Tlp SekarangWA Sekarang

 

Tips Benar Mengganti Busi Mobil

Busi Mobil Via mobilkeren.idTips Benar Mengganti Busi Mobil

Saat ingin melakukan penggantian busi, Sebaiknya anda mengikuti tips dibawah ini  khususnya jika anda akan mengganti busi mobil sendiri, karena jika dilakukan dengan tidak benar dapat  berakiba fatal pada mobil kesayangan anda. Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai Tips Benar Mengganti Busi Mobil.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  1. Gunakan Busi Standar Rekomendari Pabrikan 

Beberapa orang menganggap jika mengganti busi maka performa mesin akan meningkat. Memang benar, beberapa tipe busi bisa meningkatkan kinerja mesin. Tetapi peningkatan ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti campuran bensin dan timming pengapian mobil anda. Jika mesin anda masih standar bawaan pabrik Sebaiknya anda menggunakan busi standar rekomendasi pabrikan yany pastinya terjamin ke asliannya.
Mengapa ? karena tiap mesin memiliki spek yang beda dan tidak semua busi bisa klop atau sesuai dengan spek mesin itu. Namun jika anda tetap memaksakan mengganti dengan yang lain, mungkin performa akan sedikit meningkat dan kemungkinan ada saja pengaruh buruk yang ditimbulkan,misalnnya semakin boros bensin atau mesin yang brebet di kondisi tertentu.
  1. Pastikan Temperatur Mesin Tidak Panas 

Selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu saat akan mengganti busi jangan terburu-buru. Jangan sampai mesin yang baru selesai dimatikan langsung anda buka businya begitu saja. Mengapa ? sebab suhu mesin pasti akan mempengaruhi volume logam, dengan kata lain ada pemuaian pada logam. Entah itu logam pada kepala silinder atau logam pada busi. Jika  anda langsung membukanya disaat logam sedang memuai, maka busi akan sulit di buka atau seperti terkunci dan keras untuk dilepas.
Akibatnya, busi bisa patah karena logam busi tersebut lebih lemah/getas. Jika busi patah, dipastikan anda akan sulit untuk mengeluarkannya dan perlu membongkar kepala silinder untuk dilakukan pengeboran. Tentu anda tidak ingin hal itu tejadi bukan, karena hal yang sepele dan tidak sabaran, oleh karena itu tunggu saja hingga mesin mobil anda mulai dingin. Tidak harus menunggu sampai benar-benar dingin yang penting saat dipegang menggunakan tangan panas yang dirasakan tidak terlalu terasa panasnya.
  1. Pada Mesin Berteknologi EFI Lepas Terminal Baterai 

Jika mesin  anda berteknologi EFI, Sebaiknya anda melepas salah satu terminal baterai sebelum melakukan pembongkaran. Ini memang tidak mempengaruhi proses penggantian, hanya saja sistem pada mobil EFI akan mendeteksi fault jika anda melepas socket busi. Akibat dari itu ketikan selesai mengganti busi lampu check engine akan menyala. Untuk mengatasinya, sebelum anda melepas semua sokcet elektrikal maka disarankan untuk melepas dahulu salah satu terminal baterainya. Lepas bagian masa atau terminal negatif karena kabel tersebut yang paling banyak terhubung pada bagian mobil.
  1. Bersihkan Ruang Bakar

Jika memungkinkan Usahakan untuk membersihkan ruang bakar mesin ketika busi sudah terlepas. Pembersihan ini bertujuan untuk mengangkat seluruh kerak yang tertinggal didalam ruang bakar. Untuk membersihkannya anda perlu bantuan alat penyemprot udara, namun jika tidak ada tidak dibersihkan juga tidak masalah.
  1. Jangan Terlalu Kencang Memasang Busi 

Kesalahan yang sering terjadi ketika memasang busi yaitu teknik pengencangan yang berlebihan. Padahal ini terlalu beresiko akan mematahkan busi mobil karena seperti yang kita bahas tadi bahwa logam busi lebih lemah/getas. Karena itu jangan terlalu berlebihan ketika  mengencangkan busi, apa nanti tidak bocor? tenang saja diujung ulir busi terdapat ring yang digunakan untuk merapatkan lubang busi, busi biasanya menggunakan jenis ulir halus.
Sehingga sudah bisa dipastikan kekencangan dan kerapatanya. Untuk mengencangkan busi, anda hanya perlu memutar busi hingga mentok tanpa tekanan. Ketika busi sudah mentok, anda tambahlkan putaran kunci sekitar 30 hingga 50 derajat saja. Memang tidak terlalu kencang tapi ini bisa menahan busi mobil. Tips diatas jika anda lakukan dengan benar maka dipastikan penggantian  busi akan terasa mudah.
Alat yang dibutuhkan mungkin hanya satu set kunci busi yang sudah disiapkan oleh pabrikan dan mungkin ada tambahan obeng minus untuk melepas socket. Jika ada covernya, mungkin ada kunci tambahan lain seperti kunci ring 10 atau 12. Jika anda merasa tips diatas sulit atau merepotkan, anda bisa langsung datang ke bengkel terdekat untuk melakukan penggantian.
Dari Berbagai Sumber