Tlp SekarangWA Sekarang
Rantai Motor Terlalu Kencang

Rantai Motor via grindoto.com

GADAIBPKBMOBIL.COM – Akibat rantai motor terlalu kencang ternyata cukup membahayakan apalagi kenyamanan menjadi hal yang paling utama. Terutama bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda dua yang masih menggunakan rantai.

Maka Anda harus rutin dan rajin untuk selalu mengecek kondisi rantai agar selalu terjaga performa yang baik. Melakukan perawatan dan pengecekan rantai motor secara rutin adalah hal yang penting yang di lakukan setiap pengemudi.

Rantai terlalu kencang padahal sangat berbahaya namun beberapa pengendara yang mengetahuinya hanya cuek saja padahal sangat berbahaya dan bisa membuat kecelakaan.

Nah simak saja berikut :

Akibat Rantai Terlalu Kencang

Jika Anda merasa setelan rantai tidak sesuai dengan standartnya Anda bisa melakukan penyetelan rantai motor di bengkel resmi. Di bawah ini beberapa akibat karena rantai motor terlalu kencang :

Tenaga Mesin Menurun

Yang pertama adalah urusan performa, jika rantai terlalu kencang maka tenaga motor akan berkurang dan bisa kehilangan tenaga. Karena hal tersebut akan menambah gesekan dan juga beban mesin, bahkan sudah dibuktikan sendiri di dyno test di salah satu motor balapnya.

Rantai Cepat Putus

Jika rantai terlalu kencang maka gesekan pada rantai akan bertambah, dan jika ditambah lagi dengan beban bawaan dari motor (misalkan berboncengan) maka bukan tidak mungkin rantai putus pada saat itu juga karena adanya tekanan yang menarik rantai.

Jadi hal ini cukup fatal apabila dibiarkan Anda harus segera mungkin bisa menyetel rantai kendaraan Anda agar Anda bisa nyaman dalam berkendara.

Sebenarnya bukanlah hal sulit untuk bisa melihat rantai terlalu kencang ataupun tidak, Anda hanya perlu menggunakan standart tengah motor Anda kemudian Anda bisa menggerakan rantai motor Anda keatas dan kebawah.

Jika kondisinya normal maka rantai bisa bergerak ke atas dan kebawah berkisar antara 2-3 centimeter. Namun jika kurang dari itu maka rantai terlalu kencang, atau mungkin lebih dari itu berarti rantai harus bisa dikencangkan kembali.

Anda juga bisa menghindari akibat rantai terlalu kencang yang kami sebutkan diatas jika Anda bisa mulai menyetel rantai motor Anda sendiri. Anda bisa melihat buku panduan untuk mengetahui berapa ukuran yang tepat dalam penyetelan rantai motor Anda.

(Dikutip dari berbagai sumber. Gambar: grindoto.com)