Tlp SekarangWA Sekarang
Resiko telat ganti oli

Oli via deltalube.com

1. MESIN JADI KASAR

Saat oli telat diganti, biasanya tanda yang jelas terlihat adalah mesin terasa lebih kasar dari biasanya. Kalau oli masih bagus dan volume-nya masih belum berkurang, kondisi mesin akan enak diajak jalan dan suaranya halus. Getaran keras pada mesin ini karena volume oli mesin yang sudah jauh berkurang atau bahkan habis.

2. MESIN CEPAT PANAS

Salah satu fungsi oli pada mesin adalah sebagai pendingin mesin. Ketika kondisi oli sudah dalam keadaan jelek dan volume-nya berkurang karena telat diganti, maka oli tidak dapat mendinginkan mesin dengan sempurna, proses pendinginan mesin jadi semakin lambat.

Dengan kondisi tersebut mesin akan menjadi panas. Apabila dibiarkan seperti ini maka lama kelamaan komponen mesin menjadi rusak. Salah satu contoh kerusakan yang terjadi adalahhead silinder akan melengkung dan jika sudah begini kepala silinder harus diganti.

3. BBM JADI BOROS

Jika kita terlambat mengganti oli, salah satu resiko-nya adalah konsumsi bahan bakar menjadi sangat boros. Alasannya karena ketika mesin menyala maka akan terjadi gesekan antar komponen mesin.

Ketika oli mesin lama tidak diganti, maka gesekan antar komponen mesin tersebut akan makin kasar dan keras. Akibatnya, tarikan mesin jadi lebih berat dan kondisi ini membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar, makanya jadi lebih boros bbm.

4. MESIN KINERJA MESIN AKAN MENURUN

Salah satu resiko berikutnya adalah performa mesin akan menjadi jauh lebih berkurang. Karena fungsi oli pada mesin sangatlah vital, maka ketika kondisi oli sudah tidak bagus atau bahkan berkurang, maka secara otomatis performa mesin pun akan menurun.

5. USIA MESIN TAK BERUMUR PANJANG

Apabila oli mesin secara rutin diganti maka usia pakai mesin akan jauh lebih lama dibandingkan dengan mesin yang oli-nya tidak pernah diganti atau sering terlambat diganti. Karena usia pakai mesin ini sangat erat kaitannya dengan kondisi oli.

6. SEKER NGANCING

Selanjutnya yang bisa terjadi saat kita telat ganti oli adalah seker ngancing. Ini sangat berbahaya bagi sang pengendara. Apabila dipakai jalan dan seker ngancing dengan tiba-tiba maka kendaraan akan berhenti seketika dan macet.

7. RUSAKNYA KOMPONEN PADA MESIN

Pada mesin motor akan terjadi kerusakan komponen yang menyebabkan harus dilakukannya penggantian komponen dengan yang baru, tentu ini akan memakan biaya yang lumayan. Misalnya saja, terjadi kerusakan pada seker. Contoh kerusakan : biasanya banyak terjadi pada bantalan dinding silinder, poros engkol dan sebagainya.

8. WAJIB TURUN MESIN

Resiko terakhir yang harus ditebus ketika sering telat mengganti oli adalah turun mesin. Kalau sudah terlalu sering terjadi masalah pada mesin, maka kerusakan akan menjalar ke komponen-komponen mesin lainnya. Dan untuk memulihkan mesin menjadi sehat dan bagus, maka diperlukan adanya penggantian komponen dengan yang baru.