Tlp SekarangWA Sekarang
Teknik Mengganti Kampas Rem Tromol Pada Kendaraan Mobil

Rem Tromol via karimunestilo.com

Rem adalah bagian mobil yang sangat penting dimana fungsi rem sendiri adalah untuk mengurangi laju kecepatan pada kendaraan anda, Rem ini sangat penting untuk keselamatan. Bagi anda yang mau melakukan perjalanan jauh sebaiknya anda lakukan pengecekan terlebih dahulu Rem Kendaraan anda, mulai dari minyak Rem, kampas rem apakah sudah habis.

Apabila Minyak Rem pada kendaraan anda sudah habis sebaiknya di ganti dengan yang baru dan anda bisa membelinya  di Toko onderdil terdekat. Jika anda sudah menyipkan kampas rem, minyak rem dan peralatan yang di butuhkan seperti dongkrak dan yang lainnya, di bawah ini ada beberapa teknik membongkar kampas rem tromol, yaitu :

1. Kendorkan Baud Roda

Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu kendorkan terlebih dahulu baud rodanya, apabila susah anda bisa mengendorkan dengan kaki. ingat hanya kendorkan saja jangan samapai baudnya terlepas.

2. Dongkrak Mobil

Sesudah baud roda di kendorkan, dongkrak mobil anda. posisi dongkrak bisa menyesuaikan kalau mobil yang anda gunakan adalah jenis Sedan tapi kalau mobil yang anda miliki jenis Minibus anda bisa mendongkrak di bawah roda. dongkrak mobil anda sampai ban yang baudnya di kendorkan tadi mengambang.

3. Tutup Baud Roda dan Lepaskan Ban

Jika anda sudah mendongkrak mobil sampai ban yang akan di lepas mengambang, lalu lepas baud Roda dengan Kunci Roda.

4. Gunakan Pengaman

Untuk menghidari dongkrak ambles, sebaiknya roda yang telah kita lepas tadi letakan di kolong mobil tepatnya di bawah chasis. dan ganjel ban yang lain dengan batu tujuanya supaya mobil tidak mundur sendiri atau beruboh posisi sehingga mengakibatkan dongkrak ambles.

5. Lepas Tromol

Untuk melepas tromol ada tekniknya yaitu, ada lubang kecil di tromol dan masukan baud 10 pada lubang kecil tersebut lalu kencangkan baud, sedikit-demi sediki tromol akan merenggang dan terlepas.

6. Lepas Kedua Pengunci

Gunakan tank untuk melepas kedua penguncinya, tekan pengunci dan putar ke kiri dan kekanan supaya pengunci lepas simpan Per dan Penguncinya , jangan sampai tersebar karena jika tersebar bagian-bagian yang kecil akan mudah hilang. ada 3 bagian pengunci yaitu (per, Ring pengunci, dan paku pengunci).

7. Lepaskan Per Pembalik

Lepaskan per pembalik dengan tank, cara melakukannya harus teliti lepaskan dengan tenaga dan bertehnik. ada 2 bagian per pembalik di bawah dan di atas, anda lepas saja yang di atas.

8. Lepaskan Tuas Rem

Anda harus hati-hati ketika melepaskan tuas rem tangan tersebut, karna tuas rem tangan wajib terpasang. tuas rem tangan tersebut terpasang pada kebel rem tangan.

9. Ganti Kampas Rem Dengan Yang Baru

Jika semua komponen rem telah anda bongkar sekarang tinggal anda pasang kampas rem yang baru.

10. Lakukan Pemasangan Ulang.

Jika anda ingin memasang ulang silahkan anda urutkan dari langkah pembongkaran.

Di kutip dari berbagai sumber.