Tlp SekarangWA Sekarang

 

Tips Mudah Jumper Aki Mobil

Jumper Aki Via otomotif-sae576.blogspot.co.id

Jumper aki mobil merupakan cara yang sedang banyak dicari oleh banyak orang saat ini. Hal ini karena disebabkan banyaknya orang yang mengalami mogok. Apabila Anda juga termasuk orang yang pernah mengalami hal tersebut, sebaiknya menyimak penjelasannya di bawah ini.

Aki mobil bukanlah hal yang asing lagi bagi kita, terutama bagi para pecinta otomotif pasti sering sekali mendengar kata aki.  Aki mobil biasanya digunakan pada kendaraan bermesin Diesel ataupun bensin. Aki mobil juga memiliki fungsi sebagai sumber arus listrik pada mobil.

Serta digunakan juga sebagai baterai yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan energi listrik pada saat terjadi proses pengisian. Aki mobil merupakan komponen yang sangat penting bagi mobil, karena aki mobil bertugas untuk menyediakan energi yang memutar dinamo starter kemudian menjalankan siklus mesin.

Selain itu aki adalah sumber baterai pada mobil yang menjadi pusat untuk menyalakan komponen-komponen mobil lainnya. Seperti lampu mobil, starter, serta sistem elektrik mobil. Aki mobil memiliki berbagai macam jenis. Masing-masing jenis yang dimiliki aki mobil terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk mengetahuinya.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  • Aki basah

     

Aki basah merupakan jenis aki yang paling banyak ditemui di pasaran dan paling banyak dijual. Aki ini memiliki kelebihan yaitu dengan harganya yang lebih murah dan bisa digunakan berulang kali.
  • Aki kalsium

 Jenis aki ini hampir memiliki mirip dengan aki basah akan tetapi yang membedakannya adalah aki ini mempunyai kutub baterai yang terbuat dari bahan kalsium. Kelebihan dari aki ini yaitu memiliki kemampuan listrik yang lebih baik jika dibandingkan dengan aki basah dalam hal penyimpanan listrik.
  • Aki hybrid pada mobil

Aki hybrid. Aki ini merupakan penggabungan dari aki basah dan aki kalsium. Perbedaan yang paling mencolok yang dimiliki oleh aki ini yaitu adanya kutub baterai yang positif yang menggunakan bahan low antimonial seperti aki basah, serta penggunaan bahan kalsium untuk kutub negatif. Kelebihan aki ini yaitu memiliki usia penggunaan yang lebih lama serta lebih awet.
  • Aki kering atau maintenance free

Aki yang berjenis MF (Maintenance Free). Aki Mf merupakan istilah untuk aki kering. Kelebihan dari aki ini adalah bebas perawatan dan tidak perlu menggunakan cairan pengganti karena penguapan yang terjadi dalam sel aki sangatlah sedikit.
  • Aki gel

Aki ini merupakan aki yang menggunakan teknologi terbaru yang menggunakan  gel sebagai cairan pengganti elektrolitnya. Aki ini memiliki kelebihan yang sama dengan aki kering (MF), yaitu bebas perawatan serta lebih awet dan tahan lama.
Selain itu jenis aki yang satu ini merupakan jenis aki yang paling ramah lingkungan, karena menggunakan gel sebagai cairan penggantinya. Kendaraan mobil Anda pasti menggunakan salah satu dari aki tersebut. akan tetapi aki juga sama dengan komponen lainnya bisa mengalami kerusakan tidak jarang mengalami kerusakan seperti soak.
Jika hal tersebut terjadi maka akan berimbas pada kendaraan mobil , yaitu seperti ngadat ataupun mogok. Hal ini tentu saja sangat menyebalkan sekaligus menyusahkan. Terlebih lagi jika Anda sedang dalam perjalanan jauh. Untuk mengatasi akinya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda.
Cara yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang untuk mengatasi aki yang rusak atau soak yaitu dengan melakukan jumper aki. Untuk Anda yang ingin mengetahui informasi tersebut, Anda tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan rinciannya mengenai cara jumper aki mobil.
Untuk melakukan jumper pada aki mobil caranya tidak sembarangan. Terdapat langkah-langkah khusus yang bisa Anda praktekan.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  1. Cari Penyebabnya

Sebelum melakukan jumper, Sebaiknya Anda harus memastikan terlebih dahulu penyebab aki rusak atau soak tersebut. Aki mobil yang rusak atau soak memiliki penyebab yang berbeda-beda pada setiap kendaraan.
Cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan penyebab tersebut yaitu dengan cara menyalakan terlebih dahulu ampu. Jika lampu redup berarti aki mulai soak atau rusak, akan tetapi jika lampunya terang berarti tidak terdapat masalah apapun pada aki.
  1. Siapkan Jumper Dan Aki

Jika Anda sudah mengetahui penyebab dari aki mobil yang rusak atau soak. Anda harus menyiapkan aki yang bagus untuk mengganti aki yang rusak atau soak tersebut. Anda juga wajib menyiapkan jumper mobil yang baru atau menggunakan jumper mobil lain.
  1. Dekatkanlah Mobil Lain Untuk Jumper

Tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mendekatkan mobil lain, atau aki mobil lain yang digunakan untuk jumper. Agar semakin mudah, Anda bisa mendekatkan mobil yang akan dilakukan jumper dengan cara berhadapan. Pastikan kabel yang digunakan cukup, untuk menjangkau jarak dalam melakukan jumper aki dengan mobil lain.
  1. Hubungkan Kedua Kutub Pada Aki Mobil

Untuk melakukannya cara ini sangat disarankan sekali bagi anda, untuk mengenakan sarung tangan karet agar Anda terhindar dari bahaya setrum yang bisa ditimbulkan oleh aki. Kutub positif pada aki mobil diberi warna merah, sedangkan untuk negatif diberi warna hitam.
Kemudian Anda harus memasang kabel warna merah untuk aki positif dan kabel warna hitam untuk aki negatif. Jika hal di atas telah dilakukan selanjutnya adalah menunggu aki tersebut sebelum menyalakan mobil.
Tunggulah sampai setrum aki benar-benar habis. Selain itu sebelum melakukan starter pada mobil sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu apakah ada kabel yang menjuntai pada bagian mesin yang berputar.
  1. Hidupkan Mobil
Hidupkanlah mobil secara perlahan hingga mesin mobil hidup kembali. Hidupkanlah mobil selama 1-2 menit. Jika tidak berhasil Anda harus mengecek langkah-langkah di atas apakah sudah benar atau tidak. Anda juga bisa mengulangi langkah tersebut dari awal.
Dari Berbagai Sumber