Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Mobil Avanza Nyendat Dan Cara Menanginya

Mobil Mogok via polri.go.id

Mobil Avanza adalah mobil mvp yang cukup laris di indonesia karena dengan harga yang cukup murah di lengkapi dengan fitur – fitur yang cukup lengkap sehingga menjadi pilihan dalam mobil keluarga. Akan tetapi sama halnya dengan mobil-mobil lainnya, mobil Avanza juga dapat mengalami permasalahan dikarenakan kurangnya perawatan yang dilakukan maupun komponen-komponen yang sudah cukup tua.

Salah satu permasalahan pada mobil Avanza yang seringkali terjadi ialah mobil yang tersendat-sendat saat dikendarai bahkan dapat mogok di tengah jalan. Nah untuk menanganinya kali ini akan menjelaskan penyebab mobil avanza nyendat serta cara untuk menanganinya.

1. Bahan Bakar Yan Mau Habis

Salah satu penyebab yang paling umum dapat terjadi dikarenakan kondisi bahan bakar yang mau habis, hal ini bisa jadi yang menjadi penyebab mobil jalan tersendat-sendat. Kondisi seperti ini bisa saja terjadi dikarenakan pemilik mobil yang kurang memperhatikan kondisi kendaraannya sehingga bahan bakar habis tanpa disadari. Apabila ini menjadi penyebabnya, maka anda hanya perlu mengisi bahan bakar kembali. Dan selalu periksa volume bahan bakar sebelum anda memakainya sehingga kondisi seperti ini tidak terjadi lagi.

2. Pompa Bensin Rusak atau Melemah

Pada mobil, pompa bensin merupakan komponen yang cukup penting karena bekerja untuk menyalurkan bahan bakar yang berasal dari tangki. Pompa bensin ini terbagi menjadi 2 jenis utama, yaitu pompa bensin mekanik dan pompa bensin elektrik. Pada jenis pompa bensin mekanik memang tidak membutuhkan daya untuk dapat berjalan. Pompa bensin mekanik dapat bekerja dengan adanya putaran mesin yang menyalurkan bahan bakar dari dalam tangki. Sedangkan untuk pompa bensin elektrik memerlukan daya yang bekerja untuk menyalurkan bahan bakar yang berasal dari tangki bahan bakar.

Jika pompa bensi mekanik sudah cukup tua, maka biasanya akan mengalami kebocoran yang menyebabkan oli dapat merembes. Sehingga membuat tarikan mobil tersendat dan bahkan mesin mati. Sedangkan pada jenis pompa bensin elektrik, biasanya kondisinya sudah melemah sehingga menyebabkan gejala brebet pada mobil. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan penggantian pompa bensin.

3. Filter Bensin Mampet

Kerja dari filter bensin adalah sebagai penyaring kotoran agar tidak menyumbat dan masuk ke dalam ruang mesin. Jika filter mampet dan tidak bekerja maka akan menyebabkan aliran bensin menjadi terganggu, hal ini lah yang dapat menyebabkan mobil brebet saat panas. Solusinya adalah Anda bisa mengganti filter bensin anda dengan yang baru. Namun untuk kondisi darurat, anda bisa membersihkan filter bensin dengan cara memasukkan bensin dari arah masuk, kemudian kocok dan keluarkan.

4. Filter Udara Kotor

Tak hanya filter bahan bakar, filter udara yang kotor dapat menjadi penyebab mobil avanza nyendat dan bahkan mati mendadak saat dikendarai. Jika filter udara mampet dan tidak bekerja maka akan menngakibatkan aliran udara untuk pencampur bahan bakar menjadi terhambat. Jika sudah parah, alangkah baiknya anda mengganti filter udara tersebut.

5. Injector/Karburator Mampet

Mampetnya injektor/karburator mobil bisa mengakibatkan bahan bakar tidak dapat mengalir dengan sempurna  menuju ruang bakar. Anda bisa mencoba untuk membersihkannya dengan cara menyemprot dengan karburator cleaner. Jika kondisi kerusakan sudah cukup parah, maka akan lebih baik untuk membawa mobil ke bengkel untuk dibersihkan dan diservis lebih lanjut

6. Masalah Pada Busi

Busi menjadi permasalahan yang sering terjadi yang menyebabkan mobil tersendat-sendat saat dikendarai. Busi menjadi komponen yang vital yang bekerja untuk memercikkan api di dalam ruang bakar. Sehingga ketika busi bermasalah, maka mesin menjadi pincang dan terasa tersendat-sendat saat berjalan. Jika memang ada kondisi busi yang sudah mati atau sudah tidak layak pakai, maka cara mengatasi mobil tersendat adalah dengan mengganti semua busi dengan komponen yang baru. Tak hanya busi, kabel busi yang bermasalah juga menyebabkan mesin terasa pincang karena tidak bekerja dengan baik..

dikutip dari shoowroom.co.id