapian saat proses pembakaran. Namun demikian, Anda tak boleh sembarangan saat melekukan pembersihan pada busi kendaraan ini. Karena jika keliru, maka akan membuat fungsinya kurang optimal.

Cara Membersihkan Busi yang Benar dan Sederhana

Busi motor

Membersihkan
busi via indonesiautosblog.com

Pembersihan pada busi kendaraan memang penting untuk dilakukan secara berkala. Tidak perlu membawanya ke bengkel untuk melakukan pembersihan busi. Langkahnya yang sederhana dan mudah bisa Anda lakukan sendiri.

Tetapi memang tak jarang pemilik kendaraan yang keliru saat melakukan pembersihan pada busi kendaraannya. Melakukan pembersihan pada busi kendaraan setidaknya dilakukan setiap pemakaian 4.000 km.

Untuk membersihkan busi biasanya seseorang merendam busi terlebih dahulu pada genangan bensin. Menurut pakar otomotif, cara tersebut salah besar. Merendam busi pada bensin sebelum dibersihkan, hanya akan mengikis elektroda pada busi.

Cara yang benar adalah dengan menggunakan kuas atau sikat kawat yang lembut. Lakukan pembersihkan dengan hati-hati. Penggunaan bensin untuk mempercepat proses pembersihan memang disarankan tetapi tidak dengan cara merendam busi, melainkan hanya menyiramnya saja.

Setelah dirasa sudah besih dan tidak ada lagi kotoran yang melekat pada busi, selanjutnya adalah mengelapnya menggunakan kain lembut. Atau bisa juga dengan menyemprotnya dengan angin yang dihasilkan kompresor.