Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Membersihkan Evaporator AC Mobil

Evaporator AC Via rotarybintaro.co.i

Air Conditioner atau AC merupakan salah satu komponen penting dalam mobil. AC dapat memberikan udara sejuk ketika cuaca mulai panas di luar mobil, sehingga memberikan anda rasa nyaman. AC juga dapat mengurangi kondensi yang diakibatkan hujan sehingga mengurangi bahkan menghilangkan embun pada kaca mobil.

AC memiliki beberapa bagian yaitu, kompresor AC, kondensor AC, receiver drier, evaporator, kontrol panel, heater unit dan berbagai komponen pendukung lain. Bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing, walau begitu antar bagian saling terhubung sehingga kinerja AC menjadi maksimal.

Salah satu bagian penting pada AC mobil merupakan evaporator. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu komponen AC tersebut.

  • Evaporator memiliki beberapa komponen yang saling berhubungan, yaitu cooling coil, blower, expansi valve, sensor thermostat dan box evaporator.

Proses penyaluran udara dingin dimulai dari cooling coil dan expansi valve kemudian ditiupkan oleh blower melalui kisi-kisi angin yang ada pada kabin mobil, suhu udara dingin selanjutnya diatur oleh sensor thermostat. Proses inilah yang membuat anda merasa sejuk saat berada di dalam mobil.

Langkah-langkah membersihkan evaporator AC mobil diantaranya  sebagai berikut :

  1. Siapkan Perlengkapan Yang Diperlukan

Alat dan bahan yang perlu anda siapkan sebelum mulai membersihkan evaporator adalah cairan pembersih evaporator AC mobil (anda bisa membeli cairan pembersih di pasaran), manual book jika anda belum tahu atau hafal cara membongkar filter mobil, kain lap atau kain pembersih.
  1. Temukan Filter AC Pada Mobilmu

Anda harus mematikan mobil dan menemukan lokasi filter jalur asupan udara AC. Kebanyakan pemilik mobil tidak mengetahui letak filter tersebut. Apabila anda kesulitan, anda bisa membaca buku manual kendaraan. Lokasi filter umumnya berada di sekitar atau di balik glove box.
  1. Buka Filter AC

Anda  perlu memperhatikan dengan cermat langkah dalam membuka filter tersebut, Krena jika anda tidak berhati-hati maka akan merusak komponen lainnya. Jika anda sudah membuka filter, angkat filter dan periksa keadaannya. anda wajib segera menggantinya apabila keadaan filter sudah sangat kotor.
  1. Spray Pembersih

Sebelum proses dimulai jangan lupa untuk memancing  kaleng spray beberapa kali. Sisipkan selang sprayer ke arah blower. Anda harus tahu bahwa penyisipan ini dilakukan agar foam dapat terarah sempurna pada blower.
  1. Nyalakan AC Mobil

Anda telah menempatkan spray pada posisi yang tepat dan siap disemprotkan ke blower, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menyalakan mesin mobil. Kemudian jangan lupa untuk menyalakan AC mobil.
  1. Setting AC Mobil

Atur AC pada suhu paling dingin atau pada tiupan blower paling kencang saat akan membersihkan evaporator AC. Setting ini juga berlaku pada mobil double blower. Anda juga harus membuka ventilasi AC dan juga jendela mobil anda.
  1. Semprotkan Cairan Pembersih

Ketika semua persiapan sudah dilakukan, pastikan posisi selang semprotan sprayer tidak berubah kemudian semprotkan cairan pembersih hingga habis. Cairan pembersih akan berbentuk seperti foam saat digunakan. Ketika anda menyemprotkan cairan pembersih dan keluar air dari dalam AC, anda tak perlu panik.
Tetap lakukan penyemprotan dan biarkan air yang keluar tersebut. Biarkan AC tetap menyala 10 hingga 15 menit setelah cairan pembersih habis. Selama 10 hingga 15 menit tersebut anda dapat membersihkan air yang keluar dari ventilator AC.
Kotoran yang menyumbat evaporator akan keluar bersamaan dengan air yang terbuang dari pipa AC di bawah mobil anda. Saat evaporator dibongkar, freon dalam sistem ac harus dikosongkan. Jika anda ingin mengisi freon anda perlu beberapa peralatan tambahan, seperti vacum untuk membuang udara, isi freon, manifold gauge dan oli kompresor.
Oli kompresor yang digunakan untuk melumasi kompresor AC mobil agar tidak mudah rusak.
Anda telah membersihkan evaporator AC mobil dan sekarang dalam keadaan bersih. Untuk selanjutnya anda wajib menjaga dan merawat evaporator AC dalam penggunaan sehari-hari.
  • Tips

  1. untuk merawat evaporator gunakan selalu AC mobil. AC mobil yang jarang digunakan akan membuat gas freon mengendap dan memuai, dan akan  membuat evaporator cepat keropos. Jika AC sering digunakan sirkulasi gas freon tidak akan mengendap sehingga evaporator bisa lebih bersih.
  2. jangan merokok di dalam kabin mobil. Asap rokok yang dihasilkan dapat mengakibatkan evaporator mengalami pengeroposan dan bisa menyebabkan kebocoran.
Dari Berbagai Sumber