Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Mobil Susah di starter dan Solusinya

Mulai Mobile via kabaroto.com

Mobil yang normal, itu hanya memerlukan satu kali proses cranking untuk bisa mengidupkan mobil. Namun, beberapa mobil khususnya yang telah berumur sering mengalami masalah berupa mesin susah di starter.

Masalah ini juga bertambah jarang karena ternyata yang mengalami masalah susah hidup ini bukan hanya mobil konvensional, justru kebanyakan mobil-mobil injeksi. Perlu anda ketahui apa saja penyebanya mobil sulit di starter diantaranya yaitu:

1. Keausan Silinder atau Ring Piston

Ring piston dan dinding silinder akan selalu bergesekan saat mesin bekerja. Hal ini karena ring piston fungsinya merapatkan celah piston dan silinder supaya kompresi tetap terjaga.

Saat kedua komponen ini bergesekan pasti meninggalkan friksi yang berasal dari ring atau dari blok mesin, meski friksi ini dalam jumlah yang sangat kecil tapi dalam jangka waktu 5 tahun, baru akan terlihat keausan kedua komponen ini.

Akibatnya, saat terdapat keausan dinding silinder, celah ring piston semakin terbuka. Sehingga tekanan kompresi keluar melalui celah ini dan menyebabkan mesin sulit dihidupkan khususnya dipagi hari.

Dari kedua bahan komponen tersebut. Umumnya, ring piston memiliki bahan yang lebih lunak dibandingkan silinder sehingga kerusakan lebih dulu dialami oleh ring. Namun tidak menutup kemungkinan silinder juga ikut aus, salah satu penyebabnya adalah kapasitas oli mesin.

2. Katup Mesin Kurang Rapat

Katup atau valve minimal ada dua buah dalam satu silinder, fungsinya jelas sebagai pintu keluar masuk dari gas ke mesin. Karena hubungannya langsung dengan ruang bakar maka kebocoran juga bisa terjadi pada komponen ini.

Biasanya kebocoran pada katup disebabkan karena posisi penutupan katup tidak pas yang bisa disebabkan kesalahan penyetelan ataupun karena antara daun katup dengan dudukanya tidak simetris.

Akibat kebocoran ini, yaitu pada tekanan kompresi yang drop. Pada akhirnya menimbulkan mesin sulit hidup saat mesin dingin atau di pagi hari.

Solusi yang perlu anda ambil yaitu melakukan penyetelan ulang katup jika memang katup mesin anda masih konvensional, namun jika masalahnya ada pada dudukan katup, maka perlu dilakukan penyekiran.

3. Kebocoran Pada Seal Busi

Seal busi terbuat dari ring baja yang biasanya sudah tersedia di tiap jenis busi secara default. Fungsi seal ini untuk merapatkan lubang busi dengan ulir busi.

Saat seal ini rusak, maka tekanan kompresi bisa keluar karena kondisinya tidak rapat. Dampaknya mesin jadi susah dihidupkan.

Untuk solusi cukup mudah yaitu dengan melakukan penggantian busi dengan busi yang baru. Pastikan juga busi yang digunakan harus sesuai dengan spesifikasi mesin anda.

4. Glow Plug Mati (Diesel)

Khusus pada mesin diesel, glow plug digunakan untuk menghangatkan suhu di ruang bakar supaya proses starting saat mesin dingin bisa berlangsung dengan cepat.

Pada mesin diesel yang menggunakan self burn, suhu saat akhir langkah kompresi menjadi perhatian khusus. Masalahnya, saat suhunya tidak melampaui titik nyala solar maka tidak akan terjadi pembakaran.

Itulah sebabnya, ketika mesin masih dingin glow plug akan dinyalakan, Mobil diesel common rail juga memiliki glow plug hanya pemilik biasanya tidak mengetahui karena busi pijar ini beroperasi otomatis saat mesin dingin saja.

Saat ada kendala mesin susah starter dipagi hari, bisa jadi glow plug penyebabnya. Untuk memastikan anda perlu melakukan pengecekan rangkaian glow plug menggunakan multimeter.

Jika rangkaian terputus, mungkin bisa berasal dari sekering atau ada kabel yang terputus. Untuk mengecek kondisi glow plug, anda perlu membuka komponen ini satu persatu dan ukur menggunakan ohm meter. Jika tidak tersambung maka anda harus menggantinya.

Dilihat dari penyebabnya diatas, maka gejala mesin susah hidup bisa menandakan masalah yang serius atau bahkan sepele seperti hanya karena putus sekering. Hanya saja mesin dengan masalah ini identik dengan masalah berat, untuk memastikannya anda perlu melakukan test kompresi.

Pengetesan kompresi baik mobil bensin atau diesel alatnya berbeda, biasanya ada dibengkel-bengkel besar. Untuk itu, untuk memastikan kondisi inti dari mesin, lakukan pengecekan ini dibengkel terdekat.

Jika terdeteksi adanya penurunan tekanan kompresi, maka itu menandakan adanya masalah berat. Solusinya anda harus membawa ke bengkel untuk proses overhoule, karena kebocoran kompresi terjadi pada komponen inti mesin.

Di kutip dari berbagai sumber.