Tlp SekarangWA Sekarang
Perawatan Audio Mobil

Audio Mobil via alcmmall.com

Audio mobil merupakan piranti yang banyak digunakan pengguna mobil, hampir disetiap mobil pasti memasang audio. Audio berfungsi untuk hiburan bagi pengemudi kendaraan sehingga bisa mengatur emosi pada pengemudi juga.

Dengan audio ini, maka pengemudipun menjadi terhibur karena mereka bisa mendengarkan musik ataupun radio dalam mobil. Akan tetapi masih banyak orang yang kurang memperhatikan perawatan audio nya bahkan acuh tak acuh kepada komponen satu ini.

Untuk itu yuk simak bagaimana cara perawatan audio mobil :

1. Matikan Audio Mobil Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Sebaiknya jika ingin mematikan mesin kendaraan alangkah baiknya mematikan audio terlebih dahulu karena pada saat ingin menyalakan mesin kembali pasti audio pun otomatis akan menyala saat di starter.

Pada saat seperti itulah sistem audio akan mendapatkan tegangan dari aki yang kurang stabil sehingga dapat merusak komponen di dalamnya.

2. Gunakan CD original

Sebaiknya hindari menggunakan CD bajakan karena CD bajakan bajakan dengan burning yang tidak tepat, akan memaksa optik dalam head unit dalam membaca format CD sehingga secara otomatis akan mempercepat umur optik dari head unit Anda. CD writable juga mempunyai jangka waktu pemakaian yang singkat, maka dari itu, jangan sampai Anda memaksakan CD yang telah berjamur, kotor, apalagi banyak goresan, karena secara otomatis daya baca dari optik akan cepat melemah.

3. Bersihkan Debu di Head Unit

Pastikan head unit dalam keadaan bersih untuk membersihkannya, anda perlu menyiapkan baby oil, lap chamois, dan tisu, langkah awal yaitu bersihkan komponen head unit menggunakan lap chamois pastikan semua bagian tersapu bersih, perlu di ingat gunakan lap chamois yang lembab tidak boleh basah.

Lalu tuangkan baby oil sedikit demi sedikit ke tisu setelah itu bersihkan layar head unit, kemudian gunakan tisu kering agar terlihat kinclong lagi.

4. Atur Komposisi Bass, Trible, Midle Dengan Teratur

Aturlah komposisi bass, trible dll harus sesuai dan teratur jika anda mengaturnya sembarang dapat di pastikan bahwa audio anda akan cepat rusak. Jadi gunakalah secara teratur.

5. Volume Diusahakan Tidak Melebihi Batas Maksimal

Selain mengganggu pendengaran, suara yang terlalu keras juga membuat audio menjadi cepat rusak. Dalam hal ini menggunakan audio dengan volume tidak melebihi batas maksimal, biasanya jika kita menggunakan volume yang terlalu keras, audio player sering kali mengalami kerusakan entah karena hantaman suara yang terlalu keras sehingga membuat audio menjadi tidak mampu lagi mengeluarkan suara terbaiknya.

Solusinya ialah dengan membuka door trim pintu lalu memeriksa kabel speaker dan sambung kembali kabel yang terlepas atau rapikan kabel tersebut. Namun, apabila menggunakan amplifier, biasanya disebabkan oleh overheat atau power yang terlalu panas. Solusinya yaitu anda jangan menutup lubang sirkulasi pada amplifier mobil anda.

6. Pastikan aki dalam keadaan stabil

kondisi aki yang tidak prima atau tidak stabil dapat membuat pasokan listrik ke komponen electronic yang pada mobil menjadi tidak stabil juga. Karena jika arus listrik tidak stabil dapat membuat kerusakan pada peralatan electronic.