Tlp SekarangWA Sekarang
3 Tujuan Tune Up Mobil Yang Dilakukan Rutin

Tune Up via kudamas.com

Bagi anda pemilik mobil,  tentu sudah menjadi kewajiban untuk merawat mobil dengan rutin sehingga peforma mobil tetap maksimal setiap akan digunakan. Salah satu cara merawatnya ialah dengan cara tune up secara rutin. Apa sih tune up itu ?.

Pengertian Tune Up Mobil

Berdasarkan kata dapat diartikan jika tune: menyetel dan up: atas. Jika digabungkan maka tune up merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan, terkaita pemeriksaan, penyetelan, pengukuran, perawatan, dan penggantian komponen-komponen yang ada di dalam mobil.

Tujuan Tune Up Mobil

Tujuan umum dari dilakukannya tune up mobil adalah agar peforma mesin bisa tetap maksimal. Selain itu ada beberapa tujuan lainnya yang dilakukan dalam proses tune up mobil, antara lain adalah:

  • Memaksimalkan peforma mesin agar tetap optimal
  • Menghindari resiko kerusakan yang lebih parah
  • Memastikan kondisi dari komponen dan semua sistem baik sesuai dengan ada yang di buku manual

Jika dilakukan secara rutin, maka fungsi tune up ini nantinya peforma mobil menjadi lebih baik lagi seperti mobil baru. Selain  itutujuan tune up dilakukan agar menjadi mesin tetap awet digunakan dan terhindari dari resiko kerusakan yang lebih parah lagi.

Umumnya, tune up ini dilakukan setiap mobil menempuh jarak 10.000 km atau jika anda melihat tanda tanda mobil membutuhkan tune up. Proses tune up ini biasanya dilakukan pada bagian mesin saja dan tidak sampai pada bagian daya kelistrikan, pemindah daya, dan chasis.

Nah itu saja yang dapat saya sampaikan tentang tujuan tune up pada mobil, rawatlah kendaraan anda agar mengemudi menjadi aman dan nyaman. Sekian terima kasih.