Tlp SekarangWA Sekarang
5 Tips dan Cara Mudah Merawat Motor di Musim Hujan

Motor Kehujanan via viva.co.id

Hujan memang tidak akan pernah berhenti kalau memang belum waktunya. Di kawasan indonesia sendiri sering sekali tertimba bajir,akibat curah hujan yang tinggi . Bagi pemiliki kendaraan , hujan adalah saat dimana anda harus melakukan perawatan extra terhadap kendaraannya kenapa ?, karena air hujan sendiri mengandung asam yang bisa menyebabkan cat kendaraan motor luntur.

Untuk itu anda sebagai pemilik kendaraan sepda motor , perawatan yang tepat saat musim hujan sangat penting agar motor anda selalu dalam performance yang baik. Nah ada beberapa tips merawat motor di musim hujan, yuk cek saja :

1. Cuci Motor

Melakukan cuci Motor jika motor anda terkena hujan, kenapa kita harus mencuci motor…? sebelumnya sudah sudah saya jelaskan bahwa air hujan itu memiliki kandungan zat asam yang bisa menyebabkan kerusakan pada cat motor. Maka dari itu cucilah motor anda apa bila terkena air hujan.

Walaupun tidak ada waktu coba untuk upayakan untuk menyempatkan mencuci motor walaupun hanya sekedar mengguyur seluruh body dan bagian bagian penting lainya. Melakukan cuci motor dengan menggunakan air biasa bukan air hujan akan mencegah timbulnya karat.

2. Penambahan Tekanan Ban 

Hujan di jalanan akan mengakibatkan genangan air, ada baiknya setelah anda menerobos genangan air hujan besoknya periksa tekanan udara yang ada dalam ban tersebut,anda bisa menekan menggunakan jempol tangan apakah tekanan udaranya masih atau perlu di tambah.

Masalahnya jika tekanan ban kurang maka akan menyebabkan permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak. akibatnya tarikan motor menjadi berat dan justru akan mempercepat ban motor menjadi tips atau gundul.

3. Kanvas Rem dan Piston Cakram Rem

Seperti yang kita ketahui bahwasannya kanvas rem itu terbuat dari bahan asbes yang bila terkena air maka akan menggelembung dan mengeras pada saat sudah kering. Oleh sebab itu saat anda selesai mencuci motor ada baiknya anda menginjak pedal rem dengan tujuan agar kanvas kering. Jika tidak maka rem motro anda akan menjadi keras saat pedal rem di injak.

Sementara pada bagian rem cakram, perawatan yang anda lakukan cukup mudah yaitu dengan membersihkan komponen yang ada pada bagian rem cakram (misalnya disk cakram) .Pasalnya rem cakram bersifat terbuka dan ketika anda melibas genangan airu maka kotoran akan menempel pada bagian disk cakram

4. Knalpot 

Kotoran air hujan biasanya bukan hanya menempel pada bagian body, spakbor tapi juga menempel pada bagian dalam leher knalpot. Oleh sebab itu baiknya anda juga membersihkan bagian yang satu ini agar sistem pembuangan pada motro tetap berfungsi dengan sempurna.

Terus bagaimana caranya..? caranya cukup mudah anda bisa keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpot. Semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease. Nah jika sudah anda bisa pasang kembali dan panaskan kembali motor yang memakan waktu kurang lebih 5 menit.

5. Kabel Body

Jika motor anda memiliki body terbuka pastikan bahwa kabel yang terhubung tidak terkena air alias kering. karena apa bila pada bagian socket atau kabel terkena air akan menyebabkan kongslet sehingga bisa merusak komponen motor yang lainya.