Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Mudah Merawat Mobil Tanpa Harus Ke Bengkel

Merawat Mobil Via deltalube.com

Berikut ini merupakan tips sederhana yang tidak mengharuskan anda mempunyai skill seperti mekanik profesional.  minimal anda sebagai pemilik kendaraan dapat melakukan perawatan sendiri untuk mejaga mobil anda selalu dalam kondisi prima.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  • Roda Dan Ban

Lakukan Rotasi Ban, Lakukan rotasi ban setiap 10.000 km untuk mendapatkan keausan ban yang merata. Bersihkan debu kanvas rem secara teratur, Debu pada kanvas rem mengandung material yang merusak, jika debu kanvas rem menempel terlalu lama dan bercampur dengan kotoran dari jalanan, air dan panas yang berasal dari rem dapat menimbulkan noda yang sulit dihilangkan pada velg.
Cara paling mudah untuk menghilangkan debu kanvas rem yang menempel yaitu dengan menggunakan busa dan air.
  • Periksa Tekanan Angin Ban

Periksa tekanan angin ban secara berkala ( idealnya 1 kali seminggu ). Tekanan angin pada ban yang kurang akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros dan mengurangi kenyamanan dan pengendalian saat berkendara.
Pekerjaan ini tentu sangat mudah untuk dilakukan , dan hal ini juga  dapat memberikan dampak besar bagi kenyamanan berkendara anda, jadi tidak ada alasan bagi anda untuk tidak melakukannya.
  • Periksa Ketebalan Tapak Ban

Ban yang botak hanya dapat digunakan pada lintasan balap, namun untuk pemakaian harian hal tersebut tentu sangat berbahaya. Kebanyakan ban mempunyai Thread Wear Indicator  untuk memberi tanda bahwa alur tapak ban sudah tipis dan harus diganti. Bagi sebagian orang mungkinHarga mengganti 4 buah ban terasa berat, namun harga tersebut tidak sebanding dengan resiko kecelakaan yang dapat terjadi akibat ban pecah.
  • Mesin

Periksa kondisi Drive belt atau timing belt. Pada bagian depan mesin terdapat satu atau beberapa drive belt yang melingkari beberapa pulley untuk menggerakkan beberapa komponen seperti alternator, kompresor ac dll. Beberapa mesin ada yang menggunakan timing belt untuk menghubungkan antara crankshaft dan camshaft.
Drive belt dan timing belt terbuat dari bahan karet yang jika sudah terlalu lama terkena panas dan bekerja dengan beban yang berat bisa saja terputus, maka untuk memastikan drive belt dan timing belt wajib anda periksa dan diganti secara berkala.
Berikan perhatian khusus pada timing belt sebab jika timing belt putus saat mobil sedang berjalan, biasanya akan mengakibatkan kerusakan pada komponen bagian dalam mesin. Gantilah timing belt sesuai dengan waktu yang direkomendasikan pabrikan, walaupun saat kita periksa secara fisik masih terlihat bagus. Waktu penggantian timing belt biasanya sekitar 80.000 – 100.000 km.
  • Periksa Oli Mesin

Hal ini bisa dilakukan oleh setiap orang, cukup dengan mencabut dipstick oli dan melihat ketinggian oli maka dapat diketahui apakah oli mesin perlu ditambah atau tidak. Volume oli mesin yang terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat menimbulkan masalah pada bagian mesin.
Untuk memeriksa volume oli mesin maka harus dilakukan dengan kondisi mobil diparkir pada permukaan yang rata dan tunggu beberapa menit jika mesin habis dihidupkan, supaya semua oli terkumpul di karter oli. Tarik dipstick oli, kemudian lap dengan kain lap, dan masukkan kembali dipstick oli kedalam lubangnya sampai mentok.
Tunggu beberapa saat lalu kemudian tarik kembali dipstick oli. Periksa ketinggian oli mesin, jika oli mesin berada diantara batas FULL dan EMPTY berarti oli mesin cukup. Jika oli berada dibawah batas EMPTY maka tambahkanlah oli mesin. Tanda batas FULL dan Empty pada dipstick biasanya berupa titik atau huruf H  untuk High dan L untuk Low.
  • Periksa Air Radiator

Hal ini juga pekerjaan mudah yang dapat dilakukan oleh siapapun. Mesin tidak boleh berjalan jika di dalamnya tidak terdapat air radiator. Lokasi reservoir tank air radiator untuk setiap mobil berbeda-beda. Jika anda ingin mengetahui secara ditel coba lihat petunjuk pada buku owner manual untuk mengetahui posisi pasti reservoir tank mobil anda.
Biasanya reservoir tank dipasang pada bagian samping ruang mesin atau di dekat radiator dan berupa tabung plastik  transparan. Tunggu sampai mesin dalam keadaan dingin sebelum memeriksa volume air radiator. Pada tabung reservoir biasanya terdapat tanda tulisan High dan low.
Pastikan ketinggian air radiator berada diantara batas tersebut. Jangan membuka tutup radiator saat masih dalam keadaan panas. Air panas yang bertekanan tinggi dapat mengenai wajah atau tubuh anda.
  • Bahan Bakar

