Tlp SekarangWA Sekarang

 

Tips mudah mengatasi Aki Tekor Saat Di Perjalanan

Aki Mobil Via news.ralali.com

Anda sering bepergian dengan menggunakan kendaraan roda empat ?

Ada baiknya sebelum berangkat anda mengecek dahulu kendaraan anda, cara  mudah yang bisa dilihat dengan kasat mata seperti kondisi ban, lampu, kekuatan Accu/aki dll. Semua itu untuk menghindari hal-hal yag tidak diinginkan dan untuk keamanan dan kenyamanan anda selama berkendara. Accu/aki, benda yang ini perlu perhatian lebih, rawatlah agar dapat digunakan selama mungkin, Periksalah air aki sebulan sekali jika terlihat kurang segera tambah dengan air yang botolnya ditandai dengan tutup berwarna biru.

Bagaimana jika accu sudah terlanjur soak atau lemah hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab diantaranya kurangnya perawatan atau karena memang usia pakai aki tersebut memang sudah seharusnya diganti dengan yang baru. Aki Mobil bisa saja tekor kapan dan dimanapun.

Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan apabila aki mobil anda tekor :

Aki Tekor di Perjalanan

  • Dengan mendorong mobil.
  • Menginjak kopling mobil dan memasukkan tuas transmisi 2
  • Dorong mobil sejauh 5 meter jika dalam keadaan rata, Jika dalam keadaan menurun tidak perlu di dorong sejauh itu.
  • Lepas pedal kopling hingga mobil hidup.
Tips di atas dapat anda praktekan jika Aki mobil yang anda kendarai tekor sampai 8 Volt. Namun jika tegangan aki sudah habis dan dengan adanya tanda lampu indikator yang tidak menyala atau bisa di bilang redup yang berada di dashboard maka dengan cara mendorong mobil seperti yang dijelaskan  di atas kemungkinan besar  bisa menghidupkan mesin mobil anda, terutama jika yang anda gunakan adalah mesin injeksi.
Jika mobil anda sudah hidup maka daiamkan terlebih dahulu agar aki mobil bisa terisi dengan setrum yang disalurkan oleh Alternator, kemungkinan lamanya hanya sekitar 15 sampai 25 menit, Untuk hal ini anda harus perhatikan lampu di dashboard apakah nyala atau mati ketika mesin masih hidup. Jika lampu aki di dashboard menyala di saat mesin hidup maka periksalah pada bagian alternator atau dinamo mobil.
Jika sudah selama 15 menit mobil di hidupkan dan lampu pada aki di dashboard sudah tidak menyala saat mesin mobil hidup maka mesin sudah bisa di matikan. Cobalah anda  menghidupkan kembali dengan cara di stater untuk menguji aki mobil anda apakah masih menyimpan setrum atau tidak. Aki bisa saja tekor jika sedang di gunakan dalam perjalanan jauh atau dekat, karena salah satu akibatnya adalah kerusakan dinamo isi sehingga pengisisan aki tidak bisa maksimal saat mesin mobil di hidupkan.

Aki Tekor Terus Menerus

  • Melihat volume aki masih berada di lower atau upper. Karena bisa disebabkan salah satu sel aki kering atau aki basah berada di bawah garis lower.
  • Kekeringan air aki, maka tambah kan air aki kemudian di charger accu.
  • Memeriksa tegangan pada pengisian dari alternator yang dilakukan pada saat mesin mobil masih dalam keadaan hidup.
Dari Berbagai Sumber