Tlp SekarangWA Sekarang

Mobil bekas adalah suatu pilihan kita pada saat ingin membeli mobil pertama kali, dengan pertimbangan lebih ekonomis secara biaya sampai pengenalan perawatan dalam pengalaman pertama. Tidak ada salahnya kita mambeli mobil bekas, semua tergantung ketersediaan dana dan cara kita dalam menyeleksi barang bekas ini.

Mobil bekas via hargamobiloke.com

Yang perlu diwaspadai adalah mobil yang bekas kebanjiran, akan betul-betul sangat menyusahkan bagi kita, mulai dari mesin yang kebanjiran, kelistrikan, kita bisa bayangkan bagaimana jika komponen-komponen kelistrikan kemudian terendam banjir, belum lagi interior,  selang-selang, tangki, dll

Setelah mobil dibeli tentunya kita memikirkan bagaimana caranya merawat mobil bekas dengan baik, memang pemeliharaan mobil dari berbagai kerusakan sangat penting, karena jika terlanjur rusak maka hubungannya selalu dengan keuangan, bahkan kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk perbaikan.

Berikut ini langkah langkah merawat mobil bekas :

  • Periksa komponen secara berkala

Perhatikan kondisi kaki-kaki mobil seperti ban, rem, siil, dan sok/por. Pastikan semua komponen tersebut dalam kondisi yang prima. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan, ada baiknya anda memeriksanya secara berkala.

  • Rutin mengganti oli

Seperti komponen mobil pada umumnya, oli juga punya tanggal kadaluarsa alias masa pakai. Rutinlah untuk mengganti oli pada mobil anda. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli juga bertugas mengurangi gesekan internal di dalam mesin. Oli yang sudah habis masa pakainya akan berkurang, sehingga memicu gesekan yang membuat komponen mesin tertentu cepat rusak atau aus. Oleh karena itu, penggantian oli mesin mobil harus dilakukan secara rutin berdasarkan kebutuhan mesin mobil dan jarak tempuh kendaraan.

  • Periksa radiator

Cara merawat mobil bekas yang baik dan benar juga sangat ditentukan dari perawatan komponen yang satu ini yaitu radiator. Bagian mobil yang satu ini berfungsi sebagai pendingin suhu pada mesin. Dalam pemakaian dengan jangka waktu tertentu, air radiator perlu diganti.

Untuk mengantisipasi kerusakan tiba-tiba, ada baiknya jika anda memeriksa radiator ini. Apabila terjadi kebocoran, segera ganti dengan radiator yang baru.

Usahakan mobil kesayangan anda tidak mengalami kehabisan bahan bakar, karena kekosongan pada tangki mobil berpotensi menimbulkan karat yang dapat mengakibatkan tangki menjadi bocor.

  • Mengganti timing belt

Timing belt adalah sabuk yang fungsinya untuk meneruskan putaran pada roda gigi mobil yang terhubung dengan bagian internal mesin. Umumnya usia timing belt ini ditentukan oleh jarak tempuh setiap 40.000 km. Untuk perawatannya, anda bisa melakukan tune up sesekali atau per dua bulan sekali. Hal ini dilakukan guna memastikan busi, filter, bahan bakar, dan oli mesin yang bekerja dengan baik.

  • Rawat cat mobil dengan baik

Salah satu tips jitu untuk menjaga performa mobil anda agar tetap good looking untuk di pandang ialah dengan merawat cat mobilnya. Hindari parkir di bawah sinar matahari secara langsung, hal ini karena sifat sinar matahari yang akan membuat warna cat mobil anda tampak kusam. Bagi anda yang gemar memakai sarung penutup pada mobil, usahakan untuk tidak menutup mobil saat kondisinya masih basah. Ya, air yang menempel pada mobil dan dibiarkan tertutup akan menyebabkan jamur berkembang biak dan membuat warna cat pada mobil memudar. Penggunaan kain yang halus untuk mengelap permukaannya sehabis dicuci juga akan mencegah timbulnya goresan pada cat mobil.

  • Cintai mobil anda seperti keluarga

Meskipun mobil yang anda beli merupakan mobil bekas, anda juga perlu mengeluarkan waktu, tenaga, dan uang untuk mendapatkannya bukan? Jadi berhati-hatilah dalam mengemudikannya. Tidak usah ugal-ugalan, rawatlah mobil anda setulus anda merawat cinta anda untuk keluarga.