Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Mesin Mobil Sering Mati

Perawatan Mesin Via dunia-mobil.com

Mengalami mesin mobil yang sering mati atau mogok secara mendadak saat perjalanan merupakan kejadian yang menjengkelkan. Mesin mobil tiba-tiba mati atau mogok tanpa sebab yang jelas dan terjadi berulang-ulang. Hal ini  merupakan trouble yang agak sulit untuk anda analisa.

Problem mesin mati seringkali dipengaruhi oleh faktor temperatur dan biasanya cenderung terjadi pada kondisi cuaca dingin atau saat mesin yang masih dingin pertama kali dihidupkan. Jenis masalah seperti ini dapat disebabkan karena suplai bahan bakar ke mesin kurang atau terlalu banyak udara.

Mesin yang dalam kondisi dingin membutuhkan campuran bahan bakar yang lebih banyak agar dapat hidup dengan mudah dan dapat berputar dengan halus saat idle selama prose warming-up. Pada kesempatan ini saya akan membahas beberapa faktor penyebab mesin mobil yang mati atau mogok yang sering terjadi pada hampir setiap mobil.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  • Kebocoran kevakuman Mesin

Periksalah  kemungkinan besar adanya selang-selang vakum yang lepas atau bocor, kebocoran di area sekitar gasket intake manifold, kebocoran di sekitar PCV valve dan EGR valve hal ini bisa saja terjadi karena anda lupa untuk mengecek atau memperhatikannya.
  • Air Flow Sensor Kotor Atau Rusak

Sensor yang tertutup kotoran akan memberikan laporan yang tidak sesuai mengenai jumlah udara yang masuk ke dalam mesin dan memberikan respon yang lambat terhadap perubahan aliran udara. Hal tentu akan  mengacaukan perbandingan campuran udara dan bahan bakar yang dapat mengakibatkan putaran idle kasar dan mesin mati-mati ataupun tersendat.
Jika penyebab gangguan hanya karena sensor yang kotor maka bisa dibersihkan dengan cairan electronic cleaner, dengan membersihkannya  biasanya dapat mengatasi hal tersebut.
  • Idle speed Control System Rusak

Putaran idle pada mesin yang sudah menggunakan sistem injeksi dikontrol dengan cara mengalirkan sedikit udara melalui saluran bypass throttle valve. Jika saluran bypass yang mengalirkan udara tersumbat oleh kotoran atau kerak karbon atau solenoid valve macet atau rusak.
Jika hal itu terjadi kemungkinan besar mesin tidak mendapat suplai udara yang cukup Untuk dapat berputar idle,  sehingga mesin tersebut akan mati. Membersihkan idle air bypass circuit pada throttle valve dengan cairan aerosol throttle cleaner dapat menghilangkan kotoran yang menyumbat saluran dan tentunya akan menyelesaikan problem yang menyebabkan mesin yang sering matiatau mogok tersebut.
Jika proses pembersihan tidak menghilangkan penyakit tersebut coba periksa konektor wiring, kemungkinan konektor wiring kendor atau korosi. Jika tidak ditemukan kerusakan pada sistem wiring kemungkinan idle speepd control solenoid yang perlu diganti dengan yang baru.
  • Kerusakan Coolant Sensor

Jika pada coolant sensor terjadi kerusakan dan memberikan informasi yang tidak sesuai kondisi temperatur mesin yang sebenarnya kepada PCM bahwa mesin panas atau dingin dapat mengacaukan perhitungan campuran bahan bakar dan udara. Jika coolant sensor memberikan laporan mesin dingin padahal sebenarnya tidak  atau memberikan informasi temperatur mesin dingin terus menerus.
Maka mesin akan bekerja dengan campuran yang terlalu besar, Hal ini tidak akan menyebabkan gejala mesin mati saat dingin namun akan mengakibatkan putaran idle menjadi kasar saat mesin panas dan konsumsi bahan bakar menjadi boros.
Jika coolant sensor memberikan informasi temperatur mesin panas dari kondisi sebenarnya atau memberikan laporan mesin panas secara terus menerus maka PCM akan membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih kurus yang akan membuat mesin susah dihidupkan saat kondisi dingin.
  • Kerusakan Air Temperatur Sensor

Sensor ini berfungsi  memberikan informasi kepada PCM mengenai temperatur udara yang masuk kedalam mesin. PCM memerlukan informasi yang akurat mengenai seberapa banyak udara dan suhu udara yang masuk ke mesin agar dapat mengatur perbandingan campuran bahan bakar dan udara yang tepat.
Sama hal nya seperti coolant sensor, jika input dari air temperatur sensor tidak tepat maka akan mengacaukan perhitungan campuran bahan bakar dan udara yang dapat mengakibatkan masalah mesin mati atau mogok.
  • Kerusakan Manifold Absolute Pressure Sensor

Sensor ini berfungsi untuk mengukur tingkat kevakuman pada intake manifold sehingga PCM dapat mengetahui beban kerja mesin. Jika pembacaan MAP sensor tidak akurat maka penambahan bahan bakar yang dilakukan oleh PCM saat mesin dalam beban berat tidak akurat, bisa terlalu banyak atau bahkan kurang, hal ini akan membuat mesin mati atau mogok.

  • Tekanan Kompresi Mesin Rendah

Jika mobil sudah mencapai jarak tempuh yang cukup jauh biasanya akan mulai mengalami keausan dimana celah pistonnya menjadi terlalu  besar atau atau kebocoran pada katup-katupnya, hal ini akan mengakibatkan tekanan kompresi menjadi rendah yang dapat mengakibatkan mesin mati atau mogok saat idle.
Lakukanlah pemeriksaan tekanan kompresi untuk mengetahui kondisi komponen internal mesin sebelum melakukan overhaul untuk memperbaiki kerusakan tersebut.
  • Busi Kotor Atau Aus

Terjadinya gangguan sistem pengapian atau misfire dapat mengakibatkan mesin mati atau mogok saat idle. Saat mesin berputar lambat, maka momentum untuk menjaga mesin tetap berputar sangat kecil sehingga gangguan misfire akan membuat mesin mati. Melakukan pemeriksaan dan penggantian busi secara berkala dapat mencegah munculnya problem misfire tersebut.
Ignition coil yang lemah atau kerusakan crankshaft sensor juga bisa mengakibatkan misfire yang menyebabkan mesin sampai mati.
  • Kualitas Bahan Bakar Buruk

Bensin yang mengandung terlalu banyak alkohol ataupun bensin yang terkontaminasi air mungkin tidak akan dapat terbakar dengan sempurna dan mengakibatkan mesin mogok.
Jika masalah mesin mati atau mogok terjadi sesat setelah melakukan pengisian bahan bakar maka patut dicurigai kwalitas bahan bakar yang baru saja diisi ke dalam tangki mobil. Segera kuras tangki bahan bakar dan isi kembali dengan bensin baru untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.
Dari Berbagai Sumber