Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Power Audio Mobil Cepat Panas

Audio Mobil via pinterest.com

Power audio mobil merupakan salah satu perangkat yang cukup penting di dalam sistem audio mobil. Fungsi dari komponen audio adalah untuk bisa menguatkan sinyal suara. Umumnya head unit ini memiliki daya yang cukup rendah, sehingga untuk mendrive speaker dibutuhkan perangkat audio mobil eksternal yaitu power amplifier.

Namun dalam kerjanya, power audio mobil dapat terganggu dan tidak maksimal contohnya power audio mobil yang cepat panas ketika bekerja. Ada banyak hal yang menjadi penyebab power audio mobil cepat panas. Biasanya ini terjadi dikarenakan kerusakan pada komponen amplifier, namun tak jarang juga dikarenakan proses kerja dari amplifier.

Pada beberapa jenis power amplifier, memang lebih cepat menyebarkan panas walaupun tidak ada beban yang didorong (speaker). Biasanya ini sering terjadi pada power amplifier kelas A. Meskipun posisi power amplifier berada dalam kondisi siap atau tanpa suara, namun sistem tegangan pada power amplifier tetap bekerja aktif.

Akan tetapi power amplifier jenis ini memang kurang banyak beredar di pasaran dibandingkan dengan jenis power amplifier kelas AB. Power amplifier kelas AB memang cenderung tidak cepat panas jika digunakan dalam posisi normal.

Namun walaupun begitu, tetap saja power amplifier kelas AB bisa mengalami cepat panas dalam kondisi tertentu.  Dibawah ini ada beberapa penyebab yang berpengaruh terhadap audio cepat rusak, diantaranya yaitu :

Power Ampli Dipaksa Bekerja Melebihi Batas

Salah satu faktor yang menyebabkan power audio mobil cepat panas saat bekerja adalah ketika kondisi power amplifier dipaksa untuk mendorong speaker ataupun sub woofer yang mana melebihi tenaga dari power amplifier tersebut.

Sehingga menyebabkan suhu panas yang berasal dari transistor final menjadi cepat naik yang kemudian akan menyebar kepada bagian casing atau disebut lempengan body power amplifier. Selain itu, kondisi speaker atau sub woofer yang kurang baik atau rusak dapat menyebbakan power audio menjadi cepat panas.

Dan kondisi lainnya yang lebih berbahaya adalah adanya bagian kabel yang menempel diakibatkan isntalasi yang kurang baik. Baik itu berada dengan sesama kabel speaker ataupun pada body mobil. Jika di biarkan begitu saja, maka bisa saja mengalami kerusakan pada komponen lainnya.

Untuk itu selalu periksa kembali setelah melakukan penginstalan supaya tidak terjadi masalah setelah pemasangan power audio. Selain itu jangan lupa melakukan perawatan interior mobil  yang benar untuk menjaga fitur-fitur interior tetap berfungsi dengan baik.

Penggunaan Power Amplifier KW

Penggunaan power amplifier KW yang dipaksa untuk mendoorng sub woofer juga menjadi penyebab mengapa power audio mobil menjadi cepat panas.

Jenis power amplifier seperti ini memang banyak beredar di masyarakat dan ditawarkan dengan harga yang cukup murah. Sehingga tak heran jika banyak orang yang tertipu dan menggunakannya. Kemampuan watt nya sangat tidak sesuai untuk bekerja mendorong sub woofer.

Biasanya tertulis kemampuan watt yang besar pada body power audio mobil, namun sayangnya hal ini tidak sesuai dengan spesifikasi sebenarnya dari mesin power amplifier.

Contoh umum yang sering ditemukan adalah mesin power amplifier pada bagian penguat akhir yang mana menggunakan Tr Final tipe 41 atau tipe 42. Jenis mesin power ini memang kurang cocok digunakan untuk mendorong sub woofer.

Penggantian Komponen Yang Kurang Tepat

Jika power audio mobil anda mengalami kondisi yang cepat panas setelah dilakukan servis, maka cek kembali komponen-komponen mana yang dilakukan penggantian.

Biasanya kerusakan ini terjadi diakibatkan karena penggantian transistor final yang tidak sesuai dengan spesifikasi sebelumnya. Karena kondisi nya yang sering terjadi, biasanya power amplifier hanya diservis dengan memperhatikan hasil suara yang kembali normal, namun tidak diperhatikan kondisi sebelumnya.

Banyak yang beranggapan jika Tr final diganti dengan komponen dengan nomor dan tipe yang sama seperti sebelumnya akan membuat kualitas kembali seperti semula. Namun anggapan ini bisa saja salah, untuk itu dibutuhkan power amplifier yang berkualitas.

Kondisi Power Ampli Sudah Tua

Jika anda memiliki power amplifier yang diproduksi di tahun tua, maka bisa saja hal ini menjadi penyebab mengapa power audio mobil menjadi cepat panas saat digunakan.

Umumnya power audio mobil produksi lama memang memiliki kualitas yang bagus, apalagi jika memang memiliki merk yang sudah ternama. Namun karena kondisinya yang memang sudah tua, ada beberapa komponen-komponen elektronik di dalamnya yang sudah mulai melemah.

Komponen yang melemah ini umumnya terjadi pada condensator, yang ada di bagian power supply serta bagian mesin power ampli.

Kondisi condensator yang mulai melemah menyebabkan tegangan kerja menjadi kurang stabil dan akhirnya membuat transistor final tidak mendapatkan tegangan yang stabil. Hal ini akhirnya berpengaruh pada kerjanya yang kurang stabil yang menimbulkan panas berlebih melalui transistor final yang menyebar hingga ke bagian body.

Dari berbagai sumber.