Tlp SekarangWA Sekarang
Bahaya Motor Injeksi Kehabisan Bensin Akan Berakibat Fatal

                                        Motor Injeksi via aripitstop.com

Motor injeksi merupakan salah satu bentuk motor dengan teknologi mesin injeksi yang lebih baru dibandingkan mesin karburator pendahulunya. Motor injeksi tersebut merupakan bentuk dari perkembangan teknologi yang terjadi pada dunia otomotif.

pengertian motor injeksi adalah motor dengan mesin yang memiliki sistem pencampuran bahan bakar dan udara pada saat proses pembakaran dengan mekanisme injeksi. Sistem injeksi merupakan sistem mesin motor sebagai penerus dari sistem karburator dengan kondisi yang lebih baik serta memiliki komponen yang berbeda.

Hasil pembakaran pada ruang pembakaran yang sempurna merupakan salah satu kelebihan dari sistem sepeda motor injeksi sehingga menjadikan berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia terbaru selalu dipasarkan dengan mesin injeksi. Walaupun memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan motor bermesin karburator namun tetap saja ada beberapa kelemahan motor injeksi honda, yamaha, suzuki, dan merek lainnya, diantaranya yaitu :

  • Sangat bergantung kepada perangkat kelistrikan, apabila muncul permasalahan pada kelistrikan dari sepeda motor maka kondisi tersebut dapat menganggu kinerja ECM serta proses injeksi dan menyebabkan motor kurang bertenaga bahkan tidak dapat difungsikan dengan optimal.
  • Memiliki harga yang relatif mahal,injeksi merupakan teknologi terbaru yang lahir dari sebuah penelitian yang panjang sehingga jelas harga motor injeksi akan lebih mahal dibandingkan jenis motor lainnya.
  • Kurang cocok untuk dimodifikasikomponen motor yang rumit dan sangat bergantung pada sistem kelistrikan menjadikanya sangat sulit untuk dimodifikasi.
  • Spare part yang mahalbukan hanya harga keseluruhan motor injeksinya yang mahal namun spare part dari motor tersebut juga lebih mahal dibandingkan dengan spare part pada sepeda motor bermesin karburator.
  • Mudah rusak jika bahan bakan jelek atau sering kehabisan,bahan bakar bagi motor injeksi harus diperhatikan kualitasnya serta tidak boleh sering mengalami kehabisan bahan bakar karena dapat berpengaruh pada kinerja dari fuel pump terutama pada sistem injeksi motor yang lama.

Berkaitan pada kelemahan diatas yang berhubungan dengan bahan bakar. Bensin yang terdapat dalam motor injeksi tidak boleh habis karena dapat menimbulkan beberapa bahaya yang berakibat fatal berupa masalah teknis tertentu, diantaranya yaitu :

          1. Sulit untuk dihidupkan kembali

Efek samping motor injeksi kehabisan bensin yang pertama adalah kondisi motor yang akan menjadi sulit dihidupkan kembali walaupun sudah diisi dengan bahan bakar. Keadaan ini terjadi karena adanya gangguan atau sumbatan pada pompa bensin yang disebabkan oleh adanya kotoran pada tangki bensin yang terhisap kedalam ketika tangki dalam keadaan kosong. Jika motor menjadi sulit untuk dihidupkan kembali maka ada bebera cara yang dapat mengatasi melalui langkah berikut ini.

  • Isi bensin hingga tiga per empat dari kapasitas tangki bensin
  • Posisikan sepeda motor dengan posisi standar tengah dan diamkan beberapa saat selama kurang lebih 5 menit.
  • Nyalakan sepeda motor seperti biasa, jika tidak bisa menyala dengan starter elektrik maka gunakan starter manual.

    2. Kerusakan pompa bensin

Sistem motor injeksi membutuhkan pompa bensin yang berfungsi untuk menyalurkan bensin kedalam ruang pembakaran dari tangki bensin. Pompa bensin terdiri dari komponen utama berupa dinamo yang membutuhkan proses pendinginan dari bahan bakar sepeda motor. Jika sepeda motor injeksi sering kehabisan bensin maka kinerja pompa akan lebih berat karena tidak ada proses pendinginan yang terjadi. Kinerja yang berat serta adanya kotoran yang dapat berkembang menjadi kerak karat dapat menjadi penyebab kerusakan pompa bensin sepeda motor injeksi.

         3. Menimbulkan kondisi yang tidak nyaman pada pengendara

Efek samping motor injeksi kehabisan bensin yang paling jelas adalah kondisi motor yang tidak dapat digunakan sehingga menjadikan pengendara harus mendorong motor tersebut sampai menemukan tempat yang menjual bahan bakar untuk mengisikannya kembali kedalam tangki motor injeksi supaya dapat digunakan kembali. Kondisi tersebut seringkali merepotkan pengendara dan juga menimbulkan keadaan yang kurang nyaman bagi pengendaranya.

         4. Mesin menjadi mogok sesaat

Akibat yang terjadi dan paling akan dirasakan langsung ketika sepeda motor injeksi kehabisan bahan bakar adalah kondisi mesin yang akan mengalami mogok sesaat akibat tidak adanya bahan bakar ke dalam ruang pembakaran sehingga tidak akan menghasilkan tenaga yang dibutuhkan kendaraan motor tersebut.

Beberapa efek samping motor injeksi mengalami kondisi kehabisan bahan bakar diatas merupakan efek samping yang akan muncul terutama pada sepeda motor injeksi dengan sistem lama. Namun jika sepeda motor injeksi yang kehabisan bahan bakar tersebut merupakan sistem injeksi terbaru maka kemungkinan untuk mendapatkan efek samping tersebut secara langusung sangat kecil pelangnya.

Sistem motor injeksi terbaru memiliki mekanisme tersendiri ketika sepeda motor kehabisan bahan bakar. Jika dalam suatu kondisi, motor injeksi mengalami kehabisan bahan bakar maka tekanan di fuel pump juga akan menurun sehingga kerusakan dapat diminimalisir untuk terjadi. Namun tetap saja jika kondisi kehabisan bahan bakar ini terjadi setiap hari dapat menyebabkan terjadinya kerusakan beberapa komponen lainnya.

Di kutip dari berbagai sumber.