Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Merawat Wiper Mobil yang Benar dengan 7 Cara

Wiper Mobil via otomart.id

Anda yang memiliki kendaraan mobil pastinya sudah tidak asing lagi dengan bagian mobil yang satu ini ya yaitu “Wiper“. Seperti yang sudah kita ketahui bersama,wiper merupakan bagian dari mobil yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil anda. Khususnya bagian depan,baik membersihkan dari debu maupun kotoran lainnya.

Dan yang paling penting lagi,wiper ini sangat anda butuhkan jika anda mengemudi mobil dalam keadaan hujan. Ketika cuaca sedang hujan,maka wiper inilah yang sangat berfungsi untuk membersihkan kaca mobil anda dari aliran air akibat hujan,juga kabut dari uap hujan itu sendiri. Kebayangkan anda  jika wiper mobil anda rusak,maka sudah jelas penglihatan anda juga akan burem pada saat mengemudi mobil karena keadaan hujan.

Tips Mengurus Wiper Mobil

Salah satu perbedaan atau masalah yang sering terjadi pada wiper mobil adalah bunyi yang sangat melengking dan tentunya sangat menggangu pendengaran anda. Hal ini terjadi terutama pada saat musim yang tidak menentu,seperti cuaca yang mudah berubah dari panas ke dingin atau dari hujan ke kemarau ataupun sebaliknya.

1.Proses Pengecekan

Cara mengurus wiper mobil yang pertama adalah proses pengecekan. Langkah pertama,sebaiknya anda langsung mengecek keadaan karet wiper anda terlebih dahulu,jika anda menemukan keadaan karet wiper yang retak atau sudah rusak,maka disarankan sebaiknya anda melakukan penggantian karet wiper mobil anda,hal ini untuk menjaga penampilan wiper supaya dapat berfungsi maksimal.

2.Proses Pembersihan

Cara mrngurus wiper mobil selanjutnya yaitu membersihkannya. Apabila anda melakukan pembersihan wiper mobil anda,jangan sekali – sekali anda mengelap pada pinggiran karet wiper,karena pada posisi itulah terdapat bagian lapisan kimia yang berfungsi untuk menjaga kelenturan karet wiper tersebut.

Saat anda melakukan pembersihan pada wiper mobil,maka sebaiknya anda memasang stand supaya karet tidak menempel pada kaca mobil anda.

3.Perhatikan Poros Wiper

Bagian poros wiper yang haus akan mengakibatkan perputaran wiper menjadi kurang maksimal. Atasi hal ini dengan menyemprotkan cairan pelumas pada poros wiper secara teratur. Dengan melakukan hal ini maka wiper anda akan bekerja dengan maksimal sebagaimana mestinya.

4.Perhatikan Semprotan Air Wiper

Cara mengurus wiper mobil berikutnya adalah dengan memperhatikan bagian semprotan air wiper. Selain karet wiper yang anda perhartikan tadi,jangan lupa juga untuk memperhatikan atau mengecek keadaan semprotan air wiper anda. Pastikan air semprotan wiper mobil anda selalu lancar dan pastikan arah semprotannya sesuai dengan yang anda inginkan.

5.Penggunaan Cairan Khusus

Dalam menggunakan cairan khusus pembersih wiper tersebut jangan lupa untuk membaca terlebih dahulu petunjuk atau “cara pemakaiannya”. Lakukan pembersihan wiper dengan cara  mencampurkan cairan wiper yang sudah anda sediakan dengan air bersih kedalam wadah yang akan anda gunakan untuk membersihkan wiper mobil anda tersebut.

Jika dalam keadaan mobil anda parkir,sebaiknya jangan lupa untuk merenggakan karet wiper mobil anda dari kaca. Hal ini fungsinya untuk mengurangi kelembapan dari dari keret wiper anda,supaya tentunya lebih awet.

6.Periksalah Air Wiper Secara Teratur

Lakukan pengecekan rutin terhadap keadaan air wiper anda. Jangan sampai ditemukan dalam keadaan yang kosong. Hal ini untuk memperkirakan jika kaca mobil anda kotor dan buram dan memerlukan air wiper untuk menyapunya sehingga dalam keadaan yang normal.

Setelah melakukan semua hal diatas, tentunya tidak terlalu sulit. Anda hanya diminta supaya selalu rutin dan hati-hati untuk pengecekan wiper mobil anda,jika anda berniat apapun bisa anda lakukan.

7.Cek Masa Kelayakan Wiper

Masa hak pemakaian wiper memang salah satu hal yang tidak boleh anda lupakan. Kenali cici–ciri wiper yang sudah tidak pantas di pakai biasanya keras dan tidak fleksibel ketika sedang menyapu datau membersihkan kaca mobil anda.

Dari berbagai sumber..