Apakah menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi dapat menambah tenaga mesin dan lebih irit bahan bakar? Tidak, Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Mobil-mobil sport atau mobil performa tinggi mempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi yang dapat menghasilkan tenaga lebih besar namun membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi untuk mencegah terjadinya knocking.
Hal tersebutlah yang biasa memunculkan mitos Semakin tinggi angka oktan artinya tenaga semakin besar. Sesuaikan jenis bahan bakar dengan perbandingan kompresi mesin mobil anda. Apabila di owner manual mengatakan gunakan oktan rendah maka gunakanlah oktan rendah.
  • Body Dan Cat

Jaga permukaan body dan cat selalu berkilau, Gunakanlah bahan perawatan body dan cat yang berkualitas untuk menjaga kondisi bagian interior dan eksterior mobil anda selalu seperti baru, dipasaran banyak beredar bahan- bahan untuk menjaga body dan cat mobil yang terus berkembang, bahan-bahan compound dan poles yang berkaulitas dapat menjaga kualitas dan kemilau cat dalam jangka waktu yang lama.
Dulu Banyak orang enggan memoles kendaraannya karena biasanya  bahan – bahan poles yang murahan justru akan meninggalkan bercak warna putih pada cat, namun sebagai contoh jika anda memarkir kendaraan dibawah pohon dan kejatuhan kotoran burung atau buah yang busuk, kotoran tersebut akan lebih mudah dihilangkan pada mobil yang dilapisi poles.
  • Kelistrikan

Melepas dan memasang kabel terminal baterai. Ketika ingin melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan mobil, maka sangat disarankan untuk melepaskan kabel baterai terlebih dahulu. Pertama-tama lepaskan dahulu terminal negatif baterai, dan pinggirkan kabel tersebut,lalu kemudian baru lepaskan terminal positif baterai agar baterai dapat dilepaskan.
Kenapa harus terminal negative dahulu yang harus dilepas? Jika yang dilepaskan adalah terminal positif terlebih dahulu, maka terminal negatif masih terhubung keseluruh bady mobil, dikhawatirkan nanti pada saat melepas terminal positif alat dari logam yang digunakan tanpa sengaja menyentuh bagian body mobil sehingga dapat mengakibatkan korslet.
  • Memasang Terminal Baterai.

Ketika hendak memasang terminal baterai maka lakukan kebalikan dari langkah melepas. Pasanglah terlebih dahulu terminal posistif baru kemudian terminal negative. Pastikan kabel-kabel terminal baterai terpasang dengan benar dan kuat. Periksa kondisi terminal baterai, Baterai yang digunakan pada mobil merupakan baterai 12 Volt.
Apabila terminal baterai kendor atau kotor maka arus listrik tidak dapat mengalir secara maksimal sehingga hal ini akan mengganggu kinerja dari peralatak kelistrikan mobil. Lepaskan terminal baterai kemudian bersihkan kepala baterai dengan menggunakan sikat kawat sampai terlihat mengkilap dan kemudian pasang kembali.
  • Lampu – lampu 

Salah satu indikator lampu sein berkedip lebih cepat, Ketika akan berbelok dan menyalakan lampu sein, indikator lampu sein berkedip lebih cepat. Hal itu mengindikasikan bahwa salah satu lampu sein ada yang mati. Gantilah lampu sein sesuai dengan standard yang tertulis pada buku owner manual, bentuk bohlam dan watt yang digunakan tiap-tiap mobil tentu berbeda-beda.
JANGAN MENYENTUH KACA BOHLAM SAAT MENGGANTI LAMPU BESAR, Kebanyakan mobil kini  menggunakan bohlam untuk lampu depan yang berisi halogen dan mempunyai lapisan khusus pada bagian kaca bohlam.
Jika bagian kaca tersebut dipegang secara langsung menggunakan tangan, maka akan meninggalkan lapisan keringat atau minyak yang akan membuat bagian tersebut  menjadi sangat panas saat lampu dinyalakan sehingga bohlam akan cepat putus.
Saat akan mengganti atau memasang bohlam peganglah bagian bawah bohlam yang terbuat dari logam, atau jika ingin memegang bagian kaca bohlam gunakan lah sarung tangan karet atau sarung tangan kerja yang bersih.
Dari Berbagai Sumber