Tlp SekarangWA Sekarang
Perbaikan Body Mobil Keropos dengan Benar dan Tahapannya

Perbaikan Body Mobil via inanesia.com

Perbaikan body mobil keropos bisa di lakukan dengan melakukan perawatan secara rutin. Anda bisa melakukan perbaikan sendiri atau pun dengan bantuan perbaikan bengkel. Jika body mobil anda sudah keropos berarti kondisinya sudah tidak bagus.

Mungkin di karenakan kurang di perhatikan dan di rawat sehingga menyebabkan hal itu terjadi. Awalnya bisa diprediksikan karena bagian body mobil terkena kotoran pada saat hujan tidak kunjung dibersihkan. Pada akhirnya kotoran akan mengering dan dalam jangka waktu lama jika dibiarkan, berpeluang menimbulkan karat.

Nah karat inilah yang nantinya menjadi faktor utama penyebab pengeroposan body mobil. Untuk itu anda harus mencegah tersebut agar tidak rugi.

Perbaikan Body Mobil Keropos

Pada Perbaikan body mobil keropos berikut adalah cara perawatannya :

1. Melakukan Perawatan Secara Rutin

Menjaga kebersihan dan melakukan perawatan merupakan komponen paling penting yang wajib dilakukan jika ingin barang awet dan mempunyai tingkat ketahanan baik. Disarankan untuk selalu membersihkan setelah selesai digunakan.

Saat mobil selesai di gunakan alangkah baiknya kita mencucinya dan membersihkannya. Karena kotoran yang menempel terlalu lama dapat menyebabkan karat bermunculan.

2. Proses Pengamplasan

Proses pengamplasan disini digunakan untuk menghaluskan dan meratakan permukaan – permukaan body mobil yang keropos. Setelah semua permukaan rata dan juga halus, barulah bisa dilakukan tindakan berikutnya. Setelah itu anda bisa melakukan proses pengelapan untuk membersihkan sisa serpihan menggunakan degreaser.

Aplikasikan epoxy promer surfaces untuk memaksimalkan tekstur ratanya. Jika bagian keroposnya terlihat sangat parah dan juga dalam, anda bisa mengakalinya dengan melakukan pendempulan yang berfungsi untuk menambal bagian – bagian tertentu agar memliliki permukaan yang rata seperti sedia kala.

Jangan lupa untuk mengerjakan proses pengamplasan kembali setelah selesai di dempul agar permukaannya terasa halus saat di sentuh. Barulah anda bisa melakukan pengecatan ulang untuk mendapatkan hasil layaknya mobil baru kembali.

Berbeda lagi penanganannya jika body mobil terlihat keropos parah dengan ukuran yang cukup lebar. Maka tindakan yang perlu anda lakukan adalah bisa melakukan penutupan dengan memanfaatkan plat mobil sebagai bahan utama yang digunakan.

Untuk mendapatkan plat mobil tidaklah sulit. Banyak dijual secara bebas, namun anda juga harus memperhatikan kondisi fisiknya, carilah yang mempunyai kualitas bagus dan disisi lain sesuai dengan budget yang sudah anda sediakan.

3. Penggantian Pada Bagian Panel Plat Mobil

Perbaikan body mobil keropos berikutnya ialah mengganti panel plat mobil. Untuk melakukan penggantian panel plat mobil diperlukan ketelitian dan tidak boleh sembarangan agar hasilnya tidak mengecewakan atau bahkan malah memperparah kondisi mobil anda.

Proses awal yang bisa anda lakukan adalah mengamati bagian mana yang perlu diganti dan bagian mana yang tidak perlu diganti panel platnya. Kemudian anda bisa memanfaatkan thinner atau pun degreaser untuk membantu anda dalam proses pengerjaan.

Proses berikutnya anda bisa memulai pengamplasan menggunakan scotch brite dengan tujuan untuk memperoleh hasil antara body mobil dan permukaan cat dapat melekat secara sempurna. Banyak orang menilai bahwa proses penggantian panel plat ini membuat warna cat menjadi kusam dan tidak menarik.

Namun inilah proses yang harus dilalui untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk menggunakan primer agar bisa memastikan panel plat yang anda pasang sama warnanya dengan cat mobil aslinya. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai cara mengecat mobil sendiri.

4. Proses Pemasangan Panel Plat Mobil Yang Sudah Selesai Diperbaiki

Kebanyakan teknik pemasangan panel plat mobil hanya diaplikasikan pada mobil – mobil yang mempunyai usia sudah tidak muda lagi (mobil jadul). Bagian yang paling terlihat cocok dan baik untuk dilakukan pemasangan panel plat adalah bagian pintu yang berada di sisi bawah.

Memang bagian tersebutlah yang mempunyai kemungkinan besar mengalami keropos karena seringkali berinteraksi secara langsung dengan kotoran – kotoran saat musim hujan tiba. Proses pemasangan panel plat membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pasalnya harus melalui tahap pengelasan yang pengerjaannya tidak boleh sembarangan. Diperlukan ketelitian, ketekunan dan kesabaran ekstra. Hanya orang – orang tertentu yang bisa melakukan tahap ini. Untuk itu jarang orang melakukan hal ini sendiri, pasti mengandalkan jasa bengkel untuk mengerjakannya.

Bagian yang keropos nantinya akan dipotong terlebih dahulu sebelum dipasang panel plat baru. Usahakan untuk melakukan pemotongan serapi mungkin dan sudah direncanakan pembuatan pola yang akan dipotong. Gunakan peralatan potong yang menurut anda nyaman digunakan seperti halnya gergaji,  peralatan las atau pun gerinda.

Setelah proses pemotongan selesai dan terlihat sangat rapi, anda bisa mulai menempelkan plat dengan menjepitnya pada setiap bagian sisinya agar diperoleh permukaan yang sama rata tanpa kesalahan sedikit pun. Barulah anda bisa melakukan pengelasan pada setiap sambungannya.

Untuk las sendiri tidak bisa menggunakan sembarangan. Pilihlah peralatan las yang sesuai dengan panel plat yang anda pasang. Selanjutnya bagus atau tidaknya hasil akhir, sangat bergantung pada kemampuan anda melakukan pengelasan.

Jika anda seorang amatir dalam dunia pengelasan, sebaiknya jangan memaksakannya. Serahkanlah pada orang yang memang sudah ahli dibidangnya, agar tidak timbul kekecewaan.

Dikutip dari shoowroom.co.id