Tlp SekarangWA Sekarang
Tujuan & Manfaat Tune Up Mobil

Tune UP Mobil via rj-motor.com

GADAIBPKBMOBIL.COM, Tune-up mobil biasanya dilakukan secara rutin, mungkin berdasarkan periode waktu (bulan) atau berdasarkan jarak tempuh.

Namun, pada umumnya mobil di Tune Up setiap 10.000 km, tergantung bengkel nya juga sih mematok berapa. Tune Up ini hanya berada di lingkup bagian mesin saja, jadi tidak sampai ke bagian chasis, pemindah daya atau kelistrikan.

Berdasarkan kata-nya dapat kita artikan, tune berarti menyetel, mengatur. Sedangkan Up berarti ke atas. Kemudian pengertian secara umum dan menggabungkan dari asal katanya, dapat kita artikan bahwa Tune Up adalah suatu pekerjaan yang biasanya dilakukan secara rutin dan dapat berupa pemeriksaan, pengukuran, penyetelan, perawatan sampai penggantian komponen jika diperlukan, berada pada lingkup bagian mesin saja, serta bertujuan memaksimalkan (up) performa mesin.

Tujuan dan Fungsi Tune Up Mobil

Tujuan utama dari tune up adalah untuk memaksimalkan performa mesin. Mungkin antara fungsi dan tujuan hampir sama, sehingga hal ini dapat di simpulkan menjadi beberapa elemen tentang tujuan, manfaat dan fungsi dari Tune up yaitu untuk :

  1. Memaksimalkan performa mesin.
  2. Menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah, kerusakan ketika dijalan atau terjadi macet.
  3. Memastikan semua sistem dan komponen berada pada kondisi yang baik dan sesuai dengan spesifikasi yang terdapat pada buku manual.

Manfaat dari Tune Up antara lain adalah performanya lebih baik,  jika dilakukan perawatan rutin maka komponen mesin akan lebih awet dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

Beberapa pekerjaan saat tune up diantaranya yaitu :

  • Pemeriksaan sistem pendingin
  • Pemeriksaan sistem pelumasan
  • Pemeriksaan sistem bahan bakar
  • Pemeriksaan sistem pengapian
  • Penyetelan katup
  • dan seterusnya

(Diedit oleh Timothy Fathi; dikutip dari berbagai sumber. Gambar: rj-motor.com)

marketing officer

0823 1212 7755 (Call Center)

Butuh Dana? Punya BPKB? Ketik pesan SMS seperti format dibawah ini atau hubungi via telepon, FAST RESPONSE. Dalam 5-10 menit kami akan segera menghitung detail simulasi pinjaman, angsuran, masa tenor dan lain-lain. Apabila data lengkap, akan kami jemput sekaligus SURVEY (No Tipping!). Proses maks 1 HARI (data lengkap). Melayani seluruh Indonesia. NO BI CHECKING.

Ketik: Nama/No. HP Anda/MEREK MOBIL-TIPE-MT-AT/Tahun Kendaraan/Domisili

Contoh: Krisna/082312494977/Toyota Innova G 2.0 AT Bensin 2012/Surabaya  KIRIM ke: 0823 1212 7